Kamu akan lebih bangga ketika masih bisa mengingat hal kecil yang terjadi dalam hidup. Kamu juga senang ketika bisa lebih cepat menghapal dan terus mengingatnya. Melupakan sesuatu bagimu identik dengan orangtua. Tapi, penelitian menyatakan kalau orang yang lebih mudah lupa ternyata lebih cerdas. Simak alasannya yuk.

1. Menampung hal baru

Pelupa Bisa Menandakan Kalau Kamu Lebih Cerdas Lho!unsplash.com
 

Melupakan sesuatu adalah hal yang biasa. Itu karena setiap hari kamu menerima berbagai macam berita dan informasi. Dan, setiap orang belum tentu punya memori yang bagus. Padatnya kegiatan juga bisa memengaruhi hal ini. Menurut penelitian, lupa bukan hanya pertanda bahwa kamu punya otak yang sehat. Tapi, untuk memberikan ruang agar kamu bisa menampung informasi dan pengetahuan baru. itulah sebabnya kamu nggak bisa ingat dengan baik kejadian beberapa tahun yang lalu.

2. Otak melakukan pemilahan

Pelupa Bisa Menandakan Kalau Kamu Lebih Cerdas Lho!unsplash.com
 

Setiap harinya ada berbagai macam kejadian. Ada faktor yang membuat kamu selalu ingat walaupun kejadian itu sudah lama berlangsung, tapi hanya beberapa. Ini karena otak membantumu untuk mengelola ingatan yang penting dan yang kurang penting. Seperti memilah. Hal yang kurang penting biasanya akan sangat mudah sekali untuk dilupakan. Karena, fungsi memori dalam otak bukan hanya untuk mentransmisi informasi yang akurat. Ia hanya melakukan memegang apa yang penting.

3. Supaya lebih mudah mengambil keputusan

Pelupa Bisa Menandakan Kalau Kamu Lebih Cerdas Lho!unsplash.com

Setelah otak membantu membuang hal yang nggak penting. Ini ada pengaruhnya ketika kamu membuat suatu keputusan. Menurut peneliti dari Universitas Toronto, Blake Richard, ketika kamu terus membawa kenangan yang penuh dengan konflik, maka kamu akan kesulitan untuk mengambil keputusan yang tepat. Jadi, secara nggak langsung memori dan kenangan terhadap suatu kejadian di masa lalu bisa memengaruhi keputusan yang ada dampaknya dengan masa depan.

4. Membantu agar nggak kehilangan informasi penting

Pelupa Bisa Menandakan Kalau Kamu Lebih Cerdas Lho!unsplash.com
 

Kehilangan informasi yang penting bisa membuat gejolak emosional. Oleh karena itu, melupakan sesuatu tanpa disadari juga merupakan bagian dari penyesuaian diri. Ini karena waktu dan keadaan yang terus berjalan. Otak juga akan melepaskan informasi yang kuno, sudah nggak relevan, hingga menyesatkan. Orang yang cerdas biasanya akan mengingat informasi penting untuk dirinya sendiri. Dan, juga kamu akan lebih fokus menghadapi sesuatu.

5. Mengoptimalkan fungsi otak

Pelupa Bisa Menandakan Kalau Kamu Lebih Cerdas Lho!unsplash.com
 

Banyak yang mengira bahwa lupa berarti mengalami penurunan fungsi pada otak. Melainkan otak membantu kamu memahami hal yang sedang terjadi dengan baik. Blake Richard juga menambahkan kalau kamu rajin berolah raga, otak juga semakin membersihkan hal yang nggak perlu. Itulah sebabnya kamu akan merasa lebih baik dan segar kalau olahraga rutin. Dan, fungsi otak juga semakin meningkat dan efektif. Dengan kata lain, lupa secara nggak langsung akan mempermudah hidupmu.

Memang agak menyebalkan berhadapan dengan orang yang pelupa. Tapi, kalau dilihat baik-baik ia punya ritme yang membuatnya terlihat lebih daripada yang lain. Pelupa disini bukan karena kecerobohan yang dibuat sendiri, lho.

BACA JUGA : Suka Terlambat Pertanda Kamu Orang yang Kreatif