Google kini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern dalam menggunakan internet. Selain untuk mencari sesuatu, Google juga dimanfaatkan untuk mencari apapun yang nggak kita pahami. Seolah Google mengetahui apa saja yang kita butuhkan.

Mulai dari rekomendasi makanan, penginapan, informasi terbaru, gosip artis, bahkan hingga gejala suatu penyakit kita terbiasa untuk mencarinya terlebih dulu di Google sebelum mengunjungi dokter.

Memang, Google merupakan tempat yang tahu segala hal. Tapi, bukan berarti setiap hal kecil harus kamu cari dan ketahui lewat Google lho. Soalnya, selain akan membuatmu khawatir, kamu juga akan merasa terganggu jika selalu mencari tahu lewat Google, bisa jadi sumber yang kamu baca belum tentu benar lho. Seperti tujuh hal berikut ini yang sebaiknya nggak kamu cari tahu lewat Google. Apa saja?

1. Sesuatu yang tidak ingin kamu lihat sebagai iklan

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling' unsplash.com/Benjamin Dada

Biasanya iklan yang muncul di media sosial kita atau situs yang sedang kita buka berdasarkan apa yang pernah kita cari di mesin pencari Google. Sekali kamu pernah mencarinya di Google, maka hal tersebut akan muncul terus dan berulang sebagai iklan. Kalau kamu nggak mau melihat apa yang kamu googling itu sebagai iklan, kamu bisa menggunakan fitur penyamaran di browser-mu.

2. Sesuatu yang akan membuatmu malu

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Arthur Osipyan
Sama seperti iklan, sekali kamu mencari sesuatu hal di mesin pencari Google, maka hal tersebut akan tersimpan sebagai riwayat dan muncul sebagai rekomendasi jika kamu mengetikkan hal serupa. Bahkan tanpa kamu ketik, biasanya rekomendasi riwayat pencarian terakhir akan muncul di halaman pencari. Jangan sampai kamu googling yang aneh-aneh ya kalau nggak ingin ketahuan orang lain dan membuatmu malu.

3. Kondisi kulit

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Chris Slupski

Jika ada suatu hal aneh terjadi pada kulitmu, ada baiknya kamu bertanya kepada orang yang lebih mengerti, seperti dokter, sebelum mencarinya di mesin pencari. Pasalnya, hasil yang kamu dapatkan jika kamu mencari dengan kata kunci kondisi kulit bermasalah, bukannya solusi yang akan kamu dapatkan. Melainkan kamu akan menemukan hal-hal lain yang bisa membuatmu merinding atau khawatir yang berlebihan.

4. Cacing

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Rosie Kerr

Jika dilihat secara biasa, hewan yang satu ini nggak akan terlalu menjijikan. Namun, jika kamu mencarinya di mesin pencari Google, siap-siap merinding karena kamu akan disuguhkan sisi lain dari ulat. Jika kamu memang sangat butuh informasi dari Google tentang cacing, ada baiknya kamu berhati-hati dan gunakanlah kata kunci yang lengkap dan spesifik.

5. Keselamatan penggunaan suatu produk

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Elijah O'Donell

Jangan pernah mencari informasi tentang keselamatan penggunaan suatu produk, terutama obat-obatan dan bahan kimia. Meski beberapa informasinya bisa kita jadikan rujukan, namun nggak sedikit juga informasi tersebut kurang tepercaya dan justru menyesatkan. Kamu bisa mengetahui info lebih lengkap suatu produk pada label atau buku manualnya dibandingkan harus mencarinya di Google.

6. Gejala penyakit

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Adrien

Kadang, ketika kita mengalami suatu penyakit atau baru hanya timbul gejalanya, dengan segera kita googling di mesin pencari untuk mencari tahu informasi awal tentang penyakit tersebut. Untuk penyakit dengan kategori yang ringan, kemungkinan besar Google masih akan memberikan informasi yang sesuai dengan yang kita butuhkan. Namun, jika sudah mengarah ke hal yang buruk, seperti penyakit berat sebaiknya jangan coba cari lewat Google. Selain nggak akurat, informasi dari Google bisa saja membuatmu menjadi khawatir yang berlebihan.

7. Hal favoritmu penyebab kanker

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Ketika 'Googling'unsplash.com/Edho Pratama

Kanker memang penyakit yang menakutkan, dan bisa saja hal terdekat dan favoritmu yang jadi penyebabnya. Untuk menghindari hal yang nggak diinginkan sebaiknya kamu nggak usah mencari hal itu lewat Google. Bukannya informasi, kamu malah akan kepikiran terus menerus dan khawatir berlebihan.

BACA JUGA: 5 Foto Misterius yang Berhasil Tertangkap Oleh Google Earth