Menghemat pengeluaran bukan perkara mudah. Walaupun kamu berusaha mengurangi beberapa pengeluaran yang tak perlu. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui tiga biaya terbesar yang kamu keluarkan setiap bulannya. Tujuannya agar kamu bisa mengatur keuangan lebih bijak lagi.

1. Makanan

 
Pada kenyataannya inilah yang memakan biaya pengeluaran paling besar. Biaya makan tiga kali sehari pun sudah cukup besar kalau kamu selalu membeli. Belum lagi kebutuhan makanan ringan, instan, dan minuman kemasan yang kurang begitu sehat, tapi menjadi pilihan favorit. Ketiga jenis makanan itu memang terlihat terjangkau, tapi membuat pengeluaran lumayan besar, lho. Untuk itu, ada baiknya untuk mengurangi makanan yang kurang sehat. Ganti dengan stok buah dan sayur secukupnya. Olah stok makanan sehat setidaknya untuk sarapan pagi. Hindari untuk pilih-pilih makanan karena gengsi.

2. Transportasi

 
Beragam mobilitas dan kegiatan yang padat membuatmu mengunjungi beberapa tempat setiap harinya. Oleh karena itu, transportasi dan bahan bakar saat ini bisa dikategorikan sebagai kebutuhan pokok. Terhambatnya sistem transportasi bisa juga menghambat aktivitas. Hidup di kota wajib menyisihkan dana yang cukup besar untuk transportasi, baik untuk kendaraan umum, pribadi maupun sewa. Untuk membantu mengurangi pengeluaran, jangan ragu untuk jalan kaki kalau jarak yang ditempuh cukup dekat.

3. Keperluan Rumah

 
Poin yang satu ini terkesan sepele, tapi kalau dilihat-lihat ada saja keperluan tidak terduga yang harus dikeluarkan. Keperluan kebersihan rumah atau rumah tangga sering tidak masuk dalam hitungan. Namun, kamu tidak mau punya tempat tinggal yang kurang bersih dan berbau. Tidak heran kalau biaya yang kamu keluarkan sangat lumayan. Belum lagi ditambah uang sewa kos ataupun apartemen yang menjadi kewajibanmu untuk membayar. Jangan lupa juga untuk memerhatikan pemakaian listrik dan air.

Memilih menekan pengeluaran satu di antara tiga memang sulit. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan.

BACA JUGA : Selamatkan Pengeluaranmu Agar Bisa Menabung dengan Melakukan 5 Hal ini