Apakah kamu yakin kalau mengonsumsi susu baik untuk kesehatan tulang atau Everest merupakan gunung tertinggi di dunia? Wah, kalau masih memercayai hal-hal tersebut ini saatnya untuk mengetahui faktanya. Dilansir dari Brightside terdapat 9 mitos yang ternyata mengejutkan.

1. Sahara adalah gurun terbesar di dunia

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!google image

Kalau ditanya di mana gurun terbesar di dunia sebagian besar orang pasti menjawab Sahara dan ternyata salah besar lho. Di dalam bayangan kita gurun identik dengan padang pasir yang sangat luas, memiliki udara yang panas dan curah hujan sedikit. Kenyataannya benua Antartika adalah gurun terbesar di dunia.

2. Saat badai petir datang kita akan aman karena mobil memiliki ban karet

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash,com/Garth Manthe

Ketika badai petir datang, mobil merupakan salah satu tempat bersembunyi yang aman karena terbuat dari logam. Tetapi faktanya pengamanan seperti ini hanya berfungsi jika semua pintu dan jendela mobil dalam keadaan tertutup.

3. Everest merupakan gunung tertinggi di dunia

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash.com/Drew Patrick Miller

Banyak orang menganggap Everest sebagai gunung tertinggi di dunia karena memiliki puncak di atas permukaan laut. Padahal jika kita hitung dari keseluruhan tinggi gunung, Everest bukanlah jawabannya. Mauna Kea, gunung berapi yang terletak di Hawaii memiliki ketinggian 13.796 kaki dan dasarnya sekitar 19.039 kaki di bawah permukaan laut.

4. Planet Mars berwarna merah

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!youtube.com

Anggapan bahwa Mars adalah planet merah hanyalah mitos. Pada tahun 1970-an perjalanan Viking 1 NASA yang merupakan pesawat ruang angkasa pertama mendarat di planet ini. Hasil dokumentasi awal mengungkapkan bahwa terdapat langit biru, bukan berwarna merah muda. NASA juga telah menyatakan beberapa bagian dari Mars berwarna biru dan abu-abu. 

5. Lubang hitam

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!quantamagazine.org

Faktanya lubang hitam merupakan objek ruang di mana gaya gravitasi menarik begitu besar sehingga cahaya tidak bisa keluar. Hanya teleskop yang mampu menemukan lubang hitam tersebut dan membantu kita melihat bagaimana kondisi bintang yang terletak dekat dengan lubang hitam tersebut akan bereaksi berbeda dengan bintang lainnya.

6. Berlari harus dilakukan setiap hari

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash.com/João Ferreira

Berlari terlalu sering ternyata bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, penyakit Alzheimer dan penuaan dini. Jika kamu senang berolahraga disarankan untuk berlari dengan kecepatan sekitar 5 mph dan lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dengan jarak total 19 mil.

7. Cokelat menyebabkan jerawat

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash.com/ Charisse Kenion

Banyak orang memilih untuk menghindari coklat karena dianggap biang keladi munculnya jerawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat sangat aman dan tidak mempengaruhi kesehatan kulit, bahkan fakta tersebut telah diakui oleh dermatolog.

8. Susu berguna untuk tulang kita

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash.com/Nikolai Chernichenko

Kalsium yang terkandung dalam susu tidak dapat mencegah kita dari patah tulang. Para ilmuan dari Harvard University telah melakukan survey terhadap orang-orang dari negara yang tidak rutin minum susu, hasilnya penderita patah tulang lebih sedikit daripada mereka yang mengonsumsi susu secara teratur. Manfaat kalsium bisa didapat dari ikan sarden, salmon, kacang, almond dan buah ara.

9. Efek plasebo hanya untuk manusia saja

9 Daftar Fakta yang Kita Percaya Selama Ini Ternyata Hanyalah Mitos!unsplash.com/rawpixel.com

Efek plasebo mampu membuat seseorang yang sakit tersugesti sembuh dan ternyata kondisi ini berlaku untuk hewan peliharaanmu juga lho. Contohnya ketika seekor anjing sakit dan kamu memberikannya pil, maka anjing tersebut akan bereaksi sembuh meskipun sebenarnya hanya diberikan vitamin saja bukan obat. 

Mitos mana yang pernah kamu percayai Bela?

Baca Juga: Bangga Dengan Diri Sendiri? Cari Tahu Fakta dan Mitos Tentang Narsis!