Beberapa rumah memasang penangkal petir agar terhindar dari petir yang bisa membahayakan rumah. Dengan adanya alat tersebut tentu bangunan rumah akan lebih aman dari serangan petir secara langsung. Alasannya karena petir akan ke arah batang penangkal petir, sehingga menghindari sambaran petir.

Namun, dengan perkembangan teknologi sekarang tentu banyak merk yang ada sebagai alat penangkal petir. Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih yang tepat, berikut ini ada beberapa rekomendasi merk alat penangkal petir terbaik yang bisa kamu coba.

1. Penangkal Petir Thomas

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Tokopedia.com

Rekomendasi pertama ada penangkal petir merk Thomas R-125. Alat ini telah lulus uji kelayakan dan tersertifikasi di bidang industrial penangkal petir. Penangkal petir satu ini memiliki konduktor yang sangat baik, sehingga dapat mengalirkan listrik dengan tingkat risiko yang terminimalisir. Arus listrik dari petir yang menyambar kemudian disalurkan ke tanah untuk dinetralkan.

Produk satu ini merupakan buatan Indonesia dan bekerja dengan sistem ESE (Early Streamer Emission), teknologi ini sudah diakui serta digunakan di negara-negara Eropa.

Cara penggunaanya adalah pasang alat ini di bagian paling atas gedung dengan proteksi sistem kerja elektrostatis yang berfungsi melindungi area gedung dengan radius berdasarkan rumus IEEE. Ada beberapa tipe dari penangkal petir Thomas ini salah satunya R-125 yang memiliki radius 125 meter.

Harga: Rp6.765.000

2. Penangkal Petir Evo Franklin

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Antipetir.co.id

Berikutnya ada alat penangkal petir buatan lokal lainnya yaitu Evo Franklin. Produk ini sudah memiliki sertifikasi keamanan sambaran petir internasional. Sama seperti produk merk Thomas, penangkal petir Evo Franklin juga menggunakan sistem Early Streamer Emmision (ESE), sistem ini memang dirancang khusus untuk intensitas sambaran petir tinggi dan daerah tropis di negara Asia.

Desain penangkal petir produk satu ini terbilang cukup modern dan dibuat menggunakan teknologi baru. Perangkat ini juga lebih ekonomis dan praktis dalam implementasi instalasi di lapangan. Garansi produk ini cukup lama, yaitu tiga tahun. Ada beberapa tipe dari Evo Franklin yang bisa kamu pilih, salah satunya EF150 yang memiliki radius 150 meter.

Harga: Rp7.500.000

3. Penangkal Petir Gent

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Antipetir.co.id

Penangkal petir Gent merupakan unit penangkal petir lokal dari Indonesia yang diakui di Belgia dan dipatenkan di Bugnion SA dari Swiss. Sama seperti penangkal petir lainnya, sistem yang digunakan adalah Early Streamer Emission (ESE), yaitu teknologi tersebut sudah diakui dan digunakan di negara-negara Eropa.

Penangkal ini dipasang di bagian paling atas gedung dengan proteksi sistem kerja Elektrostatis yang berfungsi melindungi area gedung. Produk ini memiliki tiga tipe, yakni tipe A, B, dan C dengan garansi 2 tahun. Gent Tipe A memiliki radius proteksi 150 meter.

Harga: Rp5.200.000

4. Penangkal Petir Viking Early Streamer Emission Lightning Conductor

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Bukalapak.com

Selanjutnya ada penangkal petir Viking ESE Lightning Conductor, sesuai namanya sistem kerja penangkal petir ini hampir sama dengan alat penangkal lainnya. Lebih jelasnya lagi, sistem ESE merupakan sistem proteksi petir yang dibangun oleh komponen sensor impuls elektrik, pengumpul energi listrik, batang penangkal petir, terminal pembangkit ion, dan pembangkat ion elektronik.

Ada beberapa tipe dari penangkal petir merk Viking ini salah satunya V3 yang memiliki radius 110 meter.

Harga: Rp18.797.000

5. Penangkal Petir Splitzen

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Antipetir.co.id

Penangkal petir satu ini unik karena memailiki dua jenis bentuk yaitu tombak dan trisula. Meskipun bentuk tersebut pada kenyataannya tak terlalu mempengaruhi performa yang diberikan. Penangkal petir buatan lokal ini tersedia dalam berbagai bahan, seperti lapis tembaga maupun full tembaga.

Bisa dibilang penangkal petir Splitzen sangat ekonomis karena harganya bisa kamu dapatkan mulai dari di bawah Rp100 ribuan.

Harga: full tembaga berukuran ⅝ x 60 cm Rp325.000
tombak berlapis tembaga berukuran tipe 3/4 x 30 cm Rp60.000

6. Penangkal Petir Flash Vectron

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Tokopedia.com

Produk penangkal petir berikutnya adalah merk Flash Vectron, penangkal petir ini memiliki sistem kerja ESE yang memang dirancang untuk daerah tropis. Flash Vectron dirancang oleh ilmuwan asal Indonesia, serta arsitek asal Jerman.

Beberapa keunggulan dari produk ini, yakni menangkap petir dan menyalurkan arus petir, menampung petir, memproteksi grounding system, serta memiliki proteksi pada jalur daya listrik, jalur PABX dan jalur elektronik.

Bahan yang digunakan juga sesuai dengan standar SNI dan IEC. Produk satu ini bebas perawatan, lebih praktis dan memang dirancang agar mempermudah saat pemasangan. Untuk tipe FV6 R.150 memiliki radius hingga 150 meter.

Harga: Rp5.950.000

7. Penangkal Petir Erico Eritech Dynasphere 3000

7 Rekomendasi Alat Penangkal Petir dan Harganya, Wajib Punya, Nih!Lightningman.com.au

Merk selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Erico Eritech Dynasphere 3000. Alat penangkal petir satu ini merupakan produk yang diproduksi di Amerika Serikat. Penangkal petir Erico Eritech Dynasphere 3000 sudah memiliki standar keamanan sambaran petir Internasional. Sangat cocok digunakan untuk unit bangunan dan alat elektronik. 

Harga: Rp18.850.000

Itulah rekomendasi merek alat penangkal petir yang bisa kamu beli beserta harganya untuk memproteksi rumah dari ancaman petir. Semoga informasi ini membantumu, ya, Bela.

Baca Juga: Wajib Mematikan Perangkat Elektronik Ketika Hujan Petir, Benarkah?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jajaran Smart TV yang Rilis di Tahun 2022

Baca Juga: Review: Ubah TV LED Biasa Jadi Smart TV dengan realme Smart TV Stick