Bagi kamu yang bekerja di industri kreatif tentu saja erat kaitannya dengan sosial media. Banyak sekali yang bisa kamu manfaatkan dengan sosial media ini. Tetapi, kamu juga perlu mengetahui beberapa dampak negatif dari maraknya media sosial yang sering kamu gunakan. Simak yuk, Bela.

Gawat! Inilah Penyebab Media Sosial Membawa Dampak Buruk di Kehidupanmu

Semakin beragam media sosial, semakin banyak orang yang ingin tahu urusan orang lain. Bukan untuk memberikan bantuan tetapi hanya ingin tahu dan sekedar membandingkan hidup. Kabar dari teman sekalipun kalau kamu tidak mengecek sosial medianya rasanya kurang percaya. Terkadang kamu lebih percaya apa yang orang lain tunjukkan ke media sosial daripada cerita langsung. Ini bisa membuatmu kesusahan untuk membedakan mana yang benar dan kurang benar. Fenomena ini memang bisa membuat dilema, untuk itu bijaklah dalam menggunakan media sosial.

Gawat! Inilah Penyebab Media Sosial Membawa Dampak Buruk di Kehidupanmu

Banyak sekali yang menggunakan media sosial untuk mengumumkan momen pribadi seperti undangan pernikahan, kelulusan, pertunangan. Itu memang wajar, tapi alangkah baiknya untuk menyampaikan langsung kepada saudara dan teman terdekat. Selain lebih menghargai orang yang diundang kamu juga tetap bisa menjaga hubungan baik. Di sisi lain, setiap momen keberadaan dan aktivitas saat ini bisa kamu taruh di media sosial, kalau kamu berteman dengan orang terdekat tetaplah memberikan kabar kalau mereka menanyakan. Untuk kamu yang sedang merantau, tetaplah memberi kabar orang rumah secara rutin.

Gawat! Inilah Penyebab Media Sosial Membawa Dampak Buruk di Kehidupanmu

Memang mengabadikan momen dan membagikan di media sosial adalah hal yang wajar pada saat ini. Tapi di balik itu semua, Kamu rela menghabiskan sebagian dari penghasilanmu untuk mencukupi gaya hidup yang sebenarnya di luar dari kemampuanmu. Alasannya, agar terlihat bahagia dan bergengsi. Kamu akan lebih bahagia kalau momen di media sosial diapresiasi oleh banyak orang. Hindari untuk menerapkan kebiasaan yang seperti ini. Nikmati saja kehidupan sesuai dengan kemampuanmu. Kalau itu semua tidak dipaksakan atau bagian dari pekerjaan tentu bukan masalah.

Ada baiknya, kamu menghindari untuk kecanduan menggunakan media sosial terlalu berlebihan.

 

BACA JUGA : 5 Manfaat Vakum Dari Sosial Media Selama Beberapa Hari