Berhemat, menabung, menyesuaikan gaya hidup dengan pengeluaran sudah mulai kamu lakukan. Mencatat pengeluaran harian hingga bulanan juga sudah kamu lakukan. Tapi, kamu merasa bahwa pengeluaran masih cukup besar, padahal sudah cukup cermat mengaturnya. Jangan-jangan kamu masih melakukan kebiasaan kecil ini.

1. Belanja barang diskon

 
Siapa yang nggak tergoda melihat poster potongan harga? Rasanya hampir semua orang. Walaupun sebenarnya ada syarat dan ketentuan. Atau, produk yang terkena diskon hanyalah tertentu saja. Kamu akan memaksakan diri untuk membelinya walaupun nggak butuh. Hanya saja karena potongan harga yang cukup lumayan, membuatmu menaruhnya ke dalam tas belanja. Tanpa disadari, kamu pun menghabiskan dana yang lumayan besar. Berpikirlah jernih sebelum melakukannya, keinginan dan kebutuhan bedanya jauh, lho.

2. Membeli barang karena murah

 
 
Pikiran membeli barang yang harganya lebih murah adalah salah satu kegiatan untuk berhemat. Memang sepertinya benar, tapi kamu akan membeli barang yang lainnya juga. Tanpa disadari kamu membeli banyak barang karena harganya yang murah. Tentu saja pengeluaran juga sama besarnya. Selain itu, membeli barang yang murah sering kali nggak bertahan lama karena kualitasnya. Kemudian, kamu mengeluarkan dana lagi untuk membeli jenis barang yang sama. Untuk itu, nggak ada salahnya kalau membeli barang selain berdasarkan kebutuhan dan kualitasnya.

3. Memutuskan secara impulsif

 
Melihat barang yang menarik perhatian memang bisa membuat pikiran impulsif langsung bekerja. Rasa bimbang pasti ada. Lalu, pemikiran kalau barang akan habis pada saat kunjungan selanjutnya pun lebih besar. Seolah tanpa ragu pun kamu membelinya. Memang pikiran yang seperti ini kurang bisa dihindari. Tapi, kamu perlu melihat kondisi keuangan. Ada baiknya untuk menunggu sampai akhir bulan atau mendekati tanggal gajian kalau ingin memberi kebutuhan tersier. Apalagi saat stres dan mencari hiburan, pergi ke pusat perbelanjaan membuatmu cenderung lebih impulsif.

4. Tidak membuat daftar belanja

 
Membuat daftar belanja memang seperti metode yang kuno. Tapi kamu wajib melakukannya, karena kamu akan mengetahui prioritas barang yang akan kamu beli dan butuhkan. Saat berada di tempat belanja memang godaan menjadi lebih besar karena melihat berbagai macam barang. Jangan abaikan daftar belanja yang telah kamu tulis. Utamakan mencari barang sesuai dengan daftar. Setelah itu, hindari terlalu lama disana dan segera bayar. Nggak  membuat daftar belanja juga bisa membuat waktu belanja semakin lama.

5. Belum punya tujuan yang jelas

 
Banyak sekali alasan yang kamu buat untuk berhenti ke tempat belanja. Baik itu untuk pakaian, alat rias, hingga kebutuhan harian. Yang paling sering terlintas adalah “mumpung sejalan, nggak ada salahnya mampir sebentar”. Kegiatan tanpa tujuan ini bisa membeli barang yang diluar dugaan. Apalagi pusat perbelanjaan punya berbagai macam fasilitas. Hanya sekedar jalan pun nggak akan terasa atau kebosanan karena memutar lagu yang kekinian. Hal seperti ini bisa memengaruhi kamu untuk berbelanja barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan.

Paling sering melakukan yang mana?

BACA JUGA : Coba Ikuti 3 Tips Ini Biar Kamu Bisa Hidup Hemat Di Kota Baru