Coba kamu hitung, berapa banyak jumlah plastik yang telah kamu hasilkan setiap hari untuk membeli barang di supermarket, mall atau hanya sekedar membeli minuman kemasan? Bayangkan jika setiap penduduk melakukannya sudah bisa dibayangkan jumlah sampah yang akan menggunung nantinya.

Hal itu yang mengusik Benjamin Von Wong seniman Asia ingin membuat sesuatu yang bernilai. Bersama dengan para relawan, seniman, organisasi nirlaba dan sponsor menciptakan instalasi seni yang diharapkan membuat mereka penikmatnya merasakan kesadaran untuk mulai menjaga lingkungan. 

Dilansir dari Boredpanda mari simak enam karya Von Wong yang siap membuatmu berdecak kagum sekaligus pilu!

1. Gelombang lautan dari ribuan sedotan plastik

Karya yang bertajuk Parting of The Plastic ini Von Wong ingin menunjukkan ancaman lautan kepada generasi di bawah kita. Von Wong bekerjasama dengan Zero Waste Saigon dan Starbucks Vietnam serta para volunter berhasil mengumpulkan 168.000 sedotan dalam waktu 6 bulan yang ia temukan di jalanan Vietnam. Ini sebagai bentuk kekhawatirannya di tahun 2050 akan lebih banyak jumlah plastik dibandingkan ikan di laut. Karena itu untuk mencegahnya kita bisa mulai melakukan perubahan dari yang terkecil yaitu berhenti menggunakan sedotan plastik. 

https://www.youtube.com/embed/2AM3x8z9xjE

2. Mermaid ini terbaring di atas 10.000 botol plastik

Jika jumlah rata-rata orang Amerika Serikat menggunakan 167 botol plastik pertahunnnya maka dalam waktu 60 tahun penggunaannya akan berjumlah 10 ribu botol plastik. Sebanyak itulah yang digunakan untuk membuat karya indah ini yang menggunakan botol berwarna-warni. Tak ingin menjadi penyumbang plastik terbesar bukan? Yuk mari kita mulai kurangi konsumsi penggunaan minuman kemasan. 

https://www.youtube.com/embed/vdZ5AWaNQqc

3. Hiasan air terjun ini terbuat dari ribuan kaos bekas

Kalian tau nggak sih untuk membuat satu kaos katun membutuhkan 2500 liter air. Makanya tanpa kita sadari sebenarnya industri mode bisa memberikan pengaruh dan dampak yang besar terhadap lingkungan. Ini salah satu gambaran karya seni Von Wong yang menyerupai tornado ini terbuat dari sisa-sisa pakaian yang tertinggal ketika pabrik pakaian tersebut bangkrut 10 tahun yang lalu.

https://www.youtube.com/embed/o4zhdQPP6DQ

4. Gua yang terbuat dari gelas plastik bekas

Ternyata jumlah gelas plastik yang terpakai di foodcourt dalam satu setengah hari bisa mencapai 18.000 plastik. Jumlah yang besar ini berhasil dikumpulkan oleh sejumlah sukarelawan. Bersama Von Wong sampah tersebut disulap menjadi karya yang cantik berkerlap-kerlip lampu. Gelas plastik pun tampak menawan!

https://www.youtube.com/embed/F6A4vGKOQE4

5. Aksi individu tak cukup menyelesaikan masalah pencemaran plastik

Melalui karya yang satu ini ia ingin mengingatkan bahwa tindakan menjaga lautan dan menghindari produksi plastik tidak cukup jika dilakukan individu, supaya gerakan ini berhasil harus dilakukan secara bersama-sama dan kolektif. Karena faktanya setiap 60 detik muncul sampah yang setara dengan satu truk bermuatan plastik. Harapannya karyanya ini menjadi referensi untuk menghentikan plastik dari sumbernya karena aktivitas membersihkan dan daur ulang saja tidak akan pernah cukup. 

https://www.youtube.com/embed/2KXPtgRYhCE

6. Instalasi seni dari keyboard bekas

Salah satu perangkat teknologi yang terus berinovasi dan mengalami perubahan ialah penggunaan keyboard dan komputer. Kini orang lebih nyaman menggunakan laptop karena bisa lebih fleksibel di bawa kemana-mana sesuai kebutuhan. Karena itu kini semakin banyak keyboard yang tak lagi terpakai. Dan dengan kreativitasnya Von Wong melahirkan karya seni indah yang satu ini. 

https://www.youtube.com/embed/Wh4eo7LDgvs

Semoga akan mengajakmu lebih peduli lingkungan. Mana yang mencuri hatimu Bela?

Sumber : https://www.boredpanda.com/recycled-art-installations-earth-pollution-von-wong/

Baca Juga: Prihatin dengan Kucing Liar, Para Arsitektur Rancang Instalasi Unik Ini