YG Entertaiment merupakan salah satu agensi terbesar di Korea, sudah banyak sekali artis solo maupun grup yang sukses dan terkenal di bawah asuhan agensi ini.

Di Korea, salah satu tolok ukur kesuksesan seorang penyanyi bisa dilihat dari predikat Perfect All Kill (PAK) yang diraihnya, pasalnya predikat PAK bisa menunjukkan popularitas sebuah grup dan juga respon bahwa lagu mereka diterima oleh publik. Tentu saja hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan bukan?

Predikat Perfect All Kill sangat tidak mudah diraih dan tidak semua grup KPop bisa mendapatkannya. Perfect All Kill sendiri merupakan suatu pencapaian yang didapat oleh penyanyi yang lagunya bukan hanya merajai chart utama musik real-time dan harian terbesar di Korea Selatan, yaitu MelOn, Mnet, Genie, Bugs, Naver dan Soribada secara bersamaan. Tetapi, lagu itu juga menempati urutan pertama pada chart real-time, daily chart dan juga weekly chart di iChart Instiz.

Namun dari sekian banyaknya artis YG Entertainment yang sukses, berikut ini adalah grup KPop YG yang berhasil meraih Perfect All Kill.

1. BIGBANG

'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Koreagdbbforever.com

Sejak iChart merombak penilaian Perfect All Kill di tahun 2010, BIGBANG merupakan boygroup KPop pertama yang mendapatkan predikat Perfect All Kill pada tahun 2012 dengan lagunya yang berjudul Blue.

Bahkan setelah 12 tahun berkarir di industri musik Korea dan tahun ini seluruh personilnya akan menjalankan tugas wajib militer, lagu-lagunya masih menjadi hits dan bertengger di chart-chart musik terbesar Korea salah satunya Flower Road.

Meski tak melakukan promosi dan membuat music video, lagu ini berhasil meraih predikat PAK. Dan hingga kini boygrup Besutan YG Entertainment ini masih menjadi grup idol KPop dengan lagu terbanyak yang meraih PAK yakni 5 lagu.

https://www.youtube.com/embed/2GRP1rkE4O0

2. EPIK HIGH

'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Koreasoompi.com

Tak ketinggalan grup hip hop alternatif yang terdiri dari Tablo, Mithra Jin dan DJ Tukutz ini juga turut ikut merajai chart chart musik terbesar Korea dengan karyanya. Terkenal sering menggabungkan berbagai gaya hip hop dengan beragam genre musik, serta kolaborasi bersama banyak musisi.

Belum sampai 24 jam sejak dirilis tepatnya pada pukul 2.30 siang waktu Korea Selatan pada 24 Oktober 2018 lalu, lewat lagunya yang berjudul Love Story bersama IU, EPIK HIGH berhasil meraih predikat Perfect All Kill pada tahun 2017 lalu.

https://www.youtube.com/embed/Z3INNjAEqHk

3. BLACKPINK

'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Koreakpopchart.net

Siapa yang tidak kenal dengan girlgroup satu ini, kini namanya tengah hits di mana-mana. Ternyata girlgroup yang terbentuk pada tahun 2018 ini merupakan salah satu idol KPop bentukan YG Entertainment juga lho.

Seperti para oppa dan oeni nya di YG, BLACKPINK juga mengikuti jejak BIGBANG dan 2NE1 yang sama-sama merajai chart musik terbesar di Korea dengan lagunya yang berjudul Whistle dan mendapatkan predikat Perfect All Kill pada tahun 2016 lalu. Hal ini menjadikan BLACKPINK sebagai girlgroup KPop pertama dengan lagu debut yang berhasil meraih predikat tersebut.

Tidak hanya sampai di situ, yang terbaru pada tahun 2018 ini, BLACKPINK kembali mendapatkan sertifikat PAK lewat single-nya yang berjudul Ddu-Du Ddu-Du. Hanya dalam 3 hari setelah tanggal perilisannya lagu ini langsung menduduki chart nomor 1 di tangga-tangga lagu musik terbesar Korea dan menjadi girlgrup dengan lagu yang mendapatkan PAK dalam waktu 92 jam berturut-turut.

https://www.youtube.com/embed/IHNzOHi8sJs

4. 2NE1

'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Koreaallkpop.com

Sama seperti BIGBANG, 2NE1 juga merupakan girlgrup pertama Korea yang berhasil mencetak rekor Perfect All Kill pada tahun 2011 dengan lagunya I am The Best dan Lonely.

Dengan cepat setelah lagu dirilis, kedua single ini berada di posisi pertama situs-situs musik terbesar di Korea seperti Genie, MelOn, Mnet, Doshirak, Soribada, Bugs dan acara-acara musik televisi Korea.

Pernah menorehkan berbagai prestasi membanggakan dan merajai chart musik Korea bahkan Billboard, sayangnya girlgroup ini harus bubar pada tahun 2016 lalu, meskipun begitu hingga kini lagu-lagu 2NE1 masih sering diputar di radio-radio dan acara musik televisi Korea lho yoerobun.

https://www.youtube.com/embed/j7_lSP8Vc3o

5. iKON

'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Koreasoompi.com

Lagu terpopuler tahun 2018, dari anak kecil hingga orang dewasa bahkan bukan pecinta KPop sekalipun jika bertanya apa lagu iKON pasti akan langsung menjawab Love Scenario. Meskipun lagu ini awalnya tidak akan dirilis karena sang CEO, Yang Hyun Suk tidak menyukainya, nyatanya setelah lagu Love Scenario ini dirilis pada 25 januari 2018 lalu.

Lagu ini berhasil memecahkan berbagai rekor, termasuk salah satunya adalah predikat Perfect All Kill pada tahun 2018. Karena lagu ini juga iKON mendapatkan berbagai penghargaan, rekor sebagai grup KPop dengan PAK terbanyak yakni selama 204 jam berturut-turut dan juga menjadi boygroup kedua yang mendapatkan PAK setelah BIGBANG.

https://www.youtube.com/embed/vecSVX1QYbQ

Idolamu yang mana nih?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "'Digital Gangster', 5 Grup Idol KPop YG yang Merajai Chart Musik Korea"

Baca Juga: 10 Drama Korea dengan Rating Terendah