Apakah di sekitarmu terdapat banyak kucing liar, Bela? Atau liar karena sulit diatur? Jika iya, dan kamu ingin mengadopsinya sebagai hewan peliharaan yang lebih jinak, maka kamu wajib membaca artikel berikut ini.

Kucing liar yang dimaksud di sini bukan hanya kucing liar secara tempat, melainkan pula sifatnya yang liar. Tentu kamu tidak ingin kucing yang kamu pelihara memiliki sifat liar. Mereka pasti akan sulit diatur untuk makan dan beragam kegiatan lainnya. Bukan menjadi healing bagi kamu yang ingin punya hewan peliharaan, malah jadi bumerang karena sulit merawatnya.

Nah, daripada kamu makin pusing, di sini Popbela ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjinakkan kucing liar, dijamin kucing kamu akan jadi manja dan penurut. Apa saja tipsnya?

1. Berikan waktu untuk kucing beradaptasi

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan PenurutUnsplash.com/Aqqib Maula

Layaknya manusia, kucing juga butuh waktu untuk adaptasi di tempat baru. Berikan dia tempat yang sunyi dan tenang agar kucing kamu merasa nyaman berada di rumahmu. Jangan kamu langsung ajak main karena itu bisa membuat kucing kamu stres.

Kamu bisa memberikan waktu kurang lebih satu minggu penuh agar kucing kamu terbiasa dengan lingkungan barunya. Biarkan mereka berkeliaran dan melihat-melihat ruangan yang ada agar mereka bisa beradaptasi.

2. Biarkan kucing yang mendekati terlebih dahulu

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan PenurutUnsplash.com/Gema Saputera

Kamu tentunya akan berinteraksi dengan kucing kamu. Hal ini sangat baik agar dia familiar dengan bau tubuh kamu. Saat hal itu terjadi kucing juga akan mulai membangun rasa nyaman dan kepercayaan dengan kamu.

Jika dia sudah mulai merasa nyaman, pastinya dia akan mendekatimu secara perlahan. Biarkan dia yang mendekati kamu terlebih dahulu, jangan sebaliknya karena bisa saja dia menjadi kurang nyaman.

Kamu boleh menggendong kucingmu setelah mereka merangkak ke pangkuan kamu. Sehingga, dia tidak merasa bahwa perbuatan tersebut bukanlah keterpaksaan. Kamu juga bisa mulai mengelus kucing kamu saat dia mendekati kamu.

3. Pastikan rumahmu tidak berisik

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan PenurutUnsplash.com/Gema Saputera

Bukan hanya manusia, kucing juga tidak suka akan keadaan rumah yang berisik. Ini bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk menjinakkan kucing liar di rumah. Suara berisik yang ditimbulkan membuat kucing teringat akan kehidupan di jalan yang penuh marabahaya. Ini mengakibatkan kucing akan menjadi lebih galak dan defensif.

Jadi, sebaiknya hindari kegaduhan di rumah saat membawa kucing kamu pulang, ya.

4. Pererat hubungan dengan elusan

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan PenurutUnsplash.com/Nuri Hasanah

Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah kamu lakukan, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya, ya. Setelah berhasil melakukan hal tersebut kemungkinan besar kucing kamu sudah mengakui kamu sebagai teman.

Dia akan melakukan beragam hal kepadamu seperti mengendus tangan atau berperilaku manja seperti menyenderkan atau mengeluskan kepala mereka ke kakimu. Kamu bisa membalasnya dengan cara mengelus kepalanya atau memberi pelukan.

Kamu juga bisa mengetahui dari dengkurannya, hal ini menunjukkan bahwa dia sudah nyaman dengan kamu. Kamu bisa memberikan cemilan agar kucingmu makin nyaman.

5. Melatih kucing dengan rutin

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan PenurutUnsplash.com/Esmonde Yong

Kamu tentu tidak mau kucing tersebut nyaman tapi seenaknya. Kamu harus melatih kucingmu agar tidak merepotkan ketika diurus. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan litter box (tempat buang air), serta kamu juga harus mengatur jam makan. Hal ini dilakukan agar kucing buang air di tempatnya dan makan secara teratur dan tidak akan meminta makan selain jam makan.

Untuk membiasakan kucing menggunakan litter box, tentu kamu sudah tahu jika mereka akan buang air (biasanya menggaruk-garuk suatu tempat atau pasir). Kamu bisa memindahkan mereka ke litter box agar mereka tahu bahwa itu tempat mereka buang air.

Jam makan harus dibiasakan, seperti sudah disebutkan sebelumnya, agar kucing kamu tidak meminta makan di luar jam makan. Bisa kamu berikan siang dan malam dengan beberapa jatah snack juga bisa kamu berikan.

Itulah cara menjinakkan kucing liar agar menjadi manja dan penurut. Semoga berhasil ya, Bela.

Baca Juga: Sadarkah Kamu? Ini 5 Tanda Kucing Membencimu!

Baca Juga: 5 Ciri Kucing Hamil Selain Perut Buncit dan Cara Merawatnya

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Siap Mengadopsinya?