Usia bumi telah menua, keadaan ini ternyata mampu menciptakan perubahan seperti iklim, cuaca dan musim yang semakin tak menentu. Kini sudah waktunya kita memulai perilaku yang lebih ramah kepada lingkungan dan berbuat sesuatu yang memberikan dampak positif terhadap planet tercinta. Mari bertekad menjadikan tahun 2019 ini sebagai langkah awal untuk menerapkan 6 kebiasaan eco-friendly ini dan mulailah dari sekarang.

1. Kurangi penggunaan barang sekali pakai

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/Alexander Kim

Tanpa disadari ada banyak barang yang kita gunakan setiap hari namun pada akhirnya hanya akan menjadi sampah. Contohnya seperti pemakaian plastik saat berbelanja, membeli minuman dalam kemasan, penggunaan sedotan, gelas dan peralatan makan berbahan plastik termasuk stereofoam. Kita harus segera berhenti menambahkan plastik di bumi tercinta dengan mulai menggunakan perlengkapan yang dapat dipakai berulangkali seperti sedotan berbahan stainless steel, tumbler, kotak makan dan menggunakan totebag.

2. Membeli lebih sedikit barang secara umum

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/Fancycrave.com

Sebelum membeli barang biasakan untuk berpikir terlebih dahulu, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak? Hal tersebut sangatlah penting karena ketika kamu mampu menentukan barang yang membuatmu bahagia dan menerapkan gaya hidup minimal, berarti kamu turut membantu menjaga lingkungan.

3. Jangan mudah terbawa trend, pilihlah mode secara bertanggungjawab

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/Burst

Trend akan selalu berubah dan tidak bisa dipungkiri akan mengajakmu lebih konsumtif dalam berbelanja. Padahal jika ditelaah lebih lanjut tentang apa yang kamu pakai secara tidak langsung turut bertanggung jawab tentang bagaimana dampaknya terhadap lingkungan seperti memperhatikan bagaimana cara produksinya, teknik pewarnaannya sampai bahan yang digunakan. Caranya cukup mudah, kamu bisa memulainya dengan berinvestasi membeli barang-barang merk tertentu yang menggunakan material ramah lingkungan berbahan organik  dan eco-friendly.

4. Biasakan mencabut perangkat listrikmu setelah selesai menggunakannya

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/rawpixel.com

Kamu tahu nggak sih ternyata perangkat seperti laptop, TV, kipas angin sampai dengan gadget apabila dimatikan namun kabel tetap tersambung ke colokan listrik akan tetap membuang ¾ energi yang ada, istilahnya vampir listrik. So, yuk biasakan mulai dari sekarang sebelum meninggalkan rumah cabut terlebih dahulu semua sambungan listriknya dan dampaknya akan sangat menguntungkan karena tagihan listrikmu akan lebih hemat. 

5. Berkendara lebih sedikit, berjalan dan bersepeda lebih banyak

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/Zun Zun

Mobil adalah salah satu alasan utama menyumbangkan polusi yang menghasilkan jumlah karbon tertinggi, termasuk alat transportasi umum lainnya. Jika jaraknya tidak terlalu jauh atau masih dalam jangkauan, putuskan apakah kamu akan berjalan atau menggunakan sepeda, tetapi tenang saja semua gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya bahan bakar hanya menggunakan tenaga saja. 

6. Konsumsi lebih banyak sayuran

6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarangpexels.com/Ella Olsson

Mengonsumsi sayuran sangatlah penting karena selain kandungan dan manfaatnya juga sangat menyehatkan tubuh. Mari mulailah gencarkan konsumsi sayur-sayuran hijau dan cobalah untuk mengurangi konsumsi daging karena faktanya hampir 60 persen emisi gas rumah kaca pertanian ini berasal dari daging dan susu. Selain itu daging sapi dan domba merupakan dua jenis daging yang paling potensi berpolusi.

Sederhana bukan, yuk kita mulai dari sekarang!

Baca Juga: Bingung Weekend Kemana? Coba Menginap di Hotel Eco Friendly Ini