Menjadi orang yang positif, ketika kamu terlalu banyak menerima cerita, tugas, dan informasi sepertinya susah. Apalagi kalau sudah pernah dikecewakan, pasti timbul benteng diri yang berupa nggak mudah untuk percaya dengan orang lain. Kamu pun mulai menumbuhkan sikap yang skeptis. Padahal hal seperti ini nggak bagus buat kamu.

Secara nggak langsung kamu menyamaratakan orang, kurang bisa menerima kebaikan orang, hingga meragukan diri sendiri. Untuk itu, kamu perlu melatih diri agar bisa bersikap lebih positif lagi. Kalau kamu masih bingung caranya, ada 5 poin di bawah yang bisa membantu.

Membantu orang lain

Begini Caranya Membangun Diri Agar Lebih PositifUnsplash.com/Toa Heftiba

Kamu bisa mulai membantu dengan hal-hal kecil seperti, menahan pintu agar orang lain keluar atau masuk dengan mudah. Mau menjelaskan dengan baik, ketika ada orang yang menanyakan arah jalan atau tempat. Dan masih banyak lagi. Hindari merasa terlalu beban dalam memberikan bantuan kecil atau merasa dimanfaatkan saat mereka lupa mengucapkan terima kasih. Dengan membantu seperti ini, kamu juga bisa meningkatkan rasa kemanusiaan dan bisa lebih bermanfaat terhadap sesama.

Mengucapkan 4 kata sederhana

Begini Caranya Membangun Diri Agar Lebih PositifUnsplash.com/@seankowal

Mengucapkan kata maaf, minta tolong, terima kasih, dan permisi di zaman sekarang mulai terlihat asing. Alasannya terlalu formal dan kaku. Padahal dengan mengucapkan kata sederhana seperti itu, kamu bisa menularkan energi positif. Atau, nggak membuat orang lain menempelkan kesan yang kurang baik terhadap kamu. Nggak susah dan kamu nggak perlu malu buat mengucapkannya, karena ini bentuk kecil kamu menghargai orang lain.

Terima atau abaikan

Begini Caranya Membangun Diri Agar Lebih PositifUnsplash.com/@benwhitephotography

Dalam satu hari tentu kamu akan mengalami banyak hal, termasuk yang nggak menyenangkan. Kejadian tersebut memang bisa memengaruhi suasana hati yang dampaknya bisa ke pekerjaan dan hubungan orang lain. Kalau mau berubah, bisa kamu simpan hal yang nggak menyenangkan itu sebagai masukan positif. Singkirkan kalau itu memang nggak kamu butuhkan dan mengganggu. Isi kembali suasana hati dengan percakapan yang menyenangkan, melakukan hobi, atau nonton video lucu.

Berkumpul dengan orang yang sama

Begini Caranya Membangun Diri Agar Lebih PositifUnsplash.com/@mimithian

Maksudnya bukan berkumpul dengan orang yang itu-itu saja. Tapi, berkumpul dengan orang-orang yang satu frekuensi. Memang terdengar sedikit aneh, tapi ini bisa membuat kamu lebih positif dan percaya diri. Berkumpul dengan orang yang nggak cocok dengan diri sendiri bisa menimbulkan perselisihan kecil yang berdampak pada diri sendiri. Berkumpul dengan teman satu hobi misalnya, percakapan menjadi lebih seru, kan.

Ingatkan diri sendiri

Begini Caranya Membangun Diri Agar Lebih PositifUnsplash.com/NeONBRAND

Kamu nggak mungkin meminta tolong orang lain agar diingatkan untuk bersikap positif. Nggak ada ruginya kamu melakukannya sendiri. Caranya, bisa kamu tulis kata-kata positif dan menempelkannya di meja kerja. Penuhi buku jurnal kamu dengan kegiatan dan kata-kata yang positif. Walaupun sederhana, ini bisa membantu kamu untuk nggak berpikiran negatif terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa melakukan afirmasi diri secara rutin.

Baca Juga: Berpikir Positif Itu Mudah! Ini 3 Caranya Bela