Sebagai umat Islam, bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan. Bahkan, Allah SWT telah menuliskan hukum bersholawat ini dalam Alquran.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

Sholawat dapat kita lakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, akan lebih baik jika kita bersalawat selepas salat. Bacaan sholawat yang dapat kamu baca pun beragam. Salah satu yang dapat kamu amalkan adalah Salawat Nariyah.

Bagaimana bacaan Sholawat Nariyah dan apa saja keutamaannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Bacaan Sholawat Nariyah lengkap dengan artinya

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaCanva.com, edited by Romi Subhan

Simak bacaan Sholawat Nariyah lengkap dengan tulisan latin dan artinya berikut ini.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka."

Artinya: "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Sholawat Nariyah

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaCanva.com, edited by Romi Subhan

Rutin membaca Sholawat Nariyah bukan hanya mendatangkan pahala dan berkah dari Allah SWT. Namun, dapat mendatangkan keutamaan-keutamaan lainnya yang membuat hidup kita menjadi lebih tenang.

Apa saja keutamaan Sholawat Nariyah? Simak berikut ini.

1. Menghilangkan kesedihan dan meringankan masalah

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaPexels.com/Pixabay

Jika kamu sedang mengalami banyak masalah atau sedang ditimpa bermacam hal yang membuatmu sedih, Sholawat Nariyah dapat kamu baca sebagai penawarnya. Salah satu keutamaan Sholawat Nariyah yang dapat kamu rasakan adalah dapat menghilangkan kesedihan dan meringankan masalah yang sedang kamu hadapi.

Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya sebagai berikut.

Artinya: “Siapa membaca salawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca salawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menjabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah salawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."

2. Pembuka rezeki yang tiada terputus

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaPexels.com/Cottonbro

Mungkin jika kita membaca kembali Sholawat Nariyah di atas, kita akan merasa tidak asing lagi. Sebab, sholawat ini memang sering dibaca dan diperdengarkan di masjid menjelang waktu salat tiba.

Semakin sering kita membacanya, maka Allah SWT akan mengangkat derajat kita dan membuka pintu rezeki yang tiada terputus. Maka dari itu, jika sedang tidak melakukan apapun, alangkah baiknya kita melakukan kegiatan bermanfaat, seperti membaca sholawat ini.

3. Mempermudah segala urusan

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaPexels.com/Mikhail Nilov

Saat hidup di dunia, setiap manusia pasti memiliki urusannya masing-masing. Tak jarang, dari urusan inilah timbul masalah yang cukup pelik karena kesulitan untuk menyelesaikannya. Maka dari itu, salah satu keutamaan dari Salawat Nariyah adalah Allah SWT akan membantu dan mempermudah segala urusan yang sedang kita hadapi.

4. Sebagai doa agar dikabulkannya hajat

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaPexels.com/Selin Cetin

Keutamaan selanjutnya dari membaca Sholawat Nariyah adalah dikabulkannya hajat atau keinginan yang selama ini kita harapkan. Keutamaan ini sesuai dalam hadis berikut.

سمعَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ رجلًا يَدعو في صلاتِهِ لم يُمجِّدِ اللَّهَ تعالى ولم يُصلِّ علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ عجِلَ هذا ثمَّ دعاهُ فقالَ لَهُ أو لغيرِهِ إذا صلَّى أحدُكُم فليَبدَأ بتَمجيدِ ربِّهِ جلَّ وعزَّ والثَّناءِ علَيهِ ثمَّ يصلِّي علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ثمَّ يَدعو بَعدُ بما شاءَ

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

5. Dilindungi dari penyakit dan marabahaya

Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & KeutamaannyaPexels.com/Daniel Reche

Keutamaan selanjutnya dari membaca Sholawat Nariyah adalah kita akan dilindungi dari segala penyakit dan marabahaya oleh Allah SWT. Dengan rutin bersalawat, kita meminta berkah kepada Allah SWT bukan hanya dalam bentuk materi atau pahala, tapi juga lindungan-Nya agar selalu selamat di dunia dan akhirat.

Itulah tadi bacaan Sholawat Nariyah lengkap arti dan keutamaannya. Semoga kita bisa menjadi hamba Allah SWT yang rutin bersalawat.

Baca Juga: Bikin Pahala Mengalir, Ini 5 Bacaan Salawat Nabi dan Artinya

Baca Juga: Lirik "Allahul Kahfi", Selawat Pelancar Rezeki yang Viral di TikTok

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama Islam