Membuka usaha atau berbisnis memang hal yang menantang. Kamu nggak hanya memperhatikan produk saja tetapi juga cerdas memasarkannya. Banyaknya barang sejenis di pasaran bisa memosisikanmu di keadaan yang menguntungkan sekaligus berbahaya. Kalau kamu nggak punya pengetahuan yang cukup, bisa jadi kamu dimanfaatkan. Untuk itu, nggak ada salahnya kamu mengetahui sedikit mengenai aturan yang mengikat kalau kamu berbisnis.

Ingin Berbisnis? Simak 3 Peraturan Penting yang Wajib Kamu Pahami

Ketika kamu memasuki dunia bisnis, sedikit banyak kamu mempelajari tentang ide, kreativitas, hingga gebrakan baru. Ketika kamu mengakui bahwa idemu original maka kembalikan lagi ke dalam dirimu. Kamu wajib bisa membedakan mana yang disebut dengan meniru dan plagiat. Meniru bisa dikatakan dengan “mencuri” ide sebelumnya tapi kamu sisipkan dengan hal baru yang lebih fresh didalamnya. Dan mengakui bahwa kamu mendapatkan inspirasi dari sana. Tapi, kalau kamu mengakui ide orang lain adalah idemu maka hasil produksimu dapat dikatakan sama persis dengan orang lain. Bagian ini sering sekali disebut dengan memplagiat.

Ingin Berbisnis? Simak 3 Peraturan Penting yang Wajib Kamu Pahami

Dalam bisnis maupun perdagangan sekalipun, kamu mengenal dua macam pelanggaran yaitu hak cipta dan hak paten. Dua hal ini cukup rentan dilakukan bagi kamu pebisnis pemula dan cukup membuat pusing. Ini bagian penting yang wajib kamu tahu, hak paten biasanya terkait dengan teknologi baru. Jadi, orang yang mempatenkan produknya berarti dia punya inovasi baru di bidang teknologi. Sedangkan hak cipta, ketika kamu berhasil membuat suatu produk nyata dengan inovasimu sendiri. Nggak ada salahnya kamu berhati-hati dengan poin ini kalau ingin mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Ingin Berbisnis? Simak 3 Peraturan Penting yang Wajib Kamu Pahami

Tentu sebagian dari kamu telah membaca kasus bisnis Luna Maya dengan Ayu Ting-Ting disini. Akan tetapi, yang perlu kamu ketahui lebih dalam adalah persoalan kontrak kerjasama nggak hanya dengan teman bisnis. Kamu juga bisa memperhatikan supplier, pengiriman, tenaga kerja, tempat bisnis hingga beberapa orang yang menjadi pihak ketiga. Nggak ada salahnya apabila kamu membaca dengan teliti perjanjian di lembar kontrak kerja. Jangan ragu melontarkan pertanyaan apabila ada kejanggalan.

Perlu kamu ketahui bahwa mereka bersinggungan satu sama lain. Gagal dalam membangun bisnis akan dirasakan bagi kamu yang masih pemula. Tetap semangat, ya.

BACA JUGA : 3 Hal yang Selalu Dilupakan Pengusaha Ketika Bisnisnya Tak Kunjung Sukses