Tahun ini libur Hari Raya cukup panjang, selama 12 hari. Bagi kamu yang merantau akan mencari tiket mudik setelah hari cuti bersama disahkan. Permasalahannya adalah persaingan mendapatkan tiket mudik sangat ketat. Bisa bikin sebal karena selalu ada saja halangannya.. Untuk itu, kamu wajib tahu trik mendapatkan tiket mudik dengan tenang.

Kiat Mendapatkan Tiket Mudik Tanpa Harus Emosi

Pada awal tahun baru, melihat kapan waktu libur Hari Raya memang tidak pernah luput. Namun, kamu akan lupa karena padatnya kegiatan. Biasanya beberapa maskapai atau agen tiket perjalanan membuka pemesanan tiket mudik sekitar dua atau tiga bulan sebelumnya. Harganya pun masih normal dibandingkan kamu membeli saat Ramadan. Walaupun, ada batasan waktu dan berebut, kamu wajib coba. Pilihlah tanggal aman agar kamu tidak rugi saat keputusan cuti bersama diumumkan.

Kiat Mendapatkan Tiket Mudik Tanpa Harus Emosi

Bikin sebal memang ketika asik memilih dan mencari tiket untuk pulang, tiba-tiba jaringan internet tidak stabil. Dampaknya kamu akan mengulang dari awal, itu pun kalau tidak direbut oleh yang lain. Sebagai pengguna data internet tentu saja kamu memahami kapan koneksi internet lancar. Hindari untuk memaksakan jika memang jaringan kurang bagus. Kamu bisa mencari alternatif, misalnya pergi ke café yang jaringan internetnya tidak mengecewakan.

Kiat Mendapatkan Tiket Mudik Tanpa Harus Emosi

Pesan tiket online memang praktis. Kalau kamu jeli, ada tenggang waktu yang diberikan. Namun, ketika permintaan terlalu banyak tidak menutup kemungkinan akan cepat hangus. Walaupun kamu sudah memesan. Waktu yang diberikan memang cukup singkat, yaitu satu jam. Daripada kamu harus pergi ke ATM atau supermarket yang memakan waktu, ada baiknya memanfaatkan aplikasi dari bank. Ini terkesan sepele, tapi sangat diperlukan kalau kebutuhan mendesak.

Kiat Mendapatkan Tiket Mudik Tanpa Harus Emosi

Libur lebaran yang cukup panjang di tahun ini bisa membuat angka lonjakan penumpang cukup besar. Terminal, stasiun, bandara, bahkan pelabuhan akan sangat padat saat jam produktif. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu memilih jam berangkat yang agak sepi. Biasanya mereka tidak akan memilih jam malam karena sudah lelah dan ingin istirahat. Ini bisa kamu manfaatkan jika tidak ingin berdesakan dengan pengunjung lainnya.

Kiat Mendapatkan Tiket Mudik Tanpa Harus Emosi

Beberapa tiket kereta untuk libur lebaran memang sudah habis terjual. Begitu juga dengan pesawat yang harganya mulai mahal. Ini memang risiko yang harus diterima jika jadwal dan izin cuti dari kantor terlambat datang. Alternatifnya dua, kamu ambil tiket mahal atau memakai transportasi darat yang membutuhkan waktu lebih lama. Dan harus rela antre dan berebut dengan yang lainnya. Atau kalau jiwa petualang besar dan ada kendaraan, kamu bisa memilih lewat jalur darat dengan mobil pribadi.

Jangan lupa untuk selalu tetap tenang, ya. Ada baiknya kamu mengunduh aplikasi agen tiket dan maskapai resmi agar lebih mudah.

BACA JUGA : Lebaran Nggak Mudik? Lakukan Kegiatan Ini Saja!