Menjadi sukses, kreatif, hingga bisa kerja cerdas membutuhkan kebiasaan dan kegiatan yang konsisten. Memang sepertinya akan berat dan membosankan, belum lagi menghadapi berbagai macam gangguan. Melihat orang lain dengan mudah menciptakan ide kreatif dan terlihat cerdas memang bisa bikin iri. Jangan khawatir, kamu pun juga bisa. Terapkan saja kebiasaan ini.

Ingin Menjadi Cerdas Sekaligus Kreatif? Lakukan Saja Hal Ini
 
Membaca dan menulis sepertinya dua kegiatan yang tidak bisa terpisahkan. Mulailah membentuk kebiasaan untuk menulis apa yang telah kamu baca. Tujuannya agar kamu mudah memahami apa yang telah kamu baca. Baik majalah hingga buku non-fiksi pasti banyak informasi dan pengetahuan yang belum kamu ketahui. Cara ini juga bisa untuk memancing rasa ingin tahu untuk menggali lebih banyak lagi. Agar menarik untuk dibaca ulang, buatlah catatan yang singkat dan rapi.
 
Ingin Menjadi Cerdas Sekaligus Kreatif? Lakukan Saja Hal Ini
 
Kalau kamu sedang sendirian pasti banyak pertanyaan yang timbul dalam kepala. Kemudian kamu merenung dan berpikir. Mereka biasa menyebutnya dengan berkontemplasi. Munculnya pertanyaan akan membuatmu penasaran dan mencari tahu. Proses ini bisa membuatmu lebih kreatif dan cerdas. Karena kamu akan mencari dan menjawab keingintahuan dengan caramu sendiri. Ada baiknya untuk tidak cukup puas dengan satu sumber saja. Kamu boleh juga berbagi rasa penasaranmu dengan orang lain.
 
Ingin Menjadi Cerdas Sekaligus Kreatif? Lakukan Saja Hal Ini
 
Setiap ide pasti akan muncul di waktu yang tidak terduga. Tapi, seringkali kamu mengabaikannya karena jadwal pekerjaan yang padat. Bahkan ketika membaca poin ini, kamu mulai berpikir “aku tidak punya ide” atau “ide apa, ya?” Oleh karena itu, selalu catat ide apa pun yang muncul dalam pikiran. Paling tidak dalam sehari kamu akan menemukan lima ide. Bukan tanpa tujuan, kegiatan yang seperti ini bisa memancing kreativitas dan mengelola permasalahan dengan baik. Tapi, jangan simpan idemu terlalu lama.
 
Ingin Menjadi Cerdas Sekaligus Kreatif? Lakukan Saja Hal Ini
 
Bekerja di tempat yang disuka maupun tidak, tetap luangkan waktu untuk menjalankan hobi yang paling disuka. Karena kamu akan semakin mendalami hobimu ini sehingga tidak ada rasa terpaksa dalam melakukannya. Ada baiknya kamu melakukan hobi pilihanmu ini setiap hari walaupun hanya sebentar. Jadi, kamu punya kegiatan menarik selain bekerja, berangkat ke kantor, komuting, dan membangun relasi. Kalau kamu memilih hobi menjadi pekerjaan, akan lebih menarik lagi.
 
Ingin Menjadi Cerdas Sekaligus Kreatif? Lakukan Saja Hal Ini
 
Banyak sekali hal yang belum kamu tahu, begitu juga orang lain. Memang sudah seharusnya kamu selalu menyerap dan belajar informasi baru setiap saat. Tapi, tidak ada ruginya kalau kamu memberikan pengetahuanmu kepada orang lain. Intinya, jangan pelit untuk berbagi ilmu. Secara positif, orang lain juga akan melakukan hal yang sama kepadamu. Caranya mudah, berkumpul dan jalin pertemanan dengan orang-orang yang positif dan kreatif. Jangan minder kalau kamu bertemu orang yang lebih kreatif, kamu bisa belajar darinya.

Selamat jadi orang cerdas dan kreatif.

BACA JUGA : Kreativitas Bukanlah Bakat, Asah Dengan 3 Cara Ini