Kebanyakan orang bermimpi untuk memiliki kisah cinta layaknya seorang puteri di sebuah kerajaan, kehidupan dengan segala macam keberuntungan dan kesuksesan dengan keluarga, teman dan pekerjaan, namun nyatanya realita tidak seperti yang kamu impikan, bukan? 

Sebenarnya kamu hanya perlu memiliki kepercayaan kalau kamu bisa bahagia dengan diri kamu sendiri tanpa bantuan orang lain yang biasa disebut cinta pada diri sendiri. Namun sayangnya, seringkali kita menyakiti diri kita sendiri baik secara fisik maupun mental baik dengan terlalu banyak bekerja dan berteman dengan orang-orang yang kamu tahu hanya jadi racun bagi diri kamu sendiri. Berikut adalah lima pertanda kalau kamu masih belum mencintai diri kamu sendiri.

Bertahan di pekerjaan kamu benci

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Belum Mencintai Dirimu Sendiriunsplash.com/Brigitte Tohm

Karena takut dengan perubahan dan benci mengambil risiko, apakah sampai sekarang kamu masih berpikir bagaimana harus bayar ini itu jika ingin resign? Yakin lah kalau hidup tidak hanya sekedar makan dan bayar cicilan. Kejarlah mimpi kamu dan temukan di mana seharusnya kamu lebih bernilai dari pekerjaan kamu saat ini. Kamu tidak akan tahu jawabannya jika kamu tidak memiliki keberanian untuk mengikuti kata hatimu. 

Tidak berani bilang tidak

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Belum Mencintai Dirimu Sendiriunsplash.com/Clem Onojeghuo

Sebagai orang dengan budaya ketimuran, memang orang Indonesia lebih banyak segannya dan memilih untuk mengedepankan perasaan orang lain. Padahal, untuk diri kamu sendiri tidak ada salahnya kok untuk bilang tidak. Jika menghargai orang lain berarti menyakiti diri kamu sendiri, apakah kamu berpikir hal tersebut adil?

Menyerah pada mimpi kamu

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Belum Mencintai Dirimu Sendiriunsplash.com/Jez Timms

Karena rasa tidak percaya diri, kamu jadi yakin kalau kamu tidak cukup baik untuk sesuatu hal yang lebih baik. Dibandingkan melihat seberapa jauh kamu bisa melangkah, kamu memilih untuk tetap berhenti dan melupakan keinginan kamu tersebut. Kamu sebenarnya bisa menjadi seseorang yang kamu inginkan dan ke tempat manapun yang kamu impikan namun apa sampai saat ini kamu belum mencapainya?

Terus membandingkan hidup orang lain

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Belum Mencintai Dirimu Sendiriunsplash.com/Brigitte Tohm

Karena kamu pikir hidup orang lain jauh lebih baik dibandingkan diri kamu, akhirnya kamu merasa tidak puas dengan apa yang kamu punya saat ini. Namun percayalah semua orang punya susah senangnya masing-masing, dan mungkin hidup orang yang kamu sering bandingkan itu bisa saja sama susahnya dengan hidup kamu namun mereka jauh lebih bersyukur.

Mungkin saat ini kamu lebih sibuk menghukum diri kamu sendiri dibandingkan mencari alasan untuk merasa dicintai dan dihargai oleh diri kamu sendiri. 

Kurang 'me time'

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Belum Mencintai Dirimu Sendiriunsplash.com/Clem Onojeghuo

Jika kamu lebih merelakan diri kamu untuk bekerja dibandingkan menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri di hari libur hal ini berarti kamu kurang banget 'me time' dengan diri kamu sendiri. Hal ini perlu diubah ya, Bela. 

Pergilah melakukan perawatan, beli baju baru dan pelajari tren make up terbaru. Kamu pantas kok menjadi lebih cantik! Intinya, akan jauh lebih susah untuk dicintai orang lain ketika kamu belum mencintai diri kamu sendiri.

 

BACA JUGA: Kata-kata Emma Watson tentang Pentingnya Mencintai Diri Sendiri