Awal tahun 2020 lalu, atau tepatnya saat semua orang menjalani karantina di rumah akibat pandemi, tren tanaman hias menjadi begitu booming. Semua orang memilih menyibukkan diri dengan membeli dan merawat tanaman hias sebagai pengisi waktu luang mereka.

Sampai saat ini, tanaman-tanaman tersebut tentu masih ada di sudut-sudut halaman rumah. Meski intensitas keluar rumah sudah menjadi begitu sering, tak ada salahnya untuk tetap memperhatikan kesuburan tanaman hias tersebut, bukan?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk merawat tanaman hias adalah dengan memperhatikan kesehatan, serta nutrisinya. Tidak perlu keluar biaya mahal, kita dapat memanfaatkan kulit pisang untuk kesuburan tanaman hias. Jadi, apa saja manfaat kulit pisang untuk tanaman? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mencegah penyakit

Jangan Langsung Dibuang, ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman HiasUnsplash.com/Anastasia Eremina

Tahukah kamu, jika kulit pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi? Yakni, sebanyak 42% dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kalium ternyata bermanfaat untuk memperkuat batang tanaman, sehingga tidak mudah patah, serta melawan penyakit.

Kamu bisa memanfaatkan kulit pisang dengan cara letakan di dalam pot dekat tanaman atau mencampurnya dengan kompos. Dengan adanya kulit pisang ini, tanaman dapat tumbuh dengan subur, mampu melawan penyakit, serta mencegah munculnya beberapa jenis hama yang merusak tanaman.

2. Menyuburkan tanaman

Jangan Langsung Dibuang, ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman HiasUnsplash.com/Louis Hansel

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kalium pada kulit pisang bukan hanya mampu melawan penyakit, tapi juga membuat bunga dan buah pada tanaman tumbuh lebih subur. Selain itu, kandungan protein dalam kulit pisang juga sangat berguna bagi tanaman. Tak heran, jika tanaman yang tercukupi kebutuhan proteinnya akan berbunga lebih lebat dan rasa buahnya lebih lezat.

3. Tanaman tidak cepat layu

Jangan Langsung Dibuang, ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman HiasUnsplash.com/Julia Kuzenkov

Bukan hanya pada buahnya, kulit pisang juga mengandung potasium. Kandungan ini dapat membantu tanaman tidak cepat layu dan tahan dari kekeringan. Saat musim kemarau tiba, campurkan kulit pisang pada pupuk atau membuatnya menjadi pupuk cair. Dengan menggunakan campuran ini, maka tanaman kamu akan terjaga kelembapannya dan tidak mudah layu.

4. Membantu akar mempercepat penyerapan nutrisi

Jangan Langsung Dibuang, ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman HiasUnsplash.com/Harshad Khandare

Tanaman akan tumbuh dengan baik apabila akarnya dapat menyerap nutrisi dari tanah secara optimal. Kulit pisang ternyata bermanfaat pula untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi pada akar. Ketika dijadikan pupuk cair atau sebagai campuran kompos, kulit pisang mampu meresap ke dalam akar tanaman dengan cepat. Sehingga, akar menjadi lebih sehat dan mampu menyerap nutrisi secara maksimal dari tanah.

5. Membuat tanaman berbunga lebih cepat

Jangan Langsung Dibuang, ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman HiasUnsplash.com/Claudio Schwarz

Saat terurai pada tanah atau kompos, kulit pisang ternyata memiliki beberapa kandungan lainnya yang sangat bermanfaat untuk tanaman. Nutrisi tersebut adalah nitrogen, fosfor, dan magnesium. Ketiga kandungan tersebut dibutuhkan oleh tanaman dan dapat membuat tanaman tumbuh subur, serta berbunga lebih cepat.

Itulah tadi manfaat kulit pisang untuk tanaman hiasmu. Jadi, saat makan pisang besok, kulitnya jangan langsung dibuang, ya. Sebab, tanamanmu membutuhkannya.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumah

Baca Juga: Waspada! 6 Jenis Penyakit yang Paling Sering Menyerang Tanaman 

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Hama yang Merusak Tanaman Cabai dan Cara Membasminya