Coba kita hitung, berapa banyak jumlah plastik yang telah kamu gunakan seperti stereofoam untuk makan atau membeli minuman kemasan? Tau nggak sih tanpa kamu sadari kebiasaan seperti itu bisa membuat bumi kita tercinta semakin rapuh dan rusak. Nggak mau kan keadaan tersebut terus berlanjut? 

Dengan satu langkah kecil kita bisa membantu untuk menjaga bumi tetap lestari. Ingin tahu caranya? Yuk kita mulai menggunakan 15 items eco-friendly seperti yang sudah direkomendasikan Brightside berikut ini. 

1. Sikat Gigi Bambu

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/plntbsdkelsey

Berapa kali kamu mengganti sikat gigi plastikmu? Tau nggak sih kalau items yang satu ini termasuk limbah plastik yang berbahaya juga, yuk kita ganti dengan yang lebih alami yaitu sikat gigi berbahan dasar bambu dan ramah lingkungan.

2. Piring Sekali Pakai Berbahan Dasar Daun

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/leafplatehk

Piring berbahan plastik dan stereofoam seringkali menjadi pilihan digunakan untuk acara tertentu dengan alasan praktis karena bisa langsung dibuat setelah pemakaian.  Kini kamu bisa menggantinya dengan piring yang terbuat dari bahan dasar daun yang cantik.

3. Sedotan Stainless Steel

Suka menggunakan sedotan saat minum? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakannya dan  menggantinya dengan sedotan berbahan stainless steel yang tersedia dalam beberapa ukuran yaitu standart dan besar untuk menikmati minuman bubblemu. Asyiknya kamu bisa menggunakannya berulangkali dan cara merawatnya pun mudah, kamu tinggal membersihkannya dengan sikat khusus setelah penggunaan.

4. Sedotan Bambu

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/happyjuanderer

Pengganti sedotan plastik tak hanya berbahan stainless steel tetapi juga terbuat dari bambu yang alami. Sekarang kamu tinggal memilih lebih  nyaman menggunakan yang mana untuk aktivitasmu sehari-hari?

5. Tas Belanja Reusable

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/banditka_moly

Tas belanja reusable yang dapat digunakan berulangkali  untuk memenuhi kebutuhanmu berbelanja. Kamu nggak perlu menghabiskan banyak kantung plastik untuk membawa hasil belanjaanmu di supermarket. Supaya nggak kelupaan kamu bisa memilih tas reusable lipat yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat berpergian. 

6. Daun Pisang Sebagai Pembungkus Snack

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/minimuncherbali

Coba ubah penggunaan kemasan kertas dengan materi daun pisang untuk membalut makanan atau kue mungil, contohnya seperti kemasan snack bar ini tetap memikat untuk segera disantap. 

7. Cangkir Minum Biodegradable

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi Bumi© livingrootscomposttea / Instagram

Ingin sesuatu yang bermanfaat contohnya penggunaan gelas kertas yang tak sekedar sebagai wadah minuman favoritmu, tetapi berfungsi sebagai media tanam. Gelas biogdegradable ini bahkan bisa menjadi tempat tumbuhnya tanaman yang bermanfaat seperti jamur tiram ini. 

8. Confetti Berbahan Dasar Daun

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi Bumi© progrocompost / Instagram

Ingin berpesta atau merayakan sesuatu yang istimewa? Gunakan cara yang lebih ramah tanpa harus membeli kertas berwarna-warni yang nantinya hanya akan menjadi sampah. Kamu bisa menggunakan materi confetti yang lebih bersahabat yaitu dari dedaunan. Cara membuatnya sangatlah mudah, kamu tinggal menggunakan alat pembolong dan jika ingin variasi cukup mencari daun-daun dengan warna yang berbeda. 

9. Sabut Kelapa

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/small_space_home

Kelapa tak hanya bermanfaat buahnya untuk dikonsumsi, tetapi sabutnya dapat digunakan untuk membersihkan. Contohnya mampu menggantikan fungsi spons plastik untuk mencuci piring. Selain ekonomis tindakan sederhana ini merupakan cara untuk menyelamatkan planet bumi ini. 

10. Pisau Cukur Berbahan Stainless Steel

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/conscious_lifestyle_of_mine

Gunakan pisau cukur yang terbuat dari bahan stainless steel karena dapat bertahan selama bertahun-tahun dibandingkan dengan yang berbahan plastik karena hanya bisa dipakai dalam jangka waktu sangat singkat.

11. Bawalah Wadah Sendiri Ketika Makan di Luar

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi Bumilazada.co.id

Kalau kamu suka jajan, biasakan untuk membawa wadah logam atau tempat makan yang bisa dicuci berulangkali, khususnya jika ingin makan di pedagang kaki lima. Kamu tak perlu khawatir menggunakan piring plastik atau wadah stereofoam untuk menyantap jajanan favoritmu karena sudah membawa wadahmu sendiri. 

12. Produk Kecantikan dalam Kemasan Batangan

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi Bumi© lushlivingston / Instagram

Sebagian besar produk kecantikan yang kita gunakan tersedia dalam kemasan plastik. Saat ini, para produsen sedang berlomba-lomba mencari alternatifnya dan mulai dari berinovasi membuat sampo, kondisioner, shower gel, body scrub, dan  krim tangan dalam bentuk batangan padat yang semuanya tidak memerlukan kemasan plastik

13. Mangkuk Batok Kelapa

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/domca_krs

Begitu banyak manfaat buah yang satu ini, salah satunya batok kelapa ini. Tak hanya buah dan airnya yang menyehatkan, kamu bisa mempergunakan batoknya sebagai mangkuk di kemudian hari. 

14. Tas Berbahan Dasar Pasta Apel

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/banditka_moly

Sulit dipercaya, tapi tas mungil cantik berwarna kecokelatan ini terbuat dari pasta apel yang bisa dimakan. Ingin punya koleksi yang sama Bela?

15. Botol Plastik Berbahan Dasar Alami

Gunakan 15 Items Eco-Friendly Ini Maka 
Kamu Turut Menyayangi BumiInstagram.com/marigogreen

Kini semakin banyak perusahaan yang peduli dan mencoba menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya kemasan botol ini yang sekilas seperti plastik pada umumnya yang bening dan keras, tetapi kenyataannya terbuat dari tepung nabati dan bahan alami. Harapannya semoga suatu hari nanti semua botol plastik yang  diproduksi menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan ya.

Mari kita mulai dari sekarang!

Baca Juga: Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia Santoso