Dunia modeling kini telah berubah. Fisik tak lagi menjadi tolok ukur. Menghadirkan sosok yang percaya diri dan inspiratif, malah menjadi cerminan dan representasi terbaik bagi label yang menggunakan jasa model tersebut. Seperti Sofia Jirau, perempuan muda yang memiliki down syndrome satu ini karirnya semakin bersinar sejak mengikuti ajang New York Fashion Week. Sofia berani membuktikan kepada dunia, bahwa tidak ada yang tak mungkin. Ingin kenalan lebih dekat dengannya? Ini 5 fakta seputar Sofia yang menarik kamu simak, Bela.

1. Kekurangan yang kini menjadi kelebihannya

Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratifinstagram / @sofiajirau

Perempuan asal Puerto Rico yang baru berusia 22 tahun ini memiliki kelainan genetik sejak lahir. Kondisi yang disebut down syndrome ini terjadi ketika bayi mengalami tambahan kromosom nomor 21, yang menyebabkan gangguan pada fisik dan kecerdasan pada anak. Lazimnya, kromosom pembentuk gen tersebut berpasangan dan diturunkan dari kedua orangtua. 

Tetapi kondisi tersebut tak membuat Sofia rendah diri, keadaannya justru membuatnya ingin membuktikan kepada dunia bahwa dirinya spesial. Sejak Sofia masih berusia 5 tahun, ia telah bercita-cita menjadi model dan pengusaha. Kini mimpinya telah terwujud, Sofia ingin menyemangati dan berbagi inspirasi, khususnya kepada sesama down syndrome supaya tidak pernah takut untuk bermimpi.

2. Namanya kian melambung setelah mengikuti New York Fashion Week di awal Februari

Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratifinstagram / @sofiajirau

Karier model Sofia lepas landas setelah debutnya yang sukses di New York Fashion Week, panggung mode paling bergengsi di Amerika Serikat. Desainer, Marissa Santiago mewujudkan impian Sofia untuk merasakan gemerlap berjalan di panggung catwalk. Model latin tersebut tampil sangat percaya diri di depan khalayak umum mengenakan gaun dengan animal print yang elegan.

3. Memiliki bisnis online yang inspiratif

Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratifinstagram / @sofiajirau

Selain menjadi model, Sofia kini mulai mengembangkan bisnis online yang ia beri nama Alavett. Nama cantik ini memiliki makna simpel, “I love you". Produk yang Sofia jual beragam; mulai dari aksesoris dompet, pernak-pernik sampai dengan stiker lucu. Visi dan misi Sofia membangun bisnis ini karena ingin menyemangati rekan-rekan yang senasib dengannya. 

4. Mengidolakan Jennifer Lopez

Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratifinstagram / @sofiajirau

Sofia seperti perempuan muda pada umumnya, tentu memiliki idola. Ia sangat mengagumi selebriti sekaligus penyanyi latin, Jennifer Lopez. Sosoknya yang hangat dan rendah hati membuatnya menyukai setiap karya-karyanya baik film ataupun lagu, termasuk penampilannya yang memesona. 

5. Akun media sosialnya memiliki pengikut yang tinggi dan masih akan terus bertambah

Ini 5 Fakta Sofia Jirau, Model Down Syndrome yang Inspiratifinstagram / @sofiajirau

Rasa percaya diri dan pesonanya telah sukses mencuri perhatian para netizen. Dalam kurun waktu setahun setelah ia membuat unggahan pertamanya, jumlah pengikut Instagram Sofia kini telah mencapai 86 ribu. Melalui akun instagramnya ini, Sofia ingin  berbagi pengalamannya, bagaimana ia menjalani kehidupannya, mewujudkan impiannya termasuk berbagi pesan-pesan positif. 

Jika Sofia berani mewujudkan mimpinya, kamu juga bisa! Ayo kejar impianmu, Bela!

Baca Juga: 10 Quotes Ini Memotivasimu untuk Tak Menyerah Meraih Impianmu!