Semua ponsel berbagai brand sudah menggunakan layar sentuh. Terobosan satu ini memang cukup terasa, gimana nggak? Rasanya baru beberapa tahun lalu kita masih menggunakan ponsel QWERTY. Hey welcome tech product! Tapi walau memang mudah banget digunakan, jangan lupa untuk rawat layar smartphone milikmu, supaya tetap awet.

Ingin hal tersebut terjadi bukan? Yuk mari kita rawat layar sentuh milikmu supaya senantiasa prima dan bebas dari goresan, begini caranya.

1. Bersihkan layar sentuh secara rutin

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / rawpixel.com

Penggunaan layar sentuh seringkali membuat jari dan layar selalu bersentuhan sehingga dapat meninggalkan noda di layar. Misalnya ketika kamu menggunakan smartphone untuk menelpon, layar tersebut akan meninggalkan noda minyak karena bersentuhan dengan wajahmu.

Atasi kondisi tersebut, kamu dapat menggunakan kain lembut seperti lap untuk kacamata atau kain microfiber untuk membersihkannya dengan cara menyekanya dengan perlahan dan lembut. Hindari menggunakan kain kasar atau tissue karena dapat menggores layar sentuh smartphone-mu.

2.Lindungi layar sentuh dengan screen protector

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / JESHOOT

Jika kamu sering bepergian membuatmu sering menyimpan smartphone di saku atau tas, maka gunakan screen protector yang memiliki fungsi untuk menjaga layarmu sentuhmu supaya tidak mudah tergores. Selain itu turut memberikan proteksi jika secara tidak sengaja terjatuh agar tidak langsung menyentuh layar LCD milikmu. 

3. Gunakan aksesori casing model flip cover

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / pixabay

Kalau alasanmu  tidak ingin menggunakan screen protector karena mengganggu estetika smartphone milikmu, kamu dapat menyiasatinya dengan memberikan aksesori tambahan seperti aksesori flip cover untuk melindungi layar smartphone. Keunggulannya selain sebagai aksesoris, saat disimpan di saku atau tas juga akan membantu melindungi ponselmu dari debu dan goresan. 

4.Simpan smartphone dengan baik

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / daria shevtsova

Smartphone layar sentuh cenderung lebih sensitif penggunaannya karena itu pastikan untuk tidak menyimpannya secara sembarangan. Jaga kondisinya tetap terjaga misal dengan menyimpannya di dalam wadah ponsel agar tidak mudah tergores kunci, koin ataupun benda-benda tajam.

5. Hindari menggunakan kuku saat memakai layar sentuh

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / tracy le blanc

Jangan menggunakan kuku saat menekan layar karena bisa merusak layar sentuh ponselmu. Jaga selalu kondisinya yang didukung oleh perilaku pemakaiannya, pastikan untuk memotong kukumu secara rutin ya.

6. Jauhkan ponsel dari alat-alat elektronik yang memiliki medan magnet

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / jessica lewis

Hindari kebiasaan meletakkan ponsel yang dekat alat-alat elektronik, pahamilah dengan baik.Karena apabila diletakkan dengan medan magnet dapat mengurangi sensitivisme yang menjadi pemicu kerusakan pada layar sentuh.

7. Jangan menekan layar touchscreen terlalu keras saat menggunakannya

7 Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone 
Supaya Senantiasa Awet pexels.com / rawpixel

Ketika menggunakan layar sentuh jangan menekan permukaannya terlalu kencang karena layar tersebut biasanya sensitif dan responsif. Sentuh sewajarnya saja untuk memperpanjang usia layar sentuh milikmu. 

Tidak sulit bukan? Selamat menjaga layar smartphone ya, supaya awet terus.

Baca Juga: Menurut Survei, Jenis Smartphone Bisa Pengaruhi Nasib Percintaanmu