Jika kamu ingin mengadopsi kucing, hal pertama yang terlintas di pikiran mungkin pergi ke penampungan hewan atau pet shop. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk pergi ke toko buku? Rupanya di toko bernama Otis & Clementine, Nova Scotia, Kanada ini, kamu bisa menemukannya. Berbeda dengan kafe kucing yang kita kenal belakangan ini, di sini selain bermain-main dengannya kamu bisa menolong mereka juga. Ingin tahu lebih banyak, ini dia 5 faktanya.

1. Kamu bisa merasakan sensasi membaca buku ditemani oleh kucing-kucing menggemaskan

5 Fakta Serunya Membaca Buku Ditemani Kucing-Kucing Gemas di Kanadainstagram / @forkmarykill

Di sini aktivitas membaca buku semakin asyik, kamu akan ditemani oleh anak-anak kucing yang menggemaskan sambil menikmati secangkir kopi hangat. Melihat mereka berlari-larian dan bahkan tertidur di antara buku-buku tersebut tentu sangat memanjakan mata. 

2. Kucing-kucing ini disediakan oleh kelompok penyelamatan hewan

5 Fakta Serunya Membaca Buku Ditemani Kucing-Kucing Gemas di Kanadainstagram / @eh.tea_'s

Pemilik toko buku ini, Ellen Helmke mengutarakan anak-anak kucing ini bukan sekadar kitten dari kucing dewasa yang terlantar di sekitar lingkungannya, tetapi Ellen bekerjasama dengan kelompok penyelamatan hewan terlantar yaitu South Scot Conservation Nova Scotia yang membantu mengumpulkan para kucing-kucing tersebut, sehingga tidak heran kalau kondisinya selalu ramai. 

3. Kamu diperbolehkan mengadopsi kucing yang berada di area tersebut

5 Fakta Serunya Membaca Buku Ditemani Kucing-Kucing Gemas di Kanadaboredpanda.com

Bagian terbaiknya adalah kamu bisa mengadopsi kucing mana saja yang ada di toko buku dan kafe tersebut. Organisasi South Paw Conservation yang bertugas untuk mengelola proses adopsinya dengan biaya administrasi senilai CAD$ 255 (sekitar US$ 194 atau Rp 2,6 juta). Biaya tersebut sudah termasuk general check up kondisi kesehatannya sebelum kamu bawa pulang, vaksinasi dan termasuk diberikan obat kutu serta cacing. Jadi, kucing pilihanmu sudah dipastikan dalam kondisi terbaik dan sehat. 

4. Toko Otis & Clementine ini juga bekerjasama dengan South Paw Conservation untuk mempertemukan adopter yang bersungguh-sungguh ingin menolong dan memelihara kucing tersebut.

5 Fakta Serunya Membaca Buku Ditemani Kucing-Kucing Gemas di Kanadaboredpanda.com

Selain sebagai toko buku, Otis & Clementine ini bekerjasama dengan South Paw Conservation yang memiliki kepedulian terhadap kucing liar terutama proses adopsi. Organisasi sosial ini telah menyelamatkan 30 anak anjing pada tahun 2019  dan lebih dari 50 kucing lokal baik kitten serta dewasa. Keduanya saling mengisi untuk membantu para kucing dengan pecinta kucing sebagai adopternya. 

5. Sudah 30 kucing yang diadopsi melalui tempat ini dan masih akan terus bertambah

5 Fakta Serunya Membaca Buku Ditemani Kucing-Kucing Gemas di Kanadaboredpanda.com

Awalnya Helmke memulai program adopsi di toko bukunya ini karena melihat banyak ruang yang bisa dimanfaatkan di dalamnya. Kini banyak pengunjungnya yang datang ke tokonya karena bertujuan khusus untuk mengadopsinya setelah melihat kucing-kucing menggemaskan tersebut. Ekspresi kebahagiaan para kliennya menjadi prioritas tersendiri baginya. Tetapi, jika kamu hanya ingin membaca sambil bermain-main saja dengan mereka juga tidak apa-apa, lho.

Seru banget ya, bela!  Tertarik?

Baca Juga: Gemasnya 12 Ilustrasi Persahabatan Manusia dan Hewan Peliharaannya