Hidup itu penuh dengan peristiwa dan kejadian penting yang kadangkala menarik untuk diceritakan kembali ke layar lebar, misalnya tentang biografi tokoh penting ataupun peristiwa-peristiwa di dunia yang tak terlupakan. Meskipun seringkali tak sepenuhnya fakta namun dibumbui elemen fiksi tetap membuat film tersebut bermakna dan mampu mencuri hati para penonton. Seperti delapan film terbaik ini yang didasarkan pada kisah nyata. 

1. Bohemian Rhapsody

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury dan band Queen? Sosoknya begitu populer dan hingga kini masih tetap memesona dengan lagu-lagunya yang legendaris. Hal tersebut menjadi daya tarik untuk mengangkat kisah hidupnya dalam film bertajuk Bohemian Rhapsody. Film yang meraih banyak penghargaan ini berkisah tentang biografi perjalanan hidup seorang Freddie mulai dari titik pertama kali sebelum bertemu anggota band, pertemuannya dengan sang mantan istrinya Mary Austin hingga ia mencapai titik puncak karirnya serta lika-liku selama perjalanannya.  

Rami Malek pun berhasil memerankan Freddie dan sukses menjawab kerinduan para penggemarnya karena ia bisa berakting menyerupainya hingga gesture tubuh Freddie yang sangat khas ketika manggung.

2. The Social Network

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Facebook adalah salah satu platform media sosial populer yang sangat interaktif dan hingga kini masih banyak penggunanya. Kisah yang kemudian dituangkan dalam film berjudul The Social Network ini menceritakan perjalanan Mark Zuckerberg yang diperankan Jesse Eisenberg saat menciptakan Facebook yang bermula saat ia kuliah di Universitas Harvard hingga media sosialnya menjadi tenar seperti sekarang ini. 

3. Titanic

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Peristiwa tentang tenggelamnya penumpang kapal pesiar Titanic saat perjalanan menuju New York City setelah menabrak gunung es memang benar terjadi di tahun 1912. Kejadiaan nahas itu kemudian dijadikan plot untuk film berjudul Titanic yang berkisah tentang cinta berbeda kelas sosial antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet). 

Tetapi meskipun karakter mereka fiksi, beberapa tokoh penumpang lainnya berdasarkan kisah nyata. Misalnya seperti tokoh Margaret Brown (Kathy Bates) yang membantu penumpang kelas bawah untuk melarikan diri dengan sekoci dan  Wallace Hartley (Jonathan Evan-Jones), pemain biola di band yang terus bermain saat kapal tenggelam.

4. The Theory of Everything

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Sosok Stephen Hawking sangat terkenal sebagai salah satu fisikawan paling berpengaruh di tengah keterbatasannya akibat penyakit yang dideritanya. Berdasarkan fakta tersebut kemudian menginspirasi hadirnya film Theory of Everything, hanya saja di film ini memang lebih menfokuskan tentang kisah cinta Stephen (Eddie Redmayne) dan Jane Hawking (Felicity Jones) dibandingkan mengekspolorasi karya ilmiahnya yang populer, the black hole.

5. The Founder

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

McDonals restoran cepat saji terbesar di dunia ini ternyata semakin maju berkat peran Kroc. Kisah ini dituangkan dalam The Founder yang menceritakan tentang perjalanan Ray Kroc (Michael Keaton) yang melihat restoran cepat saji yang mengandalkan kecepatan ini memiliki potensi semakin global dan berhasil mengekspansinya hingga berbagai negara, termasuk konflik dan suka duka saat Ray membeli perusahaan serta memperoleh nama McDonald's tersebut sebagai hak paten. 

6. I, Tonya

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Tonya Harding adalah salah satu skater figur terbaik di generasinya, tetapi semua prestasinya ikut hancur karena kecurangannya menyakiti peserta lain dalam sebuah kompetisi yang ia ikuti. Demi memerankan Tonya bahkan Margot Robbie berlatih baik secara fisik maupun mentalnya. Film I, Tonya juga sukses menyabet penghargaan Oscar.

7. The Greatest Showman

7 Film Keren Berdasarkan Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton

Film The Greatest Showman yang berkisah tentang Barnum tokoh pelopor bisnis pertunjukan sirkus ini digambarkan dalam versi yang lebih ceria dan berwarna-warni. Kenyataannya memang tak seindah dan penuh drama, namun film yang satu ini sangatlah menghibur dengan konsep drama musikal. 

Mana yang jadi favoritmu Bela?

Baca Juga: Kabar Terkini Bintang Film Harry Potter