Ayo Bela, ngaku deh, seringkali kita melupakan hal-hal penting yang perlu dipelajari saat bekerja maupun kuliah. Entah saat ini kamu sedang mempelajari teknik baru dalam pekerjaan atau mengikuti sebuah kursus bahasa, kita seolah merasa kewalahan untuk mengingatnya. Nah, biar kita tetap bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari, ikuti 5 cara ini yah.

Biar Nggak Pikun, Lakukan 5 Cara untuk Mengingat Semua Hal

Dengan mencatat apa yang telah kamu pelajari maka waktumu nggak akan terbuang sia-sia. Walaupun kamu bukan orang yang cepat lupa, nggak ada salahnya melakukan kegiatan ini. Catat dengan gaya penulisanmu sendiri agar kamu mudah mengingatnya.

Biar Nggak Pikun, Lakukan 5 Cara untuk Mengingat Semua Hal

Pilih topik yang membuatmu enjoy untuk mempelajarinya. Jika kamu merasa hal tersebut terlalu susah untuk dipahami, coba kamu ajukan pertanyaan-pertanyaan ini ke dirimu sendiri, misalnya kenapa topik ini susah buat dimengerti? Apa yang membuat topik tersebut sulit untuk dipahami?

Biar Nggak Pikun, Lakukan 5 Cara untuk Mengingat Semua HalJika kamu bukan orang yang mudah mengingat, sesekali bukalah catatan yang telah kamu buat. Kamu bisa lebih fokus untuk menggali lebih dalam apa yang belum kamu pahami.

Biar Nggak Pikun, Lakukan 5 Cara untuk Mengingat Semua Hal

Walaupun kamu bisa menyerap apa yang kamu pelajari dalam situasi sangat ramai ada baiknya jika kamu belajar di tempat yang sepi. Cari cara yang paling membuatmu nyaman dan fokus saat belajar misalnya sambil mendengarkan musik dan hindari mengecek handphone kamu terlalu sering.

Biar Nggak Pikun, Lakukan 5 Cara untuk Mengingat Semua Hal

Ketika kamu mempelajari sesuatu yang baru nggak ada salahnya untuk menghubungkan dengan hal-hal disekitarmu. Misalnya kamu sedang belajar akuntansi maka nggak ada salahnya kamu mencatat keuangan pribadimu dengan cara profesional. Atau jika kamu sedang belajar bahasa, kamu bisa mempratikkannya dengan temanmu. Cara ini dapat memudahkan kamu untuk mengingat apa yang telah kamu pelajari.

Belajar hal baru itu menyenangkan kan Bela?