Doa qunut adalah amalan sunnah yang dibaca di rakaat terakhir setiap salat fardhu. Namun, karena perbedaan pandangan dari berbagai ulama, membaca doa qunut setelah salat fardhu masih menjadi perdebatan. Oleh karena itu, umumnya, doa qunut biasanya dibaca pada salat subuh atau salat witir di 15 malam terakhir di bulan Ramadan

Doa qunut subuh, biasanya dibaca saat melakukan salat secara berjamaah. Biasanya imam akan mengeraskan suara dan membaca doa qunut subuh yang diaminin oleh makmum. Doa qunut subuh dibaca di rakaat terakhir, di antara rukuk dan sujud. 

Bagaimana bacaan doa qunut subuh lengkap latin, arab dan terjemahan yang bisa kita baca? Simak yuk berikut ini.

Doa Qunut Subuh

Sempurnakan Salat, Ini Bacaan Doa Qunut Subuh dan ArtinyaFreepik.com/rawpixel.com

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka, sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka, sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Itulah tadi bacaan doa qunut subuh dan artinya yang dapat kita baca saat salat subuh. Semoga Allah SWT bisa memberikan keberkahan bagi kita yang rajib beribadah.

Baca Juga: Dibaca di 15 Malam Terakhir Ramadan, Ini Bacaan Qunut Witir & Artinya

Baca Juga: Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat Ramadan

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Iftitah sebelum Tarawih