Bulan Ramadan menjadi bulan yang selalu dinanti oleh umat Islam. Sebab, di bulan ini, setiap ibadah yang kita lakukan mendapat pahala berkali-lipat dibandingkan dengan bulan lainnya. Oleh karena itu, sungguh merugi bagi mereka yang tidak memanfaatkan bulan Ramadan untuk melakukan ibadah secara rutin.

Ibadah di bulan Ramadan yang tidak boleh dilewatkan dan menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam adalah ibadah puasa. Berpuasa sebulan penuh membutuhkan fisik dan mental yang cukup kuat agar dapat menjalaninya dengan baik.

Salah satunya agar kita dapat menjalani ibadah puasa seharian dengan lancar adalah niat yang kita baca saat malam hari atau di kala makan sahur. Bagaimana bacaan niat puasa Ramadhan beserta doa saat sahur ini? Simak artikel berikut.

Bacaan niat puasa Ramadan

Siap Menjalani Ibadah, Ini Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Doa SahurUnsplash.com/Sweet Dates Clay Plate Stone

Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita diwajibkan untuk membaca niat dalam hati. Niat puasa Ramadan ini dapat kita baca di malam hari atau saat sebelum menyantap sahur. Ada pun bacaan niat puasa Ramadan adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Bacaan doa sahur

Siap Menjalani Ibadah, Ini Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Doa SahurUnsplash.com/Mona Mok

Rasulullah SAW selalu mengakhiri makan sahurnya dengan tiga butir kurma dan berdoa. Karena kebiasaan inilah, kita dianjurkan untuk berdoa setelah sahur sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT. Doa sahur yang dibaca adalah sebagai berikut.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

"Yarhamullâhul mutasahhirîn."

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Itulah tadi bacaan niat puasa Ramadan dan doa sahur yang dianjurkan untuk dibaca saat menjalankan sahur sebelum memulai puasa. Semoga kita bisa selalu konsisten untuk membacanya.

Baca Juga: Dianjurkan Rasul, Ini Bacaan Zikir dan Niat Salat Sunnah Sebelum Subuh

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa dan Berbuka di Bulan Ramadan

Baca Juga: Dapat Mengabulkan Permintaan, Ini Keutamaan dan Niat Puasa Rajab