Pekerjaan memang bisa bikin jenuh. Kamu pun perlu untuk melepaskan sejenak kepenatan dan pergi ke tempat favoritmu. Atau, mengunjungi tempat baru juga nggak kalah asyik. Ternyata, kegiatan yang menyenangkan seperti ini bisa membangun kecerdasan emosi supaya lebih stabil lagi. Ingin tahu kenapa sebabnya? Simak kelima poin di bawah ini.

1. Merefleksikan diri sendiri

 
Memilih tempat yang sepi maupun keramaian bisa membuat dirimu merasa tenang. Karena kamu butuh suasana baru. Tapi, dalam keadaan sendiri kamu bisa mengevaluasi apa yang telah terjadi kepada dirimu. Biarkan dirimu santai dan pikiran tenang. Kemudian, kamu bisa tanyakan apa yang mengganjal dari dalam diri. Misalkan, minat apa yang ingin kamu perdalam? siapa yang benar-benar memberikanmu dukungan? Mengapa kamu yang selalu kena tunjuk sebagian besar pekerjaan? Dan lain sebagainya. Ini bisa membuatmu merasa lebih baik lagi.

2. Berempati dengan baik

 
Liburan memang tujuannya adalah melepas penat dan memenuhi keinginan. Nggak ada salahnya kamu untuk melihat disekitar, seperti interaksi orang satu dengan lainnya, bagaimana mereka berkomunikasi, menyampaikan pendapat, dan lain sebagainya. Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran. Dengan kondisi yang tenang memang lebih memungkinkan untuk menyadari hal yang kurang bagus dan meningkatkan rasa toleransi. Dan yang seperti ini nggak akan kamu dapatkan ketika dipenuhi oleh tugas kerja. Ini juga bisa kamu rasakan ketika bertemu orang baru di tempat yang baru.

3. Punya tujuan yang jelas

 
Seperti merencanakan sebuah liburan, kamu akan mempersiapkan dengan detail apa yang menjadi keperluanmu. Menyiapkan rencana cadangan atau siap dengan kemungkinan terburuk juga kamu lakukan. Ini ada efeknya ketika kamu mengatur tujuan hidup, sukses, dan bahagia. Liburan sekaligus mengajarkan kamu untuk menerima pengalaman dan tantangan baru. Oleh sebab itu, saat pulang dari liburan ada rasa semangat untuk menjalani hidup yang lebih baik dan bermanfaat. Punya keinginan positif pun juga hadir dalam setiap hal yang kamu lakukan.

4. Menerapkan sopan santun

 
Berada di tempat baru maupun berkunjung ke suatu tempat kamu wajib menjaga tingkah laku. Walaupun tujuannya untuk bersenang-senang dan mencari ketenangan, ini adalah poin pertama yang bisa kamu dapat. Dengan menerapkan perilaku yang baik secara nggak langsung kamu bertanggung jawab atas diri sendiri. Karena kamu akan malu kalau sampai mendapatkan cap jelek dari orang lain. Mengurangi atau bahkan menghilangkan sikap agoran, memaksa, dan sikap emosional yang lainnya juga kamu lakukan sebagai bentuk pendewasaan diri.

5. Selalu punya kebiasaan baru yang positif

 
Dengan liburan kamu bisa tahu mana yang harus kamu lakukan dan yang harus ditinggalkan. Nggak ingin ketinggalan momen dan tergesa-gesa kamu bisa mendapatkannya dengan bangun pagi. Ingin selalu tampil sehat dan cerah kamu bisa melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Hal-hal seperti ini memang terlihat sepele, tapi susah sekali untuk dilakukan. Liburan membuatmu bisa lebih tenang dalam menghadapi hal-hal yang nggak terduga. Intinya, kamu lebih bisa menikmati hidup sebagai anugerah dan nggak lagi meributkan hal yang kurang penting.
 
Siap untuk memanfaatkan libur panjang?

BACA JUGA : Inilah Alasan Kenapa Orang yang Sering Jalan-Jalan Selalu Tampak Segar dan Bahagia