Berpikir untuk berkontribusi terhadap dunia seringkali membingungkan. Harus berkerja atau bergabung dalam organisasi tertentu supaya tindakan yang dilakukan itu nyata. Tak jarang jika dari kamu pesimis kalau dapat ikut berkontribusi. Jangan putus asa, dengan lima tindakan ini, secara nggak langsung kamu bisa ikut berkontribusi untuk dunia yang lebih baik.

1. Meminimalisir polusi

 
Sebagian besar orang memang paling benci yang namanya polusi air, udara, bahkan suara. Ini dikarenakan membuat hidup nggak nyaman. Tapi, tinggal di kota besar sepertinya harus sedikit bersahabat dengan polusi. Untuk sedikit membantu hindari untuk melakukan pencemaran lingkungan dan selalu jaga kebersihan. Kamu juga harus sedikit lebih bersabar menghadapi orang yang ceroboh di jalan bahkan kemacetan. Tindakan kecil yang kamu anggap sepele dan menurutmu nggak berdampak, ternyata bisa sedikit mengurangi kalau dilakukan bersama.

2. Melakukan pekerjaan sukarela

 
Berbagai macam program kerja sukarela sudah mudah untuk ditemui. Ada yang secara online, di kantor, maupun di lapangan. Tujuannya sama saja yaitu membantu orang lain agar bisa hidup lebih nyaman, aman, tentram, dan bermanfaat. Lakukanlah sekali seumur hidup agar kamu bisa lebih bersyukur. Kalau minatmu di bidang kemanusiaan ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan. Berkontribusi di bidang ini hindari untuk memikirkan uang. Karena ada pengalaman besar yang nggak akan bisa digantikan oleh materi.

3. Bersikap baik dan ramah

 
Poin ini memang terlihat sederhana dan mudah. Tapi, kalau dilihat kenyataannya banyak sekali yang berpura-pura. Tentu saja ini membawa dampak, misal orang lain menjadi segan dan enggan untuk sekedar menyapa. Disisi lain, sikap yang seperti ini sering kali disalah artikan pada zaman modern ini. Untuk menyikapinya, hindari terlalu berprasangka buruk terhadap orang lain. Bantulah orang lain ketika ia merasa kesulitan. Lakukan dengan porsi yang nggak terlalu berlebihan. Jangan menolak untuk bersikap baik, karena kamu nggak tahu apa yang akan terjadi denganmu.

4. Melakukan daur ulang

 
Hindari untuk membuang benda yang susah sekali terurai. Dan, jangan terlalu malas untuk memilah sampah. Ini akan memudahkan petugas kebersihan untuk melakukan pemilahan. Tindakan kecil ini punya dampak yang luar biasa terhadap lingkungan. Jaga lingkungan sekitar untuk tetap asri agar bumi nggak nampak semakin tua. Kamu pun sudah mengetahui kalau sampah di dunia sudah semakin menumpuk karena nggak  bisa didaur ulang. Jadi, manfaatkan sisi kreatifmu agar bisa mengolah barang yang susah terurai.

5. Be present

 
Memang banyak sekali hal-hal yang membuat pikiran melayang. Entah memikirkan masa lalu atau masa yang akan datang. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari pun seperti hanya setengah-setangah. Kamu pasti sering merasa demikian. Ini dikarenakan kamu punya sikap yang kurang peduli dengan apa yang kamu kerjakan. Terlalu egois dan diselimuti rasa malas. Hal ini dibuktikan kamu terlalu susah untuk mengutarakan ide baru, terlibat salah paham, nggak fokus, dan lain sebagainya. Untuk itu, peka terhadap lingkungan sekitar itu sangat diperlukan sekali.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan kehidupan yang kamu punya.

BACA JUGA : 3 Pekerjaan yang Bisa Membuat Perubahan pada Dunia