Setelah rumah bergaya Skandinavian, boho, dan rustic, saat ini muncul tren baru yang menjadi favorit untuk mendekorasi rumah. Gaya Japandi namanya. Bagi yang belum tahu, Japandi merupakan gaya dekorasi yang merupakan perpaduan dari dua gaya rumah, yaitu Jepang dan Skandinavia. Sehingga rumah ini memiliki konsep space-saving, yaitu gaya rumah yang memiliki efisiensi dalam upaya memaksimalkan fungsi ruang.

Selain dari segi efisiensi, gaya Japandi juga memiliki nilai estetis yang tinggi dan bisa dinikmati tanpa mengenal waktu atau everlasting. Oleh karena itu, gaya dekorasi sering dipakai agar suasana rumah menjadi tidak membosankan. 

Ingin mengubah gaya rumah menjadi Japandi, Bela? Coba cek beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

1. Memilih furnitur minimalis, namun fungsional

Lagi Trend, ini 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Gaya JapandiBeddodesignconcept.com

Cara pertama untuk mendekorasi dengan gaya Japandi adalah memilih furnitur minimalis, namun fungsional. Hal ini dimaksudkan agar space-saving tercipta. Bukan berarti kamu harus mengurangi barang-barang yang kamu akan pakai. Melainkan, memilih furnitur yang lebih sesuai dengan fungsi dan memiliki bentuk minimalis.

Sekarang sudah banyak furnitur yang memiliki fungsi beragam hanya dengan satu alat saja, kamu bisa manfaatkan alat tersebut untuk meminimalisir penggunaan furnitur yang berlebihan. Kamu juga harus menatanya dengan baik agar tercipta ruang yang nyaman dan sesuai dengan gaya Japandi.

2. Menerapkan warna dengan nuansa earth tone

Lagi Trend, ini 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Gaya JapandiSpotool.com

Gaya rumah satu ini biasanya memiliki warna cat dominan putih. Selain itu, dipadukan dengan pemilihan furnitur berwarna light wood. Hal ini akan menciptakan rumah yang memiliki nuansa earth tone dan membuat rumah terkesan alami.

Untuk furnitur kamu juga bisa menggunakan warna-warna natural, seperti putih dan cokelat dengan dipadukan warna soft, seperti pastel pada sofa atau lukisan pada dinding.

3. Menggunakan material yang natural

Lagi Trend, ini 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Gaya JapandiUnsplash.com/Collov Home Design

Berikutnya, kamu bisa juga membuat rumah dengan gaya Japandi makin kental dengan menggunakan material dari bahan natural. Kamu bisa menggunakan bahan kayu untuk furnitur, kain linen dan katun yang organik juga bisa kamu terapkan untuk beragam benda yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beragam olahan tanah liat untuk menambahkan kesan gaya Japandi pada rumah kamu. Lebih jelasnya lagi, gaya Japandi menekankan pada konsep eco-friendly, sehingga gaya dari rumah ini tak lekang oleh waktu.

4. Menghidupkan ruangan dengan tanaman

Lagi Trend, ini 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Gaya JapandiUnsplash.com/Patrick Perkins

Bagian yang tak kalah penting dari gaya rumah ini adalah keberadaan tanaman pada ruangan rumah kamu. Kamu bisa memiliki beragam tanaman seperti monstera, lucky bamboo, mini bonsai, lidah mertua, dan palem.

Jika kamu tahu seni ikebana asal Jepang, kamu juga bisa terapkan hal ini agar bisa mengombinasikan beberapa tanaman yang terdiri dari bunga-bungaan, rumput-rumputan dan tanaman dengan daun yang lebar. Seni ikebana ini tentu sejalan dengan konsep gaya Japandi yang minimalis.

5. Membiarkan ruangan menjadi lebih terbuka

Lagi Trend, ini 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Gaya JapandiRoohome.com

Beralih ke arsitektur rumah, gaya Japandi juga memiliki ciri khas yaitu ruangan terbuka. Karakter yang ingin dibangun adalah memberikan rasa dan kehidupan di luar ruangan.

Agar tercipta kesan seperti ini, kamu bisa menggunakan model pintu yang lebar dan jendela kaca yang menyeluruh. Hal ini membuat ruangan akan tampak luas dan lebih terbuka.

Itulah lima cara yang bisa kamu terapa untuk mendekorasi rumah kamu menjadi gaya Japandi. Semoga bermanfaat, ya, Bela.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Ini Kelewat Unik, Menghuninya Terasa Jadi Impian Saja

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Minimalis yang Menawan

Baca Juga: Segar dan Hangat, Inspirasi Desain Rumah Minimalis Berwarna Kuning