Hayo ngaku saja deh Bela, bisa nggak seminggu saja nggak usah ke mall? Menghabiskan uang untuk barang-barang terlebih belanja memang salah satu hal yang paling disenangi wanita. Mengeluarkan uang untuk belanja bukannya tidak boleh namun terkadang uang yang kita habiskan tidak pada tempatnya hal ini yang membuat baju, sepatu dan tas kamu menumpuk di lemari kamu.

Awalnya sih iseng beli karena barang yang ditawarkan diskonan, tapi keinginan ini akan semakin membesar hingga akhirnya keinginan untuk belanja kamu tidak bisa terkontrol sehingga membuat kartu kredit kamu semakin menipis nilainya. Berikut tips agar kamu tidak kalap belanja diskonan dan nggak kere di akhir bulan.

Pelajari kemana uang kamu biasanya dihabiskan

Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanjaunsplash.com/freestocks.org

Barang apa yang biasanya kamu banyak habiskan? Make up? Sepatu atau baju? Hal pertama yang perlu kamu sadari adalah masing-masing orang memiliki bias sendiri ketika menentukan membeli suatu barang. 

Beberapa orang mampu membeli banyak tas tangan dengan harga mahal meski hanya punya make up seadanya. Nah, hal ini bermasalah banget nih, Bela. Ketika kamu mampu menyeimbangkan nilai barang kamu di situlah kamu bisa menilai kebutuhan dan keinginan kamu.

Fokus ke tujuan kamu

Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanjaunsplash.com/Tristan Colangelo

Entah itu menghentikan penggunaan kartu kredit atau menabung untuk biaya liburan, ingatlah untuk tetap fokus ke tujuan kamu dan jangan langsung tergoda untuk membeli barang di outlet hanya karena lapar mata. Beberapa orang yang patuh pada keinginan besarnya biasanya akan mengabaikan godaan-godaan berbelanja berlebihan demi tujuan yang lebih besar nantinya. 

Menunggu

Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanja unsplash.com/Gyorgy Bakos

Karena berbelanja adalah salah satu tindakan emosional, maka menunggu bisa saja membantu kamu menentukan apa kamu benar-benar menginginkan suatu barang atau hanya menghabiskan uang. Menunggu dalam kurun waktu seminggu, sebulan atau setahun sangat membantu menenangkan pemikiran kamu untuk menghindari belanja yang sebenarnya barangnya tidak terlalu kamu butuhkan. 

Hindari belanja dengan teman yang boros

Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanjaunsplash.com/Rohan Reddy

Jika kamu memang punya teman yang hobinya sama seperti kamu, mulai sekarang hindarilah kebiasaan bepergian barang ke tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan. Penelitian menyebutkan kalau kamu melihat orang lain belanja, godaan untuk menggunakan uang kamu juga akan semakin besar dan ini tidak boleh terjadi jika kamu ingin memangkas pengeluaran kamu. 

Bepergian dengan uang secukupnya

Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanjapixabay.com/TheDigitalArtist

Trik supaya kamu tidak belanja terlalu berlebihan adalah dengan bepergian tanpa membawa dompet dan hanya membawa uang secukupnya. Jika ingin menongkrong bersama teman cukup membawa uang untuk sekedar makan dan minum kopi dan tinggalkan kartu atm serta kartu kredit kamu di rumah ya. 

 

BACA JUGA: Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Ketika Kamu Mengalami Kejadian yang Tak Terprediksi