Ingin tahu seberapa populer situs website-mu dengan mengetahui berapa banyak pengunjung yang mampir? Kini teknologi telah mempermudah dirimu. Kamu dapat menggunakan performa statistik website dengan Google Analytics yang merupakan layanan resmi dari Google. Akses yang satu ini dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja dan pelayanan websitemu ke depannya. Beberapa keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu memperoleh ringkasan traffic websitemu, performa layar, peristiwa, menurut jenis perangkat, platform, browser bahkan keadaan saat aplikasi dan situsmu dibuka. 

Ingin meningkatkan performa websitemu, ini cara mudahnya.

1. Mendaftarkan diri ke Google Analytics

Cara Menganalisis Traffic pada Situs Websitemu dengan Google Analyticspexels.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki akun Google lengkap beserta dengan akun Gmail-mu. Jika kamu belum memilikinya pastikan untuk membuatnya terlebih dahulu. Setelah terdaftar dan masuk ke halaman resmi Google Analytics langkah selanjutnya daftarkan websitemu yang ingin dipantau dengan akun Google yang telah kamu miliki tadi. Kemudian isi form registrasi tentang data pribadi dan situsmu dengan benar. Hal ini sangat penting digunakan untuk mendapatkan kode pelacakan atau tracking code Google Analytic.

2. Tambahkan kode pelacakan

Cara Menganalisis Traffic pada Situs Websitemu dengan Google Analyticspexels.com

Setelah selesai mengisi biodata dan kelengkapannya pada bagian pertanyaan, What would you like to track?  Kamu pilih Website lalu beri centang Universal Analytics. Kemudian isikan nama dan URL websitemu. Langkah selanjutnya klik tombol "Get Tracking ID" yang akan membawamu ke kode yang perlu tempatkan di situs websitemu. Kode pelacakan ini diberikan agar Google mengetahui kapan situsmu dikunjungi.

3. Pelajari audience dan target pengunjung website yang dituju

Cara Menganalisis Traffic pada Situs Websitemu dengan Google Analyticspexels.com

Tentukan target dan audience website yang dituju karena disitulah Google Analytics berperan. Dengan menyisipkan kode Analytics ke dalam situs websitemu, maka kamu akan mampu melacak semua kunjungan yang menuju situsmu.

4. Ciptakan konten yang berkualitas

Cara Menganalisis Traffic pada Situs Websitemu dengan Google Analyticsunsplash.com

Agar websitemu berkualitas dan traffic-mu meningkat tajam, pastikan semua konten yang ada pun harus berkualitas. Konten yang tidak bermanfaat akan mengurangi kualitas websitemu secara keseluruhan. Sementara jika websitemu baik maka  akan membuat trafficmu kian meningkat.

Sudah siap mengatur laju websitemu?

Baca Juga: Bukan Percantik Website, Ini Lho Tugas Seorang UX Designer