Dulu ponsel belum seperti smartphone di masa kini dengan segala kemudahannya. Di era 90-an ponsel masih memiliki fungsi yang terbatas yang biasanya hanya digunakan untuk menelpon, menulis pesan singkat atau SMS dan bahkan bermain game sederhana. Bahkan saat itu ponsel belum bisa digunakan untuk berfoto atau ber-selfie lho, ringtone-nya pun masih terbatas dan belum memiliki fungsi yang beragam seperti saat ini. Tapi tahu nggak sih ternyata memiliki ponsel di masa itu mempunyai keseruan tersendiri lho, salah satunya dengan meramaikan ponselmu dengan berbagai aksesori yang membuat tampilan ponselmu memiliki ciri dan berbeda dari yang lain. 

Penasaran? Ini 5 hal yang akan mengajakmu bernostalgia, ayo siapa tahu kamu juga pernah merasakannya. 

1. Casing handphone

5 Aksesori Ponsel Ini Pernah Ngetren Banget di Tahun 90antwitter,com

Pada masa itu ponsel ada beberapa jenis yaitu model flip, model klasik dan terakhir yang casing-nya bisa kamu ganti sewaktu-waktu. Biasanya anak-anak muda pada masa itu cenderung memilih yang casingnya bisa diganti seperti beberapa seri ponsel Nokia. Bahkan sejak awal pembelian kamu juga diberikan casing pengganti versi original. Tetapi, karena ciri pemilik ponsel di masa itu adalah yang menggambarkan penggunanya, makanya pengguna berlomba-lomba memilih casing yang cenderung memikat. Bagi yang senang hal simpel tentu akan memilih warna-warna cenderung netral, sementara bagi kamu yang ingin terlihat “Ini gue banget” biasanya memilih casing yang colourful sesuai karakter dan warna favorit.

2. Cellphone Charm

5 Aksesori Ponsel Ini Pernah Ngetren Banget di Tahun 90anzapcreatives.com

Ini salah satu aksesori yang paling populer pada masa itu, biasanya dipasang di ujung handphone karena memang ada jalur untuk memasang cellphone charm-nya. Ada beragam jenis model charm yang ditawarkan mulai dari yang simpel, netral, menggemaskan seperti menampilkan karakter favorit sampai yang menggunakan boneka berukuran sedang. Intinya charm yang semakin mencolok maka akan semakin menggemaskan, bahkan ada juga lho gantungan yang akan berkedip-kedip setiap ponselmu berbunyi. Gemas!

3. Gantungan Handphone

5 Aksesori Ponsel Ini Pernah Ngetren Banget di Tahun 90analiexpress.com

Pemakaian ponsel di masa lalu memang belum seintens seperti sekarang dengan segala kemudahannya karena masa itu ponsel masih digunakan untuk menelpon dan menulis SMS saja, biasanya pemilik ponsel lebih suka menggantungkan ponselnya dengan cara dikalungkan saja, karena ukurannya cukup besar jika kamu kantongi sehingga lebih nyaman dalam posisi seperti itu. Biasanya juga kita bisa menjadikan kalung yang menggemaskan tersebut sebagai aksesori. 

4. Handphone Pouch

5 Aksesori Ponsel Ini Pernah Ngetren Banget di Tahun 90anpinterest.com

Selain memilih aksesori yang bisa dikalungkan, kita juga bisa memilih pouch dengan model tertutup, alasannya agar lebih private dan orang lain tidak mengetahui jenis handphone yang kamu miliki. Modelnya pun beragam dari yang simpel sampai dengan yang memiliki model feminin, kamu bisa memilihnya sesuai dengan karakter masing-masing. 

5. Sticker

5 Aksesori Ponsel Ini Pernah Ngetren Banget di Tahun 90anfacebook.com

Bagi pemilik handphone jenis flip biasanya memilih untuk mempercantik ponselnya dengan menambah sticker-sticker lucu nan menggemaskan yang bisa kamu atur sendiri penataannya. Yes, masa itu semakin mencolok maka semakin membedakan ponselmu dengan milik yang lain alias nggak pasaran.

Bikin nostalgia ya!

Baca Juga: Aksesori 90an yang Sudah Nggak Tren tapi Bikin Kangen!