Kalau kamu sudah tahu tempat baca yang nyaman di Jakarta, saatnya memperluas referensi. Toko buku bisa menjadi tempat yang seru kalau dikelola dengan baik. Walaupun ada perpusatakaan yang fasilitasnya super lengkap dan dunia digital sedang populer, toko buku masih jadi incaran.

Ada beberapa toko buku yang dikelola sendiri. Walaupun mereka independen, tempat dan fasilitasnya juga nyaman. Kalau kamu suka dengan buku, tempat yang seperti ini wajib ada di daftar tujuan perjalanan.

1. Shakespeare and Company, Paris, Perancis

Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburanbookscombined.com

Toko buku paling diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dibuka sejak tahun 1919 dan menjadi salah satu toko buku independen tertua. Inilah yang menjadi salah satu alasan kalau sedang di Paris. Tidak hanya sekedar melihat-lihat kemudian membeli, di sana juga ada café yang bisa kamu coba. Selain itu, ia juga sering mengadakan seminar, festival, penghargaan buku, hingga podcast setiap minggunya. Untuk koleksi buku sudah tidak diragukan lagi.

2. Cook & Book, Brussels, Belgia

Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburanbrusselspictures.com

Sebagai toko buku independen, Cook & Book memiliki keunikannya sendiri. Toko buku seluas supermarket ini wajib kamu kunjungi. Di sana kamu bisa membaca, belanja, dan makan. Bukan hanya sekedar café, melainkan restoran. Cook and Book punya 9 ruang dan tema yang bisa kamu jelajahi sesuai dengan jenis buku. Misal, kamu berada di ruang seni, buku dan interiornya pun sesuai dengan tema. Ada juga beberapa ruang baca yang jadi satu dengan restoran. Seru, kan.

3. Books Actually, Singapura

Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburanbluesyemre.com

Berkunjung ke Singapura tidak hanya menghabiskan waktu untuk belanja dan pergi ke taman bermain. Sempatkan diri untuk mengunjungi toko buku yang ada di Yong Siak Street No. 9. Desain interior Books Actually sangat menggemaskan. Toko buku independen yang berdiri sejak tahun 2005 menjual buku-buku sastra. Namun, kamu akan menemukan buku desain dan seni, perjalanan, hingga buku untuk anak-anak. Selain itu, ia juga menjual beberapa alat tulis dan pernah-perniknya.

4. Artbooks.ph

Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburanlifestyle.inquirer.net

Terletak di kota Mandaluyong, Filipina. Lebih lengkapnya ia ada Pioneer Street No. 123. Toko buku ini punya desain industrial modern. Dari nama toko buku sudah bisa ditebak kalau ia menjual buku-buku seni dan budaya yang ada di Filipina. Dan tentu tidak hanya tema itu saja, di sana kamu juga bisa menemukan buku mengenai lingkungan, gaya, hidup, perjalanan, hingga buku-buku langka. Uniknya, ia juga menyediakan pembelian secara daring.

5. BACA-The Reading Room and Café, Malaysia

Deretan Toko Buku Wajib Kunjungi Saat Kamu Sedang Liburancarriesim.com

Toko buku ini terletak di Jalan Dagang No. 1, Dynaton Bukit Angin, Temerloh. Dibuka pada tahun 2015. BACA punya tujuan untuk mengajak dan mengembalikan kembali budaya membaca. Dengan cara membentuk komunitas membaca di Temerloh dan berkembang ke seluruh dunia. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa membeli buku bekas, baru, maupun lama. Dengan mudah kamu bisa menemukan buku fiksi, non fiksi, hingga anak-anak. Kalau bosan, di tempat ini juga ada cafénya.

Kalau di Indonesia kamu bisa mengunjungi Post Santa dan Aksara di Jakarta, C20 Library di Surabaya, Kineruku di Bandung, dan Toko Buku Indie di Yogyakarta.

BACA JUGA : Referensi Ruang Baca Bagi Kamu yang Tinggal di Ibukota