Mau musim liburan atau tidak mengunjungi tempat makan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi didukung dengan banyaknya tempat makan baru, tentu saja ingin mencoba. Namun, kamu akan terkejut ketika membayar cukup mahal. Padahal kamu sudah cukup selektif dan mengestimasi pengeluaran saat itu. Kalau dilihat memang sesuai dengan pesanan. Hal-hal yang seperti ini bisa membuat jengkel. Supaya tidak membuat malu diri sendiri di hadapan orang banyak, trik dalam restoran ini wajib kamu tahu.

1. Harga tidak dicantumkan dengan jelas

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Natasha Kapur

Masih ada beberapa tempat makan yang tidak secara jelas atau jujur dalam mencantumkan harga. Sudah terlanjur masuk kemudian duduk akan merasa canggung kalau harus tidak jadi. Kalau sudah seperti ini, maka jangan ragu untuk menanyakan harga. Yang lebih menyebalkan adalah perbedaan harga di menu dan di kasir. Mau tidak mau harus membayarnya, bukan? Saat ini sudah banyak tempat makan yang menyediakan menu makanan di depan pintu masuknya. Jangan ragu untuk melihat-lihat, sebab ada perubahan menu dan harga dalam jangka waktu beberapa bulan sekali.

2. Desain menu

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Jakub Kapusnak

Walaupun tujuan utama adalah untuk makan dan mengisi energi, tapi kamu juga akan melontarkan pujian kecil jika desain menu sangat menarik. Selain untuk menarik konsumen, ini adalah salah satu strategi pemasaran. Jika bagi kamu desain menu yang bagus adalah bagian dari kreativitas, tidak demikian dengan pemiliknya. Desain yang menarik ini sebenarnya dibuat untuk sedikit mengalihkan konsumen agar tidak terlalu melihat harga. Bisa jadi dengan sajian yang hampir mirip, tetapi harga yang tercantum berbeda jauh.

3. Porsi makanan

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Stefan Johnson

Bukan hal yang mengherankan apabila tampilan sajian di menu berbeda dengan aslinya. Tidak sedikit orang yang membayangkan dengan harga yang sekian dan porsi sesuai digambar itu masuk akal. Namun, pada kenyataannya makanan yang disajikan tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu bertanya kepada pramusaji di sana mengenai porsi disajikan. Biasanya, kamu akan terkecoh ketika memesan steak. Beberapa restoran akan menghitung berat daging yang sebelum dimasak. Kamu akan memesan makanan yang lain apabila dirasa kurang memuaskan. 

4. Suasana tempat makan

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/ Annie Spratt

Ini yang sudah banyak diketahui. Biasanya tempat makan yang desainnya mewah atau unik memberikan harga makanan yang cukup mahal. Ini hal yang memengaruhi, yaitu bahan makanan yang digunakan punya kualitas yang sangat bagus dan juga sangat mahal. Tempat makan seperti ini juga punya juru masak andalan yang punya pengalaman dan prestasi di luar negeri. Oleh sebab itu, kalau tempat makan setidaknya punya dua hal ini, maka interior dan suasananya didesain tidak main-main. Maka, cukup wajar jika harganya makanan dan biaya jasanya juga sangat mahal.

5. Pesan makanan terlalu beragam

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Marco Guerrero

Dalam keadaan lapar biasanya akan memiliki sikap yang impulsif untuk memilih makanan. Semua terlihat lezat dan menggoda. Efeknya, kamu memesan makanan dengan sedikit berlebihan. Atau ketika melihat menu, tampilan makanan semua terlihat enak. Ada satu kebiasaan ketika bingung memilih makanan, pramusaji akan menanyakan pesanan minuman. Tentu ini lebih mudah bagimu menentukan minuman. Ketika kamu sedang bingung menentukan makanan, ada kemungkinan kamu akan memesan dua jenis makanan sekaligus. Atau menambah hidangan penutup.

6. Cenderung pesan menu spesial

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Katlyn Giberson

Banyak ditemukan kalau restoran maupun café punya menu khusus. Diadakan untuk merayakan hari besar, ulang tahun restoran, atau dalam hari tertentu. Tentu saja menu spesial ini akan ditawarkan pramusaji kepadamu ketika sedang melihat menu. Dirasa menarik, kamu akan memilihnya. Biasanya menu-menu seperti ini harganya pun juga spesial. Memang ada kalanya ingin mencoba menu baru atau yang istimewa di tempat makan. Ada baiknya kamu juga melihat harga yang ditawarkan ketika memilih menu yang spesial itu.

7. Memberikan tip

Pengeluaran Makanmu di Restoran Sering Membengkak? Ketahui Biangnya!unsplash.com/Joshua Rodriguez

Kalau kamu jeli beberapa tempat makan akan mengenakan biaya pelayanan disamping ada pajak wajib yang biasa kamu bayar. Dan tertera pada kertas pembayaran. Tapi, mengacu pada kebiasaan lama yang sering dilakukan oleh orangtua, akan meninggalkan sejumlah uang sebagai tip untuk mereka. Cukup jarang ketika kamu memeriksa dengan teliti kecuali makanan yang kamu pesan sudah sesuai. Secara tidak sadar kamu bisa mengeluarkan uang dua kali untuk hal tersebut. Walaupun menurut kamu jumlahnya tidak seberapa, tapi kalau diakumulasi selama satu bulan nilainya lumayan besar.

Bukan bermaksud untuk memunculkan sikap pelit, hanya saja kamu perlu mengetahui hal-hal menarik seperti ini.

BACA JUGA : 5 Perilaku Konsumen Ini Ternyata Membuat Karyawan Restoran Merasa Nggak Nyaman