Hari ini, Rabu (16/12/2020), Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menggratiskan vaksin COVID-19 bagi masyarakat Indonesia, nih, Bela. Hal ini diputuskan setelah pemerintah melakukan penghitungan ulang keuangan negara dan mendapatkan banyak masukan dari masyarakat.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang dan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,"  ungkap Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Sehingga, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyarakat Indonesia, Siapa yang Pertama?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lalu, siapa yang akan duduk di kursi penerima vaksin pertama? Jawabannya adalah Presiden Jokowi sendiri, lho! 

"Saya juga ingin tegaskan, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali," janji Jokowi dalam keterangan pers tersebut.

Jokowi mengatakan, keputusan itu diambil agar masyarakat percaya terhadap vaksin COVID-19 yang telah disediakan pemerintah.

Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyarakat Indonesia, Siapa yang Pertama?ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk anggaran vaksinasi tersebut, Jokowi memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan anggaran vaksinasi, agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin.

"Saya juga perintahkan kepada Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," jelasnya.

https://www.youtube.com/embed/poRTe55sFo4

Kira-kira, kalau diajak menjadi orang pertama bareng Presiden Jokowi, yang akan divaksin untuk menangkal COVID-19, kamu mau nggak, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul  "Jokowi: Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Gratis!" dan "Jokowi: Saya akan Jadi Orang Pertama yang Divaksinasi".

Baca Juga: Jokowi Tetapkan Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran, Ini Tanggalnya!

Baca Juga: Kim Jong-Un Eksekusi Warga Korut yang Langgar Aturan Karantina Corona

Baca Juga: 5 Artis Korea Ini Dinyatakan Positif COVID-19 Sejak Awal Desember