Katanya bahagia itu sederhana, tapi pada kenyataannya kamu sendiri bingung untuk berbahagia. Bisa karena pekerjaan yang kurang cocok, tempat tinggal yang terlalu ramai, keuangan yang terus defisit, hingga mengambil pekerjaan sampingan untuk mencukupi kebutuhan. Dengan kata lain, kegiatan harian bisa membuat kamu tampak kurang bahagia.

Padahal, ada hal dan kegiatan sederhana yang bisa memancing rasa bahagiamu. Kalau kata Oprah, “be thankful for what you have”. Hal ini didukung dengan psikologis asal Miami University yang melakukan penelitan. Dan hasilnya kelompok yang menuliskan apa saja yang mereka syukuri setiap harinya akan lebih optimis. Selain bersyukur, ada lagi yang bisa meningkatkan rasa bahagia di dalam diri.

Alam

Ini Lho Hal Kecil Tapi Bisa Membuatmu Merasa Terbebas Dari Stresunsplash.com/Charl van Rooy

Pergi ke tempat yang masih asli memang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan membuat hati senang. Kamu bisa memilih hutan, gunung, maupun laut. Nggak perlu jauh-jauh, cukup cari tempat yang paling dekat. Menjadi persoalan kalau kamu tinggal di perkotaan. Jangan salah, matahari terbenam di perkotaan juga nggak kalah bagus dan bikin tenang, kok. Atau, kamu juga bisa berjalan di taman kota. Berjalan di alam yang terbuka juga bisa membantu untuk mengurangi kecemasan yang ada di dalam diri.

Menulis jurnal

Ini Lho Hal Kecil Tapi Bisa Membuatmu Merasa Terbebas Dari Stresunsplash.com/gabrielle cole

Kalau kamu hobi menulis, mengoleksi alat tulis, dan kreatif jangan ragu untuk mendesain jurnal pribadi supaya lebih berwarna warni. Mulai dari kegiatan penting hingga suasana harian bisa dicatat disini. Ternyata, menulis jurnal bisa menyalurkan emosi yang terpendam dan membuat diri sendiri lebih bahagia. Salurkan saja apa yang kamu rasakan, jangan terpaku banyak sedikit tulisan. Menulis jurnal yang isinya pengalaman pribadi bisa membuat sisi emosional lebih stabil dan meningkatkan daya ingat. 

Menggerakkan badan

Ini Lho Hal Kecil Tapi Bisa Membuatmu Merasa Terbebas Dari Stresunsplash.com/Rima Kruciene

Kegiatan olahraga memang bisa mengembalikan suasana hati yang berantakan. Hal ini didukung hasil penelitian dari Journal of Happiness Studies. Kalau olahraga masih menjadi sesuatu yang berat buat kamu, ada beragam alternatif kegiatan supaya badan kamu bergerak. Memasak, menata tempat tinggal, dan kegiatan rumah tangga lainnya. Atau, jika ingin pergi ke suatu tempat yang jaraknya dekat, kamu bisa pilih berjalan kaki. Mendiamkan badan terlalu lama ternyata juga membuat suasana kurang menyenangkan.

Menolong orang lain

Ini Lho Hal Kecil Tapi Bisa Membuatmu Merasa Terbebas Dari Stresunsplash.com/rawpixel

Membantu orang lain nggak harus dari materi. Kamu bisa lakukan hal kecil yang menurutmu sederhana tapi bisa bermanfaat. Misalnya, membantu sesama yang terkena musibah, mendonasikan barang-barang yang sudah nggak terpakai, mendengarkan dan memberikan saran kepada teman yang sedang menghadapi persoalan. Hingga, membagi keahlian agar sama-sama maju. Hindari untuk mengungkit dan mengharapkan imbalan. Menolong orang lain bisa membuat perasaan lebih lega dan membangkitkan sisi positif dalam dirimu.

Tidur cukup

Ini Lho Hal Kecil Tapi Bisa Membuatmu Merasa Terbebas Dari Stresunsplash.com/Kinga Cichewicz

Seringkali kamu mengeluh dan uring-uringan tanpa sebab sepanjang hari. Kalau kamu merasa seperti ini, coba perhatikan jam tidur kamu. Hal yang seperti ini menandakan kalau kamu kurang tidur dan istirahat. Selain untuk menjaga kesehatan, tidur yang cukup bisa membantu kamu untuk menjaga suasana hati di hari berikutnya. Walaupun kamu sangat kreatif di malam hari, atur tidur dengan baik. Pastikan kamu tahu durasi waktu tidur yang sesuai dengan umur dan kegiatan. Memang sederhana dan terkesan remeh, tapi berdampak besar pada suasana hati kamu.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Orang yang Sering Jalan-Jalan Selalu Tampak Segar dan Bahagia