Saat ini dunia hiburan KPop sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak heran jika banyak agensi hiburan di Korea yang memiliki banyak grup idola dan artis solo di perusahaan mereka. Hal itu nantinya diharapkan dapat memberi masukan pendapatan yang besar bagi agensi tersebut.

Dilansir dari channel-korea.com, berikut ada daftar 10 boyband KPop yang berhasil meraih total pendapatan tertinggi. Kira-kira siapa saja ya? Yuk, simak.

1. Wanna One

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun TerakhirKpopline.com

Mungkin kalian akan menyangka jika boyband dengan pendapatan tertinggi akan dipegang oleh BTS, namun sayangnya pendapatan yang berhasil dikumpulkan oleh Wanna One lebih tinggi dari boyband asuhan Big Hit Entertainment tersebut. Wanna One mungkin akan mencetak sejarah baru sebagai satu-satunya boyband baru yang populer sebelum mereka debut.

Kepopuleran boyband yang satu ini dibuktikan dengan pendapatan yang mereka peroleh. Wanna One mampu menghasilkan 17 juta dolar AS (sekitar Rp227,4 miliar) hanya dalam waktu 2 bulan. Wanna One yang baru debut tahun lalu ini berhasil mengumpulkan ratusan miliar dolar dari iklan, album, konser, dan penjualan merchandise.

2. BTS

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirnews.jtbc.joins.com

Saat ini grup yang memulai debutnya pada tahun 2013 ini menjadi boyband KPop yang paling fenomenal. Tidak hanya mendapatkan tawaran manggung didalam negerinya sendiri, BTS juga mendapat banyak tawaran manggung di luar negeri sejak popularitas mereka meroket di Amerika.

Awalnya, Big Hit harus banyak berhutang untuk membuat debut BTS tetapi semuanya terbayar dengan meningkatnya popularitas BTS dari tahun ke tahun. BTS berhasil menyumbang 95 persen dari total pendapatan Big Hit. Penjualan merchandise mereka mencapai 10 Juta dolar AS. Konser BTS yang diadakan di Australia menghasilkan sekitar 23,7 miliar won.

3. BIGBANG

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirthekrazemagazine.com

Di tahun 2016, BIGBANG berhasil masuk dalam daftar 100 selebriti dengan bayaran tertinggi di Forbes. Majalah ekonomi AS mengungkapkan pendapatan BIGBANG mencapai USD44 juta atau sekitar Rp576 miliar per tahun. Jumlah tersebut berhasil mengalahkan Maroon 5 yang hanya menghasilkan USD33,5 juta atau Rp438,5 miliar dalam setahun.

Penghasilan tersebut juga belum termasuk yang didapatkan oleh masing-masing personilnya. Bahkan sang leader, G-Dragon memiliki pendapatan sekitar Rp10 miliar. BIG BANG mencuri perhatian publik dengan album [M] [A] [D] [E] yang total penjualan albumnya mencapai 40 triliun won.

4. EXO

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirbillboard.com

Saat debut, EXO terbagi menjadi 2 sub-unit yakni EXO K yang akan fokus pada industri musik di Korea dan EXO M yang fokus pada industri musik Tiongkok. Walaupun sempat ditinggalkan oleh beberapa personelnya, EXO masih menjadi aset besar SM Entertainment yang memperoleh lebih dari 13 juta Dolar AS dari konser, album, iklan, dan merchandise.

Dari konser mereka, EXO memperoleh lebih dari 64,5 juta dolar. Belum lagi konser dunia mereka yang diadakan di 30 negara berhadil mendapatkan 40 juta dolar. Dalam setahun, mereka menghasilkan lebih dari 10 miliar dolar.

5. 2PM

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirallkpop.com

2PM mungkin menjadi boyband tersukses yang pernah dibesut oleh JYP Entertainment. Memulai debutnya pada tahun 2008, 2PM telah menghasilkan 27,3 juta dolar dalam waktu setahun. Konser 2PM yang diadakan di Jepang berhasil menghasilkan pendapatan sebesar 1,3 juta dolar. Itu pun tidak termasuk penjualan merchandise dan penghasilan yang didapatkan para personilnya secara individu.

6. Super Junior

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhireldictamen.mx

Salah satu boyband legendaris lain dari SM Entertainment ini berhasil memperoleh pendapatan sekitar 26,4 juta dolar dalam setahun. Mulai dari Super Junior hingga sub-unit Super Junior M, mereka mendapat lebih dari 30 juta dolar dari konser, album, dan banyak lagi. Memiliki penggemar yang begitu setia, ELF selalu bersemangat ketika mendengar Super Junior akan comeback.

Mereka juga siap membantu Super Junior untuk memenangkan chart setiap minggu di acara musik. Hal itu tentunya membantu SM Entertainment untuk mengumpulkan banyak uang dari Super Junior. Tidak heran mereka menjadi aset terbesar SM Entertainments sampai sekarang.

7. Seventeen

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirallkpop.com

Memulai debutnya di tahun 2015, Seventeen berhasil menyumbang hingga 75 persen dari pendapatan untuk agensi mereka. Seventeen menjadi sumber pendapatan bagi Pledis Entertainment sebelum mereka mendebutkan girlband baru PRISTIN. Dengan konser di banyak negara, album, dan merchandise, mereka menghasilkan lebih dari 30 juta dolar dalam setahun.

8. INFINITE

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhiraminoapps.com

Kalau boyband yang satu ini menjadi sumber pendapatan bagi Wollim Entertainment. Sejak debut hingga sekarang INFINITE telah mendapatkan sekitar 10 juta dolar dari konser dan album. Sekitar 490 ribu dolar atau Rp4,9 miliar dihasilkan oleh INFINITE dari penjualan album.

Sementara itu, penghasilan dari membintangi iklan mencapai 777 ribu dolar atau sekitar Rp7,7 miliar. Sejak 2012 hingga sekarang INFINITE mengalami berkembang karier yang sangat pesat. Meskipun sekarang INFINITE tidak lagi diperkuat oleh Hoya yang telah resmi meninggalkan INFINITE.

9. TVXQ

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirkpopchart.net

Sebelum Super Junior, Yunho dan Changmin adalah aset utama bagi SM Entertainment. TVXQ masuk dalam daftar tiga grup KPop teratas yang memiliki tur konser terbesar dengan penonton terbesar.

Yang terbesar diadakan di Jepang dengan penghasilan total yang diterima 92,4 juta dolar. Konser tersebut melibatkan penonton sebanyak 850 ribu orang. TVXQ menjadi artis non-Jepang pertama yang mengadakan 5 dome tour lengkap di Jepang.

10. iKON

10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhirhallyukstar.com

Boyband ini dibentuk dari ajang survival “Who Is Next” sebagai Team B. Berada di naungan agensi yang sama dengan BIGBANG, iKON telah menghasilkan lebih dari 7,9 miliar won dalam setahun sejak debutnya di 2015.

Penghasilan terbesar mereka adalah dari konser di Jepang dengan melibatkan total 140 ribu penonton. Mereka digadang-gadang akan menjadi penerus dari BIGBANG.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "10 Boyband KPop dengan Pendapatan Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhir"

Baca Juga: Ini Faktanya Kenapa Boyband Kpop BTS Populer di Amerika dan Eropa