Musik adalah karya seni yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan setiap orang. Sedih, senang, baper sampai bad mood, pasti akan selalu ada lagu yang pas untuk menggambarkannya.

Terlebih di zaman yang serba digital seperti sekarang, akses musik dapat dengan mudah diperoleh. Beragam lagu, artis, playlist, serta podcast yang rilis setiap harinya dan tak terhitung jumlahnya. Spotify salah satu platform yang paling banyak digunakan di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Mengacu pada data yang baru saja dirilis oleh Spotify, berikut ini daftar enam musisi Tanah Air yang berhasil meraih jumlah streaming terbanyak sepanjang tahun 2019.

1. Tulus

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019Dok. Internet

Posisi pertama tahun ini ada Tulus. Penyanyi 32 tahun ini memang dikenal dengan lagu-lagu romantisnya. Sejak awal kemunculannya di industri musik, pemilik nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini telah berhasil meraih beragam prestasi. Cerita cinta yang diramu dengan melodi dan lirik yang unik membuat setiap orang betah mendengarkan karyanya.

Meski tak mengeluarkan karya terbaru, namun Tulus masih setia nangkring di posisi pertama dengan jumlah streaming puluhan juta. Lagu kolaborasinya bersama Yovie Widianto dan Glenn Fredly yang berjudul Adu Rayu bahkan telah didengarkan lebih dari 30 juta kali dalam waktu kurang dari setahun. Pada 2018 lalu, Tulus juga berhasil memecahkan rekor Spotify Indonesia sebagai musisi pertama yang berhasil meraih satu juta pengikut, Teman Tulus makin bangga nih!

2. Fiersa Besari

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019Dok. Spotify

Nama baru yang muncul di daftar ini adalah Fiersa Besari yang karyanya rata-rata didengarkan dua juta kali sebulan. Lagunya yang berjudul Waktu Yang Salah yang berkolaborasi bersama Thantri bahkan berada di posisi kelima sebagai lagu paling banyak didengarkan pada 2019. Prestasi Fiersa ini tentu patut diapresiasi. Pencapaiannya sepanjang tahun memang berhasil menyuguhkan lagu-lagu yang menyayat hati bagi pencinta musik dalam negeri. 

3. Sheila On 7

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019instagram.com/sheilaon7

Kesetiaan Sheilagenk nggak tertandingi deh. Meski grup asal Yogyakarta ini tak mengeluarkan lagu baru, Sheila on 7 tetap konsisten menjadi yang paling banyak didengarkan di Spotify sejak 2018 lalu. Mereka dua tahun berturut-turut berhasil berada di lima besar untuk musisi Indonesia dengan jumlah streaming yang menakjubkan. 

Nggak hanya berisi lagu baru, track Sheila on 7 Top Request di Spotify juga diisi oleh lagu-lagu lawas yang tak pernah membosankan. Wah, selamat deh untuk Duta cs.

4. Andmesh

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019instagram.com/andmeshkamaleng_

Selain Fiersa Besari, ada pula nama baru lainnya, yakni musisi muda bertalenta Andmesh yang merajai streaming digital tahun ini. Lagu Cinta Luar Biasa menjadi viral dan didengarkan oleh setiap kalangan usia. Tak cuma di dalam negeri, idola KPop seperti NCT pun terpikat dengan lagu romantis Andmesh. Lagu lainnya seperti Hanya Rindu telah didengarkan lebih dari 42,5 juta kali. Angka yang sangat membanggakan untuk lagu yang bahkan belum genap setahun diluncurkan. 

5. Glenn Fredly

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019instagram.com/glennfredly309

Bersama dengan Tulus, lagu terbanyak yang didengarkan adalah dari Glenn Fredly yang berjudul Adu Rayu. Lagu itu telah didengarkan sebanyak 38,6 juta. Sepertinya pencinta musik Indonesia masih setia mendengarkan lagu-lagu cinta romantis dan baper dari musisi 44 tahun ini. Glenn juga baru saja merilis karya terbaru yang berjudul Romansa ke Masa Depan yang siap menghibur hati lara para penggemarnya. 

6. Fourtwnty

Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019Dok. Spotify

Pada 2018 lalu, Fourtwnty berada di posisi kedua yang paling banyak didengarkan. Salah satunya karena suksesnya lagu Zona Nyaman. Setahun berlalu, Fourtwnty tetap mampu mempertahankan posisi lima besar sebagai grup musik dengan nilai streaming yang sangat menjanjikan. Bukti bahwa 'nafas' musik Indie di Indonesia makin dicintai. Kamu salah satu yang setia mendengarkan musik mereka nggak nih?

Musisi-musisi di atas semakin membuktikan bahwa kualitas musik dalam negeri juga telah mendapatkan dukungan yang besar dari pendengar di Spotify. Jadi nggak sabar menanti karya-karya keren lainnya dari deretan musisi di atas. 

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Fiersa Besari & 5 Musisi Indonesia yang Rajai Aplikasi Streaming 2019"

Baca Juga: Lirik Lagu 'Hanya Rindu' Andmesh Kamaleng