Semua pasti memiliki impian tentang apa saja yang ingin dicapai di masa mendatang. Tetapi kini untuk mewujudkannya tidak perlu menunggu sampai dewasa, bahkan di usia yang masih belia pun bisa berprestasi dan menjadi sosok yang inspiratif. Seperti sembilan perempuan muda ini. Di usianya yang belum menginjak 20 tahun, mereka telah bersinar dengan caranya sendiri. Yuk, kenalan dengan mereka, Bela. 

1. Greta Thunberg

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @gretathunberg

Namanya mulai dikenal publik ketika berpidato tentang perubahan iklim di Konferensi Perubahan Iklim PBB pada tahun 2020. Kini Greta dikenal sebagai aktivis internasional yang telah berhasil mengorganisir gerakan siswa, Fridays for Future, dan bekerjasama untuk mengurangi jejak karbon kolektif. Karena kepeduliannya itu, membuat nama Greta dinominasikan untuk meraih dua Hadiah Nobel Perdamaian. Tetapi Greta tak cepat puas, ia masih memiliki mimpi ingin terus keliling dunia, meningkatkan kesadaran tentang iklim kepada masyarakat dan mengangkat kisah inspiratifnya dalam bentuk film dokumenter.

2. Millie Bobby Brown

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @milliebobybrown

Nama Millie Bobby Brown semakin di kenali oleh publik sejak perannya sebagai Eleven dalam serial Stranger Things. Kemampuan aktingnya juga kian terasah di layar lebar setelah bermain Godzilla :The King of Monsters dan sekuelnya yang akan segera tayang tahun ini. Selain mengasah kemampuan akting, Millie pun memulai bisnisnya dengan meluncurkan produk makeup, Florence from Mills. Prestasi dan sosoknya yang memesona ikut mengantarkanya sebagai Duta UNICEF Goodwill Ambassador termuda.

3. Grace VanderWaal

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @gracevanderwaal

Penyanyi dan penulis lagu yang satu ini mulai mencuri perhatian setelah memenangkan musim ke-11 America's Got Talent. Sebenarnya, karier bernyanyi telah dimulai sejak ia masih berusia 13 tahun dan telah merilis album pertamanya. Grace telah melakukan tur dengan band Imagine Dragons dan tur albumnya, Just the Beginning. Tak sekadar bernyanyi, kini Grace merambah ke dunia akting. Ia bermain untuk film Stargirl di channel Disney+ yang telah rilis pada 13 Maret 2020 lalu.

4. Deja Foxx

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @dejafoxx

Deja Foxx merupakan seorang ahli strategi untuk kampanye kepresidenan senator Kamala Harris. Mahasiswa Universitas Columbia ini berprofesi sebagai seorang advokat yang menyuarakan gerakan keadilan reproduksi. Deja bahkan dijuluki "The new face of Planned Parenthood" oleh The Washington Post pada 2017. Jika kamu mencari sosok influencer yang inspiratif dan ingin membuat perubahan, maka perempuan 19 tahun ini cocok jadi panutanmu.

5. Sunisa Lee

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @sunisalee_

Putri dari pasangan Yeev Thoj dan John Lee ini merupakan anggota tim senam nasional wanita Amerika Serikat. Atlet senam gimnastik ini telah sukses meraih mendali perak dan perunggu pada ajang World Championship di tahun 2019. Kini gadis 17 tahun tersebut tengah mempersiapkan dirinya menjadi salah satu kandidat dari empat posisi, untuk masuk sebagai Tim Olimpiade perwakilan Amerika Serikat. 

6. Jordyn Huitema

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @jordynhuitema

Aktif di olahraga yang biasanya di geluti oleh laki-laki ini, membuat nama Jordyn Huitema mencuat. Di klub bolanya, ia memiliki posisi sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain dan merupakan tim nasional Kanada. Jordyn juga telah berhasil mendapatkan Golden Boot atau sepatu emas yaitu penghargaan yang diberikan kepada pemain sepak bola terbaik selama pertandingan kualifikasi Olimpiade. Penghargaan tersebut ia dapatkan setelah Jordyn berhasil mencetak tujuh gol dalam Turnamen Kualifikasi Olimpiade Concacaf pada Februari 2020 lalu. 

7. Jamie Margolin

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @jamie_s_margolin

Seorang aktivis iklim yang bersemangat, Jamie juga pendiri dan direktur Zero Hour, sebuah organisasi berbasis di Seattle yang mendorong kaum muda untuk lebih perhatian dengan perubahan iklim. Jamie juga terlibat dalam kelompok pemuda yang menuntut negara bagian Washington dan Gubernur Jay Inslee atas emisi gas rumah kaca. Tak berhenti sampai disitu, Jamie juga berencana untuk menulis buku.

8. Jenna Ortega

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @jennaortega

Jenna yang baru berusia 17 tahun ini telah lama aktif di dunia akting. Ia memerankan tokoh Young Jane dalam Jane the Virgin dan Harley Diaz di serial Disney Channel Stuck in the Middle. Kabar terbarunya, Jenna mengambil peran yang lebih dramatis sebagai Ellie Alves dalam seri Netflix, YOU. Berhasil menjadi pemeran utama di banyak serial televisi dan film yang akan rilis, merupakan prestasi bagi seorang gadis latin yang berkarier di Amerika Serikat. Tahun ini ia juga akan membintangi film Ya Day bersama Jennifer Garner dan drama tentang sekolah menengah, The Fallout .

9. Emma Chamberlien

Ini Dia 9 Sosok Perempuan Inspiratif Meski Usia Masih Beliainstagram / @emmachamberlien

Emma ialah seorang YouTuber yang memiliki lebih dari 8,5 juta subscriber. Melalui akunnya, Emma sering berbagi  bahwa kita  tidak harus menjadi sempurna untuk menjadi sukses. Sejak meluncurkan channelnya pada tahun 2017, ia senang menceritakan  bagaimana media sosial memengaruhi citra tubuh dan kesehatan mental. Emma juga mengubah kecintaannya pada kopi dengan meluncurkan Chamberlain Coffee. Tak berhenti sampai di situ, Emma mulai merambah media podcast, Anything Goes, yang sebelumnya dikenal sebagai Stupid Genius.

Jangan mau kalah, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratif