Saat ini banyak sekali akun media sosial yang fasilitasnya bisa menjadi wadah kreativitas. Mulai dari Facebook hingga Youtube pun bisa dimanfaatkan. Tetapi, sebagai generasi muda yang masih meledak-ledak ini bisa menjadi boomerang. Nggak ada salahnya untuk menjadi cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial agar nggak meresahkan teman dan orang terdekat.  Hal apa saja sih yang wajib kamu hindari untuk menggunggah di media sosial?

Meski Terlihat Sederhana, 5 Postingan Ini Bikin Kamu Dijauhi di Media Sosial

Musik dan film memang merupakan beberapa diantara jenis hiburan yang dapat kamu nikmati. Kalau kamu punya musik atau film favorit biasanya akan mengambil beberapa potongan gambar atau lagu. Setelah itu, kamu mengungahnya ke media sosial. Yang perlu kamu ingat adalah mereka pekerja seni yang perlu diapresiasi karya-karyanya. Tindakanmu mungkin telah mendukungnya atau bahkan melakukan promosi gratis secara nggak langsung. Akan tetapi, jangan ragu untuk mencantumkan sumber dari mana kamu mengambil potongan tersebut. Jangan lupa juga untuk menulis judul dan nama artisnya.

Meski Terlihat Sederhana, 5 Postingan Ini Bikin Kamu Dijauhi di Media Sosial

Bermain media sosial berarti dengan mudah kamu menemukan sumber informasi yang nggak diketahui kebenarannya. Atau informasi yang sensitif yang mengandung unsur politik bahkan SARA. Kalau kamu nggak mempunyai pengetahuan yang cukup banyak, hindari untuk ikut menyebarkannya. Ada baiknya untuk mengabaikan informasi yang nggak terlalu penting dan memicu konflik. Jadilah perempuan hebat dan cerdas dalam mengelola informasi. Jangan sampai pertemananmu menjadi terganggu gara-gara kamu punya pendapat yang membuat orang lain risi.

Meski Terlihat Sederhana, 5 Postingan Ini Bikin Kamu Dijauhi di Media Sosial

Suasana kantor sedang nggak kondusif, pekerjaan sedang banyak, hubungan pertemanan kurang asyik, atau ribut dengan pacar. Semua pernah merasakannya. Saking emosionalnya kamu pun melampiaskannya di media sosial dengan memakai kata-kata yang kurang pantas. Untuk apa? Supaya teman-temanmu tahu hidupmu sedang kurang asyik atau sedang mencari perhatian. Semakin dewasa seharusnya kamu bisa menghindari untuk menampilkan sisi emosionalmu dengan mudah di media sosial. Tentu saja kamu nggak mau kan menjadi bahan pembicaraan temanmu sendiri.

Meski Terlihat Sederhana, 5 Postingan Ini Bikin Kamu Dijauhi di Media Sosial

Banyak sekali meme atau gambar dengan caption lucu yang menggelitik di media sosial. Memang hal yang menarik adalah mengunggah ulang agar terhibur. Namun, diantaranya ada gambar yang seharusnya nggak ditampilkan. Seperti mengejek orang yang wajahnya kurang rupawan atau pornografi. Walaupun sama-sama dewasa carilah bahan hiburan yang bukan berupa ejekan. Dan itu tentu saja masih banyak di media sosial dan terkemas dengan lucu. Kalau kamu masih berani melakukannya jangan kaget apabila media sosialmu memblokir unggahanmu.

Meski Terlihat Sederhana, 5 Postingan Ini Bikin Kamu Dijauhi di Media Sosial

Banyak sekali anak kecil yang menggemaskan dan pintar yang sengaja diunggah oleh ibunya di instragram. Bisa jadi ini terjadi juga padamu yang pernah melakukan hal serupa. Kalau kamu ceroboh, bisa jadi ada orang yang berniat nggak baik terhadapmu atau keluarga mereka. Nggak kebayang kan gimana jadinya. Walaupun terlihat gemas, cukup dengan “like” maupun meninggalkan komentar. Selain itu, banyak sekali hal-hal yang nggak diinginkan bisa terjadi kalau kamu bertindak ceroboh.

Lebih bermanfaat kalau kamu menunggah hasil karya senimu sendiri, kan?

BACA JUGA : Simak 5 Cara Agar Bio Instagram Kamu Semakin Menarik