Siapa yang tak mengenal BTS? Boy group asal Korea Selatan ini pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi KPopers. Dengan segudang prestasi di bidang musik yang telah diraih, baik secara Nasional maupun Internasional, BTS kini menjadi salah satu Kpop boy group yang paling terkenal di dunia. 

Bahkan raupan keuntungan yang dihasilkan group yang memiliki leader Rapmoon ini kabarnya mengalahkan keuntungan SM Entertainment dan JYP Entertainment, dua agensi besar di Korea Selatan.

Namun sama seperti yang dikatakan pepatah, "berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian", bahwa kita pasti mengalami masa susah dahulu sebelum menerima kesuksesan, begitu pun dengan yang dialami para member Bangtan Boys. Banyak momen menyedihkan yang harus mereka lalui sebelum akhirnya terkenal hingga saat ini. Berikut tujuh cerita 'menyedihkan' mereka di antaranya. 

1. Tinggal di dorm yang kecil

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruK-gen.fr

Karena dulu Big Hit Entertainment adalah sebuah agensi yang kecil, bahkan mereka hanya memiliki sedikit karyawan dan harus menyewa 2 lantai gedung untuk dijadikan kantor agensi, jadi cukup sulit bagi mereka dalam menyediakan fasilitas yang bagus bagi para artisnya.

Sehingga pada awal debut, para member BTS harus rela berbagi ruang di dorm yang kecil dengan kondisi gedung yang hampir roboh. 

2. Harus menggunakan mobil manager karena Big Hit tidak dapat menyediakan transportasi

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruAminoapps.com

Jika biasanya artis lain akan difasilitasi mobil oleh agensinya untuk dipakai kepentingan promosi, tidak bagi BTS. Selain dorm, di masa awal-awal Big Hit pun tidak bisa menyediakan transportasi bagi BTS sehingga mereka terpaksa menggunakan mobil sang manager jika akan bepergian kemana-mana.

3. Mereka juga merasakan lho susahnya membuat MV dengan dana yang pas-pasan

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruInstagram.com/bts.bighitofficial

Bukan hanya memberikan bantuan kendaraan untuk para member, sang manager ternyata amat berjasa di awal karir BTS. Ia ikut berperan sebagai bagian ekstra dalam MV BTS karena boy group itu tidak memiliki cukup uang untuk pembayaran ekstra.

Selain itu, BTS juga menggunakan mobil staff dalam MV I Need U untuk meminimalisir pengeluaran dana yang berlebihan. Wah, kalau sekarang sih video-videonya sudah sangat populer dan ditonton jutaan orang, ya. 

4. Tidak pernah makan dengan perusahaan karena mereka tidak memiliki cukup uang

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruAminoapps.com

Minimnya dana ternyata tidak hanya menjadi hambatan dalam promosi dan berbagai kegiatan grup, tapi juga mempengaruhi kebutuhan makan para member BTS. Mereka tidak pernah merasakan makan bersama dengan kru perusahaan yang lain karena keuangan yang tidak memadai. Bahkan sebelum debut dulu, Suga pernah merasa senang sekali ketika diberi semangkuk nasi oleh seorang kru. 

5. Mereka biasa makan di restoran kecil dan murah

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruEgrafis.com

Menikmati makanan di restoran mewah dan mahal mungkin hanyalah sebuah mimpi bagi BTS. Dengan berbagai permasalahan finansial yang menimpa mereka, para member BTS hanya bisa makan di restoran kecil dan murah di dekat asrama mereka dulu.

6. Hampir bubar karena tidak punya cukup uang untuk terus bermusik

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruInstagram.com/bts.bighitofficial

Ternyata kesulitan yang dialami BTS ini hampir saja membuat mereka bubar di awal-awal debut karena tak kunjung menemukan jalan sukses. Banyak trainee yang juga memutuskan untuk pergi meninggalkan Big Hit karena menganggap agensi itu tidak cukup memiliki kemampuan untuk membuat para artisnya terkenal. 

Namun dengan penuh harapan, BTS sanggup bertahan dan tidak menyerah dengan kondisi hingga akhirnya nama mereka bisa menjadi sebesar saat ini.

7. Mendapat trofi kemenangan pertama setelah 2 tahun debut

Sebelum Sukses, 7 Cerita Sedih BTS ini Dijamin Bikin HaruKoreaboo.com

Tanggal 5 Mei 2015 menjadi momen bersejarah sekaligus berharga bagi BTS. Pasalnya, sejak debut pada Juni 2013 lalu dengan penuh perjuangan keras, akhirnya semua pengorbanan BTS terbayarkan saat menerima trofi kemenangan untuk yang pertama kalinya dalam acara musik SBS The Show lewat lagu I Need U dalam album mini mereka, The Most Beautiful Moment In Life, Part 1.

Sejak masa keemasan di tahun 2015, BTS terus menerus mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini. Dengan popularitasnya, kini mereka berhasil mendapatkan keuntungan besar dan sukses menyabet penghargaan Internasional. 

Dari beberapa cerita perjuangan BTS di atas, banyak pelajaran yang dapat kita petik. Pada intinya, jangan pernah menyerah dalam menggapai mimpi sesulit apapun keadaan yang dialami. Ingatlah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati perjuangan. Tetap semangat, ya! 

Baca Juga: 6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan Hidupmu