Di zaman sosial media dan banyak teman relasi rasanya aneh kalau melihat orang lain menjalankan aktivitasnya sendiri. Contoh sederhana, akan merasa aneh jika ada orang yang makan di restoran atau café sendirian dan tanpa bermain gawai. Asumsi pun berbagai macam, mulai dari nggak punya teman dan kurang pandai bergaul.

Padahal menjalankan aktivitas sendirian termasuk salah satu relaksasi, karena memang kamu perlu waktu untuk diri sendiri. Terbiasa sama-sama bisa membuat kamu punya sifat bergantung dengan orang lain. Bisa juga merasa takut di tempat yang ramai. Kalau kamu belum terbiasa aktivitas sendirian, kegiatan ringan ini bisa membantu.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Pergi ke pasar atau swalayan untuk membeli bahan makanan memang suatu yang menyenangkan. Kamu bisa memutuskan sendiri mau beli dan masak makanan apa. Nggak perlu takut dengan persoalan bisa memasak atau nggak, karena hanya kamu yang melakukannya. Dapur kotor dan cucian alat masak menumpuk bukan jadi masalah. Untuk masalah rasa, sesuaikan saja dengan selera kamu.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Mencoba keluar dari kota tempat kamu tinggal untuk berwisata memang menyenangkan. Menjadi tantangan kalau kamu harus pergi sendirian. Padahal kamu tipenya agak bergantung dengan orang lain. Pergi bertualang sendirian bukan hal yang menakutkan. Kamu bisa pilih kota yang terdekat dan ramah untuk orang yang jalan-jalan sendirian, Yogyakarta salah satunya. Pasti ada petualangan dan pengalaman seru, harus kamu coba.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Olahraga sebenarnya bukan jadi suatu kegiatan yang berlebihan. Memang saat ini banyak sekali studio olahraga yang lebih menyenangkan kalau bergabung bersama teman. Programnya kalau bisa juga sama. Ini bisa kamu ubah dengan kemampuan dan kebutuhan olahraga kamu. Ingin mencoba olahraga baru, tapi nggak ada teman, kamu bisa melakukannya sendirian.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Pergi ke suatu tempat biasanya banyak digunakan untuk berbincang, main gawai, hingga unggah di media sosial. Gunakan waktu sendiri untuk mengamati sekitar. Kamu akan mendapatkan orang punya ekspresi yang bermacam-macam. Ini yang akan membuat kamu berpikir sejenak. Selain itu akan melatih rasa empati dan kepekaan. Karena saat ini banyak yang terlalu acuh dengan persoalan sekitar.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Pilih permainan yang bisa melatih kinerja otak. Misalnya, teka-teki silang, sudoku, hingga rubik. Kalau kamu adalah orang yang kreatif, bisa memilih lego. Selain untuk merelaksasi diri, permainan seperti ini akan membantu kamu untuk melatih kesabaran. Hindari dulu permainan yang menatap layar. Karena kamu sedang menikmati waktu sendirian.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Berada dalam satu ruangan karaoke sendirian memang terlihat aneh dan nggak biasa. Kalau kamu belum berani melakukannya, bisa dilakukan di kamar. Atau saat kamu sedang di rumah sendirian. Bernyanyi memang menjadi salah satu cara untuk melepas kepenatan. Kalau kamu suka tantangan, lakukan ketika kamu sedang berjalan sambil bernyanyi kecil di tempat umum.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Pergi ke bioskop masih menjadi kegiatan yang populer, apalagi saat ini banyak film bagus. Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah ketika memesan tiket. Kedua, saat kamu berada di dalam bioskop. Nikmati film yang diputar tanpa ada gangguan. Kamu bisa lebih mengerti ceritanya. Kalau kamu berani, tonton drama yang nggak berakhir bahagia atau film horor.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Menikmati karya seni dan sejarah memang harus hadir sepenuhnya. Namun sayangnya, ketika berkunjung ke pameran seni banyak digunakan untuk swafoto. Padahal karya-karya luar biasa itu punya cerita dibaliknya. Adalah langkah tepat ketika kamu berkunjung ke tempat ini sendirian. Nikmati waktumu, jangan terburu-buru, dan ambil foto seperlunya. Apabila ada pemandu tur, hindari sibuk dengan gawai.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Sibuk urusan pekerjaan dan orang lain membuat diri sendiri nggak sempat untuk melakukan kegiatan lain. Misalnya, memperbarui CV, portofolio, dan karya kreatif lainnya. Oleh sebab itu, kalau ada waktu senggang di akhir pekan, bisa kamu mulai. Mengerjakan di kedai kopi langganan atau rumah bukan menjadi masalah. Nggak perlu orang lain tahu apa yang kamu kerjakan untuk mengembangkan diri.

Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini

Waktu makan bisa dikatakan sebagai momen yang tapat untuk berkumpul, baik bersama teman dan keluarga. Namun, ada beberapa waktu kamu harus makan sendirian. Hindari untuk makan di meja kerja jika ingin makan sendirian dan nggak bawa bekal. Kamu bisa pergi ke tempat makan pilihanmu. Awalnya merasa aneh, tapi kamu jangan khawatir. Lama-lama juga kamu akan menemukan ketenangan dari kegiatan ini.

Sebenarnya kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan sendirian itu selain untuk kemandirian, kamu juga bisa menikmati waktu. Hanya kamu dan kegiatan yang dipilih, tanpa gangguan orang lain.

BACA JUGA : Inilah 3 Manfaat Penting Ketika Kamu Pergi ke Tempat Umum Sendirian