Seiiring bertambahnya usia dan pengalaman hidup, membuat kita memahami bagaimana menyikapi hidup ini dengan lebih bijaksana. Pertambahan umur berarti akan semakin besar tanggung jawab yang akan kamu pegang, tetapi jangan khawatir karena 9 pelajaran hidup yang berharga ini akan membuatmu semakin dewasa. Nggak percaya? Ini buktinya untukmu, Bela. 

1. Hidup tidak selalu sesuai ekspektasi

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaUnsplash.com / Elijah O'Donnell

Pada kenyataannya memang kamu tidak bisa selalu mendapatkan apa yang kamu inginkan, bahkan pada titik tertentu kita harus bisa menghadapi sesuatu kondisi yang tidak terduga atau di luar rencana. Ibaratnya, seperti seseorang yang belum sempat menyiapkan payung tiba-tiba harus berhadapan dengan hujan. Terimalah kenyataan bahwa hidup memang tidak selalu mudah dan terkadang kondisi tersebut justru akan menjadikan dirimu lebih kuat untuk menghadapi masa-masa sulit.

2. Semakin dewasa tanggung jawab akan semakin besar.

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaPexels.com / Matheus

Semakin dewasa seseorang maka tanggung jawabnya akan semakin besar. Mulai dari pekerjaan, cicilan kendaraan, rumah, membayar pajak, tanggungan orangtua atau anak, hingga tanggungan asuransi. Jika seandainya kamu melakukan kesalahan maka sudah menjadi kewajibanmu untuk memperbaikinya. Saat inilah kamu mulai mempelajari bagaimana memilah masalah dan mengurainya satu persatu untuk kamu atasi.

3. Kamu memiliki kontrol atas dirimu sendiri

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaUnsplash.com / Joel Valve

Dalam menjalani kehidupan, hanya dirimu yang berhak mengatur hidup dan menentukan kondisi idealmu, bukanlah orang lain. Cobalah lebih peka untuk mendengarkan suara hatimu dan melakukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Alangkah baiknya jika hal tersebut ternyata memberikan manfaat untuk dirimu sendiri dan juga orang banyak.

4. Kesuksesan hanyalah persepsi

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaPexels.com / Євгеній Симоненко

Kesuksesan sebenarnya adalah persepsi. Hanya kamulah yang berhak menentukan apa arti kesuksesan yang sesungguhnya. Jika bagi orang lain tingkat prestasi atau kekayaan materi adalah tolok ukur kesuksesan, bisa jadi bahagia dalam kesederhanaan adalah kesuksesan buat orang yang berbeda.

5. Sekolah tidak cukup mengajarkan semua hal tentang kehidupan

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaUnsplash.com / Eliott Reyna

Faktanya apa yang ada dalam hidupmu dan kondisi yang sedang kamu jalani saat ini tidak bisa dipelajari hanya dari sekolah ataupun kampus saja. Ada hal-hal tertentu yang justru kamu bisa dapatkan secara otodidak. Wawasanmu meluas dengan berbagai pengetahuan baru ketika kamu mengalaminya sendiri. Pada akhirnya kamu akan tahu saat yang tepat untuk menggunakan ilmu yang kamu pelajari di sekolah dan kapan waktunya menghadapi realita kehidupan yang kamu peroleh dari pengalaman hidupmu.  

6. Kamu tidak bisa membantu seseorang yang tidak ingin dibantu.

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaPexels.com / Nicolas Postiglioni

Adakalanya terbersit keinginan membantu orang lain untuk melepaskan diri dari berbagai kesulitannya, tetapi ternyata kenyataannya orang tersebut tidak menginginkan bantuan darimu. Kamu tidak bisa memaksakan diri kepada mereka, maka belajarlah menerima penolakan tersebut. Percayalah, seiiring bertambahnya usia kamu akan memahami kapan waktu yang tepat untuk membantu orang lain ataupun merelakannya. 

7. Kamu tak bisa membuat semua orang bahagia

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaUnsplash.com / Anika Huizinga

Kamu tidak bisa membuat semua orang merasa bahagia.  Semakin kamu mencoba ingin menyenangkan orang lain, maka kamu akan melupakan kebahagiaanmu sendiri yang seharusnya bisa menjadi fokusmu, padahal itu poin hidup yang terpenting! Tetapi teruslah bersikap baik dan penuh perhatian, meskipun kamu tahu bahwa tidak semua orang bisa menyukai apa yang kamu lakukan. Belajarlah lebih ikhlas dengan segala yang kamu lakukan tanpa perlu mengharapkan balasan. 

8. Cemburu adalah pemborosan waktu

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaPexels.com / Elle Hughes

Kamu pernah merasa cemburu dengan rekanmu yang lain karena pencapaiannya melebihi dirimu? Cobalah untuk berpikir lebih positif, apakah kamu sungguh-sungguh mengetahui bahwa kesuksesan yang diperolehnya merupakan kerja kerasnya selama ini? Ingatlah untuk lebih bersyukur dengan segala pencapaian dan apa yang kamu miliki saat ini. Kuncinya, jangan selalu melihat ke atas tetapi lihatlah kebawah yang keberadaannya jauh dari kesempurnaan. 

9. Terkadang adanya perubahan itu bagus

Ini 9 Hal Bijaksana yang Perlu Kamu Sikapi Seiring Bertambahnya UsiaPexels.com / Priscilla Du Preez

Meskipun awalnya sangat sulit tetapi perubahan adalah langkah yang baik untuk membuka lembaran baru yang lebih baik dari sebelumnya. Selain membuka cakrawala akan memotivasi dirimu menjadi pribadi yang semakin kuat dan baik lagi ke depannya.

Tetap positif ya, Bela!

Baca Juga: 11 Ilustrasi Kehidupan Perempuan Usia 30an dari Hungary Beuska