Mungkin kamu sudah nggak asing dengan istilah tabulampot alias tanaman buah dalam pot. Sesuai namanya, tabulampot merupakan suatu metode menanam tanaman buah di dalam pot, biasanya banyak diterapkan di lahan sempit.

Penasaran tentang tabulampot? Yuk, simak beberapa fakta berikut!

1. Cocok buat kamu yang punya pekarangan sempit

Cocok Dicoba, Ini 5 Fakta Tabulampot yang Harus Kamu Cobabalconygardenweb.com

Tabulampot bisa dilakukan siapa saja, termasuk buat kamu yang nggak punya lahan luas untuk bercocok tanam, terutama warga yang tinggal di perkotaan. Kamu pun nggak perlu khawatir tanaman akan merusak pagar atau bangunan di sekitarnya karena tanaman buah hanya tumbuh di dalam pot.

Nggak cuma membutuhkan lahan yang sedikit, tabulampot juga bisa dipindah-pindah dengan mudah. Kamu bisa memindahkan pot sesuka hati tanpa harus khawatir merusak tanaman. Tapi ingat, letakkan tabulampot di tempat dengan paparan cahaya matahari cukup, ya!

2. Belum tentu semua tanaman buah bisa tumbuh optimal

Cocok Dicoba, Ini 5 Fakta Tabulampot yang Harus Kamu Cobadiymorning.com

Nggak sedikit jenis tanaman buah yang bisa kamu tanam sebagai tabulampot. Kamu bisa menanam jenis tanaman semusim seperti semangka, melon, dan stroberi, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa memilih jenis tanaman tahunan, seperti mangga, kelengkeng, rambutan, apel, jeruk, jambu air, jambu biji, buah naga, sawo, belimbing, kedondong, alpukat, dan lain-lain.

Meskipun semua jenis tanaman buah sebenarnya bisa kamu tanam dengan metode tabulampot, tapi nggak semuanya bisa tumbuh dan berbuah secara optimal, lho. Ini karena setiap jenis tanaman punya karakteristik yang berbeda. Beberapa jenis tanaman, seperti durian, sulit berbuah jika ditabulampotkan karena kurang cocok tumbuh di tempat sempit.

Ketika memilih tanaman untuk tabulampot, beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah luas pekaranganmu dan karakteristik tanaman yang kamu pilih. Kalau kamu ingin menanam jenis tanaman yang berdahan besar seperti durian, mangga, atau alpukat, kamu tentu butuh pekarangan lebih luas.

3. Selain menghasilkan buah, tabulampot juga bisa dipakai sebagai penghias rumah

Cocok Dicoba, Ini 5 Fakta Tabulampot yang Harus Kamu Cobabetterhousekeeper.com

Selain dapat dinikmati buahnya, tabulampot juga bisa berfungsi sebagai hiasan di pekarangan rumahmu, lho! Adanya tabulampot yang berbuah lebat di rumah bisa menambah nilai estetika rumah. Kamu pun tentu akan merasa senang, bukan? Nggak cuma itu, tabulampot juga bisa berfungsi sebagai penangkal debu atau pelindung dari sinar matahari secara langsung.

4. Tanaman tabulampot bisa cepat berbuah, namun nggak selebat yang ditanam di tanah

Cocok Dicoba, Ini 5 Fakta Tabulampot yang Harus Kamu Cobagardenersworld.com

Tanaman buah yang ditanam dengan metode tabulampot umumnya akan cepat berbuah. Secara umum, tanaman memiliki fase vegetatif dan generatif dalam hidupnya. Fase vegetatif meliputi pertumbuhan daun, batang, dan akar, sedangkan fase generatif meliputi pembungaan dan pembuahan. Kalau kamu menanam tanaman buah dalam pot, fase pertumbuhan vegetatif bisa lebih pendek dan merangsang fase pertumbuhan generatifnya.

Meski cepat berbuah, sayangnya buah tabulampot umumnya nggak selebat pohon yang ditanam di tanah. Ini karena ukuran tanaman buah di tabulampot nggak sebesar tanaman yang ditumbuhkan di tanah. Tanaman tabulampot biasanya dipangkas (pruning) sehingga tanaman tetap pendek.

5. Butuh perawatan memadai agar bisa berbuah

Cocok Dicoba, Ini 5 Fakta Tabulampot yang Harus Kamu Cobaplantsforallseasons.com

Perawatan tanaman a la tabulampot tentu berbeda dengan tanaman yang langsung ditumbuhkan di tanah. Kalau kamu menanam di tanah, akan tanaman mungkin bisa 'mencari sendiri' air dan unsur hara langsung dari tanah. Sementara itu, akar tabulampot hanya sebatas berada di dalam pot. Dengan begitu, konsumsi kebutuhan tanaman untuk pertumbuhan tergantung pada perawatan yang diberikan.

Beberapa jenis perawatan tabulampot yang perlu kamu lakukan, antara lain penyiraman, pemupukan, pemangkasan, serta pengendalian hama dan penyakit. Meski terkesan rumit, namun sebenarnya perawatan tabulampot tergolong mudah. Asalkan syarat tumbuhnya bisa kamu penuhi, tanaman buah akan tumbuh subur dan berbuah dengan lebat.

Nah, itulah tadi beberapa fakta unik mengenai tabulampot yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Jadi, kamu tertarik menanam buah apa, nih, di rumahmu? Selamat mencoba menanam tabulampot!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Fakta Tabulampot, Metode Bertanam Buah dalam Pot yang Bisa Kamu Coba"

Baca Juga: Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik Rumahmu

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tanaman Daun Hias Tercantik Beserta Harganya

Baca Juga: Ini 7 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah