Saat berbagai berita dan informasi seringkali membuatmu merasa gelisah, menghadapi situasi saat ini dengan lebih cerdas adalah hal penting, Bela. Dalam arti, bisa mewaspadai segala kemungkinan dengan langkah yang efektif dan optimis. Memang tidak mudah, namun mengundang banyak manfaat bagi kesehatan mental dan hidup. Ini 6 alasan mengapa penting berpikir positif yang perlu kamu ketahui. 

1. Glass half-full

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Pexels.com / Andrea Piacquadio

Glass half-full adalah ungkapan untuk menunjukkan sosok yang optimis dalam memandang suatu hal atau masalah. Sifat ini adalah kualitas yang dapat dipelajari, artinya kita bisa melatih diri sendiri untuk selalu berpikir positif. Bahkan seperti hukum sebab akibat, jika kamu bersikap positif kepada orang lain, maka dengan segera kamu akan merasakan hal yang sama. Kurangi segera segala pikiran-pikiran negatifmu, Bela. Tapi jangan lupa pula untuk tetap kritis dan tidak naif.

2. Orang-orang bahagia menemukan hal yang baik di dunia

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Pexels.com / Andrea Piacquadio

Bersikap optimis itu artinya memiliki tujuan dan menyakini bahwa kamu akan mencapainya secara cepat atau lambat tepat pada waktunya. Sikap optimis ini juga akan mengundang diri kita untuk senantiasa mencari kebaikan dari setiap masalah atau kesulitan. 

3. Energi dari bersikap positif

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Pexels.com / Ariane Martins

Orang yang optimis akan selalu mencari pelajaran berharga dari setiap peristiwa yang dialaminya. Ketika ditimpa kemalangan, daripada sibuk mencari kambing hitam atau marah dan menyalahkan orang lain atas apa yang telah terjadi, ia memilih mengendalikan emosinya dan berpikir apa yang bisa dipelajari dari pengalaman tersebut. Maka mulailah dari hari ini untuk mempelajari bagaimana mengembangkan pemikiran positif. Sikap tersebut turut memancarkan energi baik bagi orang-orang di sekitar dan kehidupanmu.

4. Putuskan untuk menjadi bahagia

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Unsplash.com / Hannah Busing

Orang-orang yang optimis akan selalu memutuskan untuk berbahagia mulai dari hal terkecil hingga yang besar, menjadi ragam keberkahan hidupnya. Tipe seperti ini akan lebih sering bersyukur daripada mengkhawatirkan atau mengeluh tentang hal-hal yang tidak mereka miliki.

5. Bersikap positif dalam bertindak

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Pexels.com / Andrea Piacquadio

Pada prakteknya lebih mudah melakukan segala sesuatunya saat semuanya berjalan sesuai dengan rencana, tetapi ketika kesulitan datang menghampiri, sikap optimis akan membuatmu bisa berpikir logis mengenai langkah-langkah terbaik yang patut dilakukan untuk saat itu.

6. Kekuatan positif membawa kebahagiaan

6 Alasan Mengapa Pikiran Positif Dapat Memperpanjang Usia  Pexels.com / Daria Shevtsova

Mengembangkan sikap positif dan optimis dapat membantumu memberi lebih banyak cara daripada yang mungkin disadari. Ketika kamu mempunyai pikiran positif, maka selalu ada cara untuk mengalahkan pemikiran yang negatif dan segala keraguan. Efeknya kamu akan menemukan perubahan yang luar biasa di dalam kehidupanmu. Percayalah pikiran positif akan mengubah seluruh hidupmu, seperti kesehatan mental, kesehatan jasmani, hingga kulit yang lebih bercahaya, hanya dengan memaksimalkan kekuatannya. 

Tetap positifve thinking, ya, Bela!

Baca Juga: Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal ini

Baca Juga: Jauhkan Diri dari Pikiran Negatif dengan Melakukan Hal Rutin Ini!

Baca Juga: Pesimis atau Optimis? Tanggal Lahir Ternyata Ungkap Kepribadianmu