Teen movie selalu menawarkan kisah-kisah segar seputar masa remaja yang relevan pada masanya. Berbagai problematika yang dihadapi mulai dari pencarian jati diri, pertemanan, meraih prestasi, termasuk saat-saat canggung ketika kamu mulai jatuh cinta. Setiap generasi pun menghadirkan kisah yang berbeda, sesuai pada eranya masing-masing? Pengen tahu apa tontonan segar ibu, tante, atau kakakmu? Ini dia!

1. Clueless (1995)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangmentalfloss.com

Film remaja yang sangat populer di era 90an ini mengisahkan tentang Cher Horowitz (Alicia Silverstone), putri dari pengacara kaya raya yang tinggal di Beverly Hills. Ia lebih mementingkan mode dan pertemanan daripada berprestasi di sekolahnya. Cher memiliki fasilitas kehidupan yang serba mewah, baju-baju bermerek dan kehidupannya yang glamor, namun baik hati. 

Ketika Cher merasa kehidupannya monoton, ia menoleh kepada satu anak baru di sekolahnya untuk mengubah penampilannya. Hal tersebut justru membuat hidupnya berubah dan menemukan perspektif baru tentang cinta.

2. 10 Things I Hate About You (1999)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangyahoo.com

Cinta sungguh penuh pengorbanan, hal itu yang dilakukan oleh Cameron (Joseph Gordon-Levitt) yang jatuh cinta dengan Bianca. Sayangnya, ia harus mengurungkan niat untuk mendekatinya karena gadis tersebut tidak diizinkan menjalin hubungan dengan laki-laki sebelum kakaknya, Katherine (Julia Stiles) berpacaran. Hal tersebut semakin menantang karena Kat memiliki karakter yang anti sosial. Cameron tak putus asa, ia meminta pertolongan Patrick Verona (Heath Ledger) untuk mendekati Kat. Tetapi siapa sangka jika akhirnya Patrick dan Kat jatuh hati sungguhan.

3. Drive Me Crazy (1999)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangyahoo.com

Kisah yang diadaptasi dari novel berjudul How I Created My Perfect Prom Date karya Todd Strasser ini berkisah tentang dua anak SMU, Nicole (Melissa Joan Hart) dan Chase (Adrian Grenier). Keduanya hidup bertetangga dan memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang. Nicole merupakan sosok yang sangat populer dan dikagumi teman-temannya, sementara Chase sebaliknya cuek serta urakan. Tanpa mereka sadari, mulai tumbuhlah rasa cinta di hati masing-masing. 

4. The Princess Diaries (2001)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangeonline.com

Kehidupan Mia Thermopolis (Anne Hathaway), gadis kuper dan kutu buku yang selama ini tinggal berdua dengan Ibunya mendadak berubah sejak kedatangan neneknya dari Genovia. Mia harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya adalah seorang putri kerajaan. Fakta itu mengharuskan Mia membuat perubahan terhadap hidupnya, mulai dari penampilan sampai dengan menghadapi sikap teman sekolahnya yang selama ini tak mengganggapnya, kemudian berlomba-lomba mendekatinya. Film ini memberi pelajaran bagaimana menyikapi kepalsuan dan mensyukuri ketulusan.

5. The Sisterhood of the Traveling Pants (2005)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangpeople.com

Bercerita tentang persahabatan antara Lena (Alexis Bledel), Bridget (Blake Lively), Tibby (Amber Tamblyn) dan Carmen (America Ferrera), yang berencana mengisi liburan musim panas secara terpisah. Sebelum pergi, mereka memutuskan untuk menggunakan celana jeans istimewa yang entah kenapa bisa muat dipakai untuk keempatnya. Alur cerita membawa kamu menyelami karakter, problematika hingga kisah percintaan mereka, sembari mengikuti perjalanan celana jeans tersebut, yang dikenakan secara bergiliran untuk mempererat persahabatan mereka. 

6. 500 Days of Summer (2009)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangimdb.com

Film ini adalah kisah cinta yang masih saja dibicarakan hingga kini. Berkisah tentang pertemuan Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) dengan Summer (Zooey Deschanel), yang membawa mereka ke sebuah hubungan spesial. Namun, ketika Tom sudah mulai mencintainya, saat itu juga Summer mengatakan bahwa ia tidak pernah mempercayai keberadaan cinta sejati, kondisi ini membuat Tom merasa bimbang. percintaan tarik ulur romantis ini, dijamin akan membuat kamu terharu.

7. The Fault in Our Stars (2014)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangbustle.com

Berkisah tentang Hazel Grace (Shailene Woodley) seorang gadis berusia 16 tahun penderita kanker tiroid stadium 4, yang selalu membutuhkan alat bantu pernapasan demi kelangsungan hidupnya. Dunianya mulai berwarna ketika ia mengikuti pertemuan sesama penderita kanker, Augustus Waters (Ansel Elgort). Ia adalah penderita kanker osteosarkoma yang membuatnya harus mengenakan kaki palsu. Perasaan senasib membuat keduanya merasa cocok satu sama lain. Percintaan mereka yang selalu dihantui kematian, membuat kamu perlu menyiapkan tisu untuk menyekat air mata.

8. Paper Towns (2015)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangbusinessinsider.com

Margo (Cara Delevingne) dan Quentin (Nat Wolff) merupakan tetangga yang sangat dekat. Pada suatu hari Margo menghampiri Quentin dan mengajaknya untuk membalas dendam kepada mantan pacarnya yang telah berselingkuh. Quentin yang sejak kecil menyukainya, tentu saja menyetujui ajakannya. Ketika misinya berhasil, tiba-tiba saja Margo menghilang. Selama beberapa waktu mereka mencari keberadaan Margo, tetapi Quentin yakin bahwa kepergiannya itu hanya bersifat sementara. 

9. Before I Fall (2017)

Ini 9 Film Remaja Berkesan di Era 90an sampai Sekarangbustle.com

Film yang diadaptasi dari novel Lauren Oliver berjudul sama ini berkisah tentang Samantha Kingston (Zoey Deutch) yang memiliki kehidupan sempurna. Sam memiliki sahabat-sahabat yang baik, keluarga yang harmonis hingga masa depan yang cerah. Sampai suatu peristiwa terjadi, ia menemukan dirinya yang mengalami hal yang berulang-ulang setiap harinya di waktu dan hari yang sama. Ketika Samantha mencoba menguak misteri tersebut, ia menemukan tentang bagaimana cara bersyukur dan menghargai kehidupannya.

Mana yang menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Raih Piala Oscar! Ini Deretan Film yang Pernah Dibintangi Brad Pitt