Ada fenomena unik dalam bioskop dan perfilman. Seringkali kita melihat pencapaian penonton dan pendapatan satu film di berbagai portal berita hingga media sosial. Pencapaian penonton yang jutaan dan pemasukan yang besar kita bisa menyimpulkan dengan cepat bahwa bioskop masih menjadi tempat yang menarik. Bukan bermaksud untuk mengurangi apresiasi sineas dalam menghasilkan karya.

Namun, jika berbicara mengenai film, banyak stasiun televisi yang juga menghadirkan film bioskop. Dengan atau tanpa iklan. Ternyata, inilah alasan orang masih mau pergi ke bioskop.

1. Bagian dari hiburan

Simak Alasannya Kenapa Nonton Film di Bioskop Masih Punya Daya Tarikunsplash.com/Clem Onojeghuo

Hidup di kota dengan rutinitas yang hampir sama setiap harinya tentu membuat bosan. Ingin berlibur pun tidak bisa terlalu lama. Dengan situasi yang seperti ini, tentu saja kamu mencari hiburan singkat dan menyenangkan. Pergi ke bioskop adalah satu satu pilihan yang tepat kalau kamu ingin mendapatkan hiburan. Alasannya, karena kamu kegiatan ringan menyenangkan agar bisa melepaskan pikiran mengenai rutinitas dan pekerjaan. Dengan jadwal yang bisa kamu sesuaikan dengan jam kerja, maka tidak heran kalau kebanyakan dari kamu masih ke bioskop. Yang paling penting, kamu bisa menyegarkan diri di waktu yang singkat dengan cara nonton film favorit.

2. Tidak mau ketinggalan hal baru

Simak Alasannya Kenapa Nonton Film di Bioskop Masih Punya Daya Tarikunsplash.com/Joel Muniz

Nonton di bioskop bisa dikatakan menjadi bagian dari gaya hidup. Seringnya membaca berita dan melihat informasi tentang film membuat kamu punya aktor, sutradara, dan genre film tersendiri. Dalam diri sendiri ada anggapan kecil yang mana ketika kamu tidak melihat film box office, merasa melewatkan sesuatu yang sedang populer. Dari pihak perfiman, mereka bisa menghadirkan sesuatu yang unik dalam promosi filmnya. Salah satunya adalah cerita yang menarik, aktor yang bermain, cuplikan film, masuk nominasi di beberapa festival film, hingga komentar dari kritikus. Dari seluruh faktor tersebut, ada rasa tidak mau ketinggalan untuk tahu seperti apa film yang ditayangkan.

3. Pengalaman emosional

Simak Alasannya Kenapa Nonton Film di Bioskop Masih Punya Daya Tarikunsplash.com/Connor Limbocker

Suara percapakan, musik, hingga efek suara yang sengaja dirancang secara tidak langsung bisa memberikan kesan. Jalan cerita yang lucu, sedih, gembira, hingga jengkel pun bisa kamu rasakan. Kamu juga tidak bisa mempercepat film karena rasa penasaran. Belum lagi jika penonton lainnya memberikan respon seperti tertawa dan teriakan pada suatu adegan. Ini sangat menarik karena bukan hanya kamu yang merasakan. Luapan emosional yang seperti itu, bisa meredakan stres. Kalau film yang kamu tonton memberikan inspirasi baru, seperti ada keuntungan yang kamu dapatkan. Pengalaman yang seperti ini bisa juga membuuat kamu tidak masalah jika nonton film hingga dua kali.

4. Fasilitas dalam bioskop

Simak Alasannya Kenapa Nonton Film di Bioskop Masih Punya Daya Tarikunsplash.com/Lloyd Dirks

Memang banyak akses nonton gratis yang bisa kamu lakukan dan dapat dinikmati juga. Tapi, nonton film di bioskop secara tidak langsung kamu menikmati fasilitas yang diberikan. Misalnya, tempat duduk yang nyaman dan suara yang dihasilkan. Ketika kamu memilih nonton film di rumah, memang bisa ditemani oleh cemilan favorit, termasuk popcorn. Tapi, yang tidak bisa tergantikan adalah suara yang dihasilkan. Mereka punya speaker sound yang luar biasa, sehingga kamu bisa benar-benar menikmati. Layar yang lebar juga bisa membuat kamu mengamati detail riasan, pakaian, desain, bahkan lokasi syutingnya.

5. Fokus dan privat

Simak Alasannya Kenapa Nonton Film di Bioskop Masih Punya Daya Tarikunsplash.com/Joaquín Cuasante

Pergi nonton ke bioskop juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan sendirian. Kamu bisa menentukan sendiri film, jam tayang, dan tempat duduk. Salah satu kegiatan menyendiri yang bisa dilakukan kalau hidup di kota besar. Keadaan dan fasilitas bioskop yang nyaman bisa membantu kamu untuk tetap fokus saat nonton film. Terbebas dari pertanyaan dan komentar dari samping kanan dan kiri juga bisa kamu dapat jika memilih tempat duduk atau teman nonton yang tepat. Kamu pun bisa terhindar dari gangguan yang menyebalkan seperti kalau kamu nonton film di rumah.

Jadi, film apa yang terakhir kamu tonton di bioskop?

 

BACA JUGA : Ini Alasannya Kenapa Radio Jadi Favorit Meski Aplikasi Musik Streaming Lagi Tren