Tahun ajaran baru sudah dimulai. Bagi kamu yang melanjutkan pendidikan di luar kota maupun luar negeri akan menjadi pengalaman yang nggak terlupakan. Memang berat meninggalkan kebiasaan bersama orang terdekat. Tapi, ini adalah salah satu fase kehidupan yang harus kamu jalani. Sebagian besar dari kamu tentu akan memutuskan hidup sendiri di kos atau asrama.

Biasanya, kamu akan merasa sendirian. Karena lingkungan, kebiasaan, budaya, dan orang-orangnya pun baru. Menjadi hal yang wajar kalau agak canggung melakukan sesuatu. Kamu juga harus bisa beradaptasi dan membuat tempat tinggal baru kamu ini nyaman.

Temukan Tempat Makan dan Ngopi

Ini yang Harus Dilakukan Agar Kamu Nyaman di Kos Baruhttps://www.pexels.com/lisafotions

Ini bisa menjadi hal wajib yang kamu cari setelah pindah ke tempat baru. Jangan khawatir kalau kamu nanti akan makan dan beli kopi sendirian. Ini merupakan bentuk adaptasi kamu. Nggak ada salahnya cari tahu tempat makan dan café yang enak dengan harga yang terjangkau di sekitar kampus dan tempat tinggal. Kalau ada teman yang memberi referensi, nggak ada salahnya untuk dicoba. 

Tata Kamar Senyaman Mungkin

Ini yang Harus Dilakukan Agar Kamu Nyaman di Kos Baruhttps://www.pexels.com/jeanvandermeulen

Tinggal di tempat baru memang rasanya nggak sama dengan di rumah. Kamu bisa adaptasi dengan menata ruanganmu sesuai selera. Asalkan nggak merusak fasilitas yang diberikan. Bisa ubah juga letak meja, lemari, hingga tempat tidur agar terasa lebih luas. Taruh sedikit koleksi dan dekorasi pilihan agar ruangan nggak terlalu membosankan. Dengan cara yang seperti ini, kamu merasa lebih nyaman dan betah. Jangan lupa selalu jaga kebersihan, ya.

Temukan tempat yang nyaman buat belajar

Ini yang Harus Dilakukan Agar Kamu Nyaman di Kos Baruhttps://www.pexels.com/pixabay

Selain kos sebagai tempat belajar, nggak ada salahnya mencari tempat lain. Supaya dapat suasana baru dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Kadang-kadang, kamu ingin tempat yang tenang supaya bisa fokus dan bebas berkreasi. Pilihannya, kamu bisa ke café yang suasananya nggak ramai, di mana banyak orang yang mengerjakan tugas. Bisa juga di perpustakaan, disini kamu dapat mencari referensi tugas. Atau, di sudut kampus yang tenang.

Pasang Jadwal di Dinding

Ini yang Harus Dilakukan Agar Kamu Nyaman di Kos Baruhttps://www.pexels.com/rawpixel

Menghadapi fase baru tentu banyak sekali perubahan, apalagi kalau ditambah dengan belajar hidup mandiri. Biasakan untuk menuliskan daftar prioritas agar kegiatan kamu nggak berantakan. Kalau di agenda masih belum membantu, disarankan tulis di sticky note dan tempel di dinding. Gunakan kertas atau tulisan dengan warna yang mencolok supaya tetap menarik perhatian. Atau, kamu bisa membeli papan pin atau time table yang bisa digunakan jangka waktu yang lebih lama.

Lakukan Hal Menyenangkan dengan Teman Baru

Ini yang Harus Dilakukan Agar Kamu Nyaman di Kos Baruhttps://www.pexels.com/brunomillennial

Awalnya memang kamu melakukan hampir semua kegiatan sendirian. Belajar mandiri boleh, tapi jangan lupa bersosialisasi dan jalin pertemanan. Selain dengan teman sekelas, nggak ada salahnya kamu mengakrabkan diri dengan teman satu kos. Kalau kalian punya minat yang sama, tentu lebih mudah akrab. Jangan gengsi untuk mengajak kenalan duluan. Tunjukkan kalau kamu ramah dan terbuka. Kalau lagi senggang, jangan tolak ajakan untuk makan, ke café, atau nonton film bersama.

Baca Juga: 5 Tempat yang Bikin Kamu Ingin Melepas Rutinitas dan Segera Jelajahi Dunia