Jika kamu tertarik untuk menghasilkan uang tetapi tidak ingin mengambil pekerjaan kedua, kamu harus mempertimbangkan untuk menghasilkan pendapatan pasif. Ini pada dasarnya adalah uang yang kamu hasilkan secara konsisten tanpa melakukan banyak atau bahkan apa pun sama sekali. 

Tentu saja, kamu harus melakukan banyak pekerjaan di awal, tetapi begitu kamu mengatur aliran pendapatan pasif, kamu bisa duduk dan menikmati hasil kerja kamu tanpa mengangkat jari. Berikut ini beberapa ide yang bisa kamu terapkan.

1. Menulis Buku

5 Cara Hasilkan Uang di Tengah Waktu SenggangmuDok. Internet

Menulis buku berarti kamu bisa mendapatkan uang dari penjualan begitu kamu menerbitkannya. Kamu bisa menentukan pilihan apakah bukumu akan dibuat dalam format e-book dan menerbitkan sendiri atau mencoba menemukan penerbitan yang bisa menerbitkan bukumu secara profesional. Sulit memang untuk memulai, tapi satu kali bukumu terjual, maka royaltimu akan terus mengalir.

2. Membuat Aplikasi

5 Cara Hasilkan Uang di Tengah Waktu SenggangmuDok. Internet

Cara selanjutnya adalah membuat aplikasi untuk ponsel pintar dan dapatkan uang setiap kali seseorang mengunduhnya. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan menjadi viral dan seberapa cepat kamu bisa menghasilkan uang jika aplikasi kamu terkenal.

3. Membuat Blog

5 Cara Hasilkan Uang di Tengah Waktu SenggangmuDok. Internet

Luangkan waktu untuk membangun situs di bidang yang kamu sukai. Berfokuslah pada topik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman yang kamu tahu orang lain pasti akan mencarinya. Pasang dan izinkan iklan di situs kamu. Setelah kamu memiliki beberapa konten bagus di situs kamu, kamu dapat berhenti menulis dan menghasilkan uang dari konten lama yang kamu buat dan iklan yang muncul di blog.

4. Menulis Artikel Online

5 Cara Hasilkan Uang di Tengah Waktu SenggangmuDok. Internet

Kamu dapat menghasilkan uang jika kamu disetujui untuk menjadi penulis di perusahaan yang menyediakan wadah menulis. Lalu karyamu akan dibayar sesuai perjanjian yang tertera. 

5. Buat video YouTube

5 Cara Hasilkan Uang di Tengah Waktu SenggangmuDok. Pribadi

Rekam video untuk YouTube, dan jika video kamu menjadi populer, kamu dapat menjalankan iklan untuk menghasilkan uang. Jumlah yang kamu peroleh berbeda-beda tergantung penonton yang menyaksikan videomu. Lihat saja Atta Halilintar dan Ria Ricis, mereka bisa menjadi seperti saat ini hanya dengan konsisten membuat video di YouTube. Tertarik juga?

Bagaimana, kamu sudah tahu kan bagaimana cara memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan uang? Isilah waktu luang dengan hal berguna dan menguntungkan bagi hidupmu ya, Bela.

Baca Juga: Wow, 7 Aplikasi Android Ini Bisa Jadi Ladang Uang Lho!