Banyak sekali hal yang bisa membuat dirimu kurang bersemangat. Bisa itu dari lingkungan sekitar atau bahkan orang terdekat. Demi menjaga sikap baik, kamu pun berusaha menahan dan memberikan jawaban yang netral. Namun, itu nggak bisa membuatmu merasa lebih baik. Semakin terlarut, kamu pun merasa kalau diri sendiri nggak baik, usaha yang dilakukan sia-sia, hingga ragu untuk mewujudkan keinginan.

Secara nggak langsung, kamu pun butuh yang namanya dukungan. Tidak harus dengan orang lain, bisa juga dengan kata-kata motivasi. Dari sini kamu bisa menyadari kalau tidak sendirian. Di sisi lain, kamu pun butuh sesuatu hal yang dapat mengekspresikan diri. Kemudian, kamu bisa menjadi diri yang lebih bersemangat dan positif.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Terkadang kamu merasa sendirian ketika sedang nggak baik-baik saja. Tapi kamu lupa, kalau setiap orang pernah mengalami hal yang serupa. Hanya saja, mereka nggak memperlihatkan di depan umum. Kamu pun juga harus bisa nampak kuat dari luar, walaupun sebenarnya sedang rapuh. Dan, jangan biarkan orang lain tahu masalahmu terlalu dalam. Ceritalah dengan orang yang tepat dan dapat kamu percaya.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Seringkali kamu pura-pura tegar dan nggak terjadi apa-apa. Orang lain mungkin nggak peka, tapi yang terdekat pasti tahu. Nggak ada salahnya untuk berbagi cerita agar kamu bisa lega dan terasa lebih ringan. Bukankah setiap ada yang kurang baik terjadi, memang paling ingin sekedar didengar? Terlarut dalam keadaan yang seperti ini bisa mengubah pancaran dalam diri kamu. Jadi, cerita, pindah dari keadaan itu, dan berbahagialah.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Pernah juga menunda untuk sekedar bersenang-senang dan menjadi bahagia, karena takut kalau impian nggak terwujud. Memang sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, tapi tubuh dan pikiran perlu relaksasi. Jangan takut untuk bersenang-senang, kemudian menemukan tantangan. Itu semua proses. Pikiran seperti itu memang ada, tapi jika bersenang-senang dilakukan dengan porsi yang sesuai, nggak ada salahnya.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Begitu banyak hal-hal yang mengecewakan setiap harinya. Memang datangnya nggak terprediksi, tapi seolah dari dalam diri siap kecewa. Kalau sudah seperti ini kamu akan menghilangkan beberapa hal. Secara nggak langsung membentuk benteng diri untuk menghadapi kekecewaan lagi. Jangan sampai kekecewaan menghilangkan jati diri kamu, ya. Selalu isi dengan kegiatan yang positif.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Menjadi hal yang menakutkan ketika ada orang yang memanipulasi.  Segala usaha untuk mencapai sesuatu dan membantu orang lain seolah permainan. Tentu saja ini bukan bagian yang mudah untuk dilakui apalagi dalam satu lingkungan yang sama. Mereka akan terus melakukan hal seperti ini, hingga kamu menyerah. Kamu pun harus punya cara paling nggak untuk menghindarinya. Kalau sudah nggak tahan, pindah saja.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Mengalami hal atau hari yang buruk memang membuat suasana hati kacau. Ini bukan masalah, karena semua orang pernah merasakannya. Jika ingin waktu untuk sendirian, maka lakukanlah. Beraktivitas senyaman yang kamu inginkan kalau hal ini terjadi. Namun, tetap optimis kalau hal seperti ini nggak terjadi dan terulang kembali. Disini, secara nggak langsung kamu mengalami proses pendewasaan.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Merasa orang lain lebih baik daripada diri sendiri sepertinya menjadi hal yang biasa. Kamu merasa kalau diri ini selalu kurang, padahal orang lain belum tentu melihat dirimu seperti itu. Kalau merasa seperti ini, bisa kamu tulis apa saja pencapaian dan proses yang telah dilakukan. Jika ada yang kurang bisa segera kamu selesaikan dan perbaiki. Terlihat santai bukan berarti bermalasan, lho.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Menjadi bermanfaat untuk diri sendiri, kemudian orang lain memang butuh proses yang panjang dan menantang. Memang rasanya nggak enak dan ingin berhenti. Tapi kamu memahami kalau yang sedang dijalani ini pasti akan ada hasil positifnya. Bolehlah untuk berhenti sebentar sambil menyegarkan pikiran. Setelah itu, kamu coba kembali.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Ini adalah kondisi paling sulit untuk dilalui. Pilihannya dua, kamu berjuang sendiri atau tetap bersama mereka. Keputusan ada pada mu. Nggak ada orang yang berhak untuk memaksa. Hindari bertahan dalam situasi maupun orang tertentu karena merasa nggak enak karena telah berjuang bersama. Kalian pun sebenarnya tetap bisa untuk saling mendukung, tinggal mau bertoleransi atau sebaliknya.

10 Kata-Kata Saat Kamu Merasa Putus Asa

Mewujudkan keinginan sendiri memang nggak mudah. Pasti ada beberapa orang yang memberi masukan baiknya seperti apa. Ketika kamu mencoba untuk melakukannya, yang ada mereka nggak pernah puas dan kamu nggak bahagia. Untuk itu, jangan ragu mencoba dan berusaha mewujudkan apa yang benar-benar kamu inginkan. Menghadapi tantangan pun kamu juga bisa sambil belajar. Kalau gagal, yang berkembang juga dirimu sendiri dan nggak saling menyalahkan.

Baca Juga: Ini 7 Quotes yang Mampu Membuatmu Menghargai Diri Sendiri